Kuliner Aceh Ummah Culinary

Menjelajah Cita Rasa Kuliner Aceh Yang Unik dan Menggoda di Kota Semarang

Tahun 2017 ini banyak banget long weekend. Ezytravelers sudah melingkari angka di kalender, untuk jalan-jalan bareng teman atau keluarga? Saya pengen banget wisata ke pulang seberang. Terutama bumi Serambi Mekah yang memiliki ribuan pantai cantik dan eksotis. Jalan-jalan tak bakal seru tanpa menikmati kuliner setempat juga kan?! Selama di bumi Aceh, saya bakal wisata kuliner sepuasnya. Namun sementara belum bisa kesana, saya memilih menjelajah cita rasa kuliner Aceh di Semarang dulu deh. Ada banyak tempat makan yang menyajikan kuliner Aceh dengan cita rasa unik dan menggoda.

Sebagai penikmat kuliner, saya selalu penasaran tiap kali menemukan foto makanan yang menarik. Apalagi kalau saya belum pernah mencicipinya. Bakalan penasaran luar biasa, hingga perlu mencari info tempat penjualnya berada. Seperti juga kuliner Aceh yang sudah sejak lama bikin saya penasaran berat. Beruntung saya tinggal di ibukota Provinsi Jawa Tengah. Saya yakin, pasti ada tempat kuliner yang menyajikan menu khas Aceh di kota Semarang. Masa iya, ibu kota provinsi tidak komplit wisata kulinernya.

Nah, tahun lalu saya sempat mencoba beberapa tempat makan yang menawarkan menu kuliner Aceh. Seperti di wilayah Semarang bagian atas, yaitu di Jatingaleh dan Tembalang. Di dua tempat ini kuliner Aceh disajikan dengan cita rasa rempah yang kuat dan nendang banget di lidah saya. Saya sudah hapal, menu Mi Aceh Kuah adalah favorit karena kuahnya sedikit. Atau saya menyebutnya ‘nyemek’.

Ummah Culinary

Namun bulan kemarin saya dan suami sempat mencicipi menu Aceh di tempat makan yang terletak di Kedungmundu. Ummah Culinary, pilihan cara masak Mi Aceh ada tiga macam. Ada Mi Aceh yang dimasak goreng, rebus, dan tumis.

Ummah Culinary juga menyajikan menu Mi Aceh Goreng yang sangat istimewa. Suami sih yang pesan menu ini, dan saya ikut mencicipinya sedikit. Dan saya menyesal. Iya, menyesal karena tidak memesan menu Mi Aceh Goreng. Hikss.

Buat Ezytravelers yang suka jelajah rasa dan menggemari masakan berbahan mi, boleh deh sesekali wisata kuliner di Wonosobo. Nyicip Mi Ongklok yang memiliki cita rasa unik dan bakal bikin kalian ketagihan. Mampir dulu kemari yaa :

Mi Aceh gorengnya terasa kenyal dengan campuran bumbu rempah yang pas di lidah saya yang orang Jawa tulen. Dan yang bikin saya suka Mi Aceh adalah, ada sayuran taoge yang terasa renyah. Acar bawang merah makin memperkaya rasa mi goreng ini.

Mie Goreng Aceh

Saya harus puas dengan sajian Mi Aceh Rebus yang ada di depan mata. Menurut saya sih rasanya juga nggak kalah enak. Dengan kuah yang kental dan bumbu rempah yang kaya rasa. Mirip dengan kuah kari yang terdapat dalam bumbu mi instan. Tentu saja lebih enak Mi Aceh Rebus ini. Seperti juga mi gorengnya, ada irisan daging ayam, taoge atau kecambah, dan taburan daun seledri. Pelengkapnya adalah kerupuk dan irisan mentimun. Oiya, sebelum dinikmati, kucuri seporsi Mi Aceh Rebus dengan irisan jeruk nipis. Hmmm, Mi Aceh siap dinikmati.

Mie Aceh Rebus

Sayangnya waktu saya pesan Ayam Tangkap, pelayan tempat makan ini bilang belum siap. Jadi lah saya urung menikmati cita rasa Ayam Tangkap yang katanya endess banget itu. Sebagai pengobat kecewa, suami memesan menu Martabak Aceh Kari Ayam. Martabak selama ini merupakan menu favorit keluarga saya. Sayang banget anak-anak kali ini tidak ikut kami wisata kuliner. Saya pun tak bisa membeli untuk dibawa pulang. Karena siang itu rencananya kami akan keluar kota. Martabak Kari Ayam ala Ummah yang rasanya lezat. Seporsi cukup murah, bisa dinikmati berdua atau bertiga.

Martabak Kari Ayam

Makan seporsi Mi Aceh serta Martabak Kari Ayam, jangan takut dengan bayangan lemak dan kolesterol tinggi hihi. Karena ada penawar untuk kuliner tersebut, yaitu Es Timun. Yang unik dari Es Timun ini adalah sirup yang tak bakal bisa ditemukan di kota Semarang. Specie Lemonade siroop dengan rasa rasberi. Rasanya antara masam, manis, jadinya menyegarkan usai menyantap mi Aceh.

FYI, Mi Aceh merupakan kuliner yang tercipta dari akulturasi budaya beberapa negara. Mi adalah kuliner khas negeri Tiongkok. Sementara kuah Mi Aceh yang sangat terasa rempahnya, wujud dari cita rasa masakan India yang kaya rempah. Nah kalo penggunaan daging kambing merupakan pengaruh dari pedagang dari tanah Gujarat yang datang dan bermukim hingga sekarang di bumi Serambi Mekah. Namun kalo di Ummah Culinary ini dimodifikasi dengan menggunakan bahan lain yang sesuai dengan selera semua orang. Ada Mi Aceh Seafood, Mi Aceh Ayam, dan lainnya.

Saatnya explore Semarang! Ambil promo Tiket pesawat ke Semarang dan Hotel di Semarang yang murah banget. Bisa juga nih kalau mau tour murah keliling dunia, cek di: Paket tour murah

Menikmati Mi Aceh bagi saya sangat menyenangkan. Selain kaya rempah, mi nya juga berbeda dengan umumnya. Mi Aceh biasanya menggunakan mi dengan tekstur tebal. Ciri khas dan unik yang melekat pada Mi Aceh adalah kuahnya pedas, kental, dan segar. Ada rasa asam, gurih karena ada irisan daging. Juga lidah kita akan menemukan rasa agak manis. Yang pasti sih saya suka rasa pedasnya.

Ummah Culinary nggak hanya menyajikan Mi Aceh. Tempat makan yang lokasinya di Jalan Kedungmundu Raya no. 36 C Semarang ini menempati salah satu ruko. Sajian lainnya adalah Nasi Briyani, Nasi Kebuli, Nasi Goreng Aceh, dan Ayam Tangkap. Ada juga aneka jajanan khas dari Timur Tengah, yaitu Kebab, Martabak, Roti Canai, bahkan ada juga burger. Komplit kaaan.

Kalau kalian nggak suka kuliner Aceh, bisa deh pilih burger atau kebab. Tuh kan Ezytravelers yang kurang suka dengan kuliner Aceh bisa menikmati menu favorit lainnya. Jangan lupa mampir kemari kalo wisata di kota Semarang. Oiya bentar lagi Semarang ulang tahun nih, banyak kegiatan seru bakal digelar di kota kami. Datang yuk, wisata dan kulineran sepuasnya yaaa.

Menjelajah Cita Rasa Kuliner Aceh Yang Unik dan Menggoda di Kota Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 79 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Menjelajah Cita Rasa Kuliner Aceh Yang Unik dan Menggoda di Kota Semarang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool