kuliner unik purworejo

Menyantap Kuliner Nyentrik Di Desa Benowo Purworejo

Kuliner unik Purworejo dapat Ezytravelers nikmati saat berada di Desa Benowo. Desa yang merupakan salah satu rintisan desa wisata di kecamatan Bener Kabupaten Purworejo ini sangat kurekomendasikan untuk dikunjungi. Meskipun, untuk menuju desa tersebut, kita harus menyiapkan tenaga yang ekstra. Namun semua itu akan terbayar lunas bila sudah sampai di sana.

Dengan jalan yang masih tergolong kurang baik dan sempit, kita harus bersabar dan berhati-hati karena akan berjumpa dengan tikungan-tikungan tajam yang naik turun. Tak lengkap rasanya bila kalian melewatkan kuliner unik Purworejo saat berada di Desa Bener. Terlebih suasana desa yang sejuk pastinya membuat perut Kalian merasa lapar.

Mari kita simak, kuliner apa saja yang dapat kita coba sembari menikmati keindahan alam di sekitar sana. Aha…! Pastinya kalian penasaran kan? Kuliner unik Purworejo apa yang bisa Ezytravelers nikmati, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Wedang Badeg

Tentunya kalian penasaran dong dengan minuman satu ini. Dari namanya saja sudah unik, bagaimana dengan rasanya ya? “Wedang Badeg” dapat kita nikmati sore-sore ketika berada di Desa Benowo ini. Bahan dasar badeg ini berasal dari nira pohon aren.

Struktur tanah yang berbukit membuat pohon aren ini tumbuh subur di kawasan Desa Benowo. Sebagian masyarakat di Desa Benowo ini menyadap pohon aren untuk diambil niranya. Selain diproses menjadi gula aren, nira dapat dijadikan sebagai minuman.

kuliner unik purworejo

kuliner unik purworejo

Salah satu kuliner unik Purworejo adalah wedang badeg ini, campuran nira yang direbus beserta cengkeh lalu ditambahkan dengan gula aren dapat membantu kalian menghangatkan tubuh saat berada di desa Benowo. Apalagi bila musim hujan seperti ini. Rasa manisnya dapat menambah tenaga kalian.

 

2. Buntil

Udara dingin pasti membuat kalian lapar bukan? Tak perlu kawatir, kudapan satu ini dapat mengobati rasa lapar kalian. Olahan dengan bahan dasar daun singkong yang dicampur dengan tahu yang sudah dihaluskan sehingga menjadi sebuah adonan. Setelah adonan tercampur rata kita dapat membentuknya menjadi bola-bola yang kemudian di campur menggunakan sayur santan.

kuliner unik purworejo

Buntil ini sangat cocok bila dimakan bersama nasi putih hangat dan sambal. Lapar? Tak lagi melanda.

 

3. Ketela Bajingan

Kuliner unik Purworejo lainnya adalah “Bajingan”. Mendengar namanya tentu kalian akan merasa aneh. Bajingan bukanlah sebuah umpatan ya! Tapi, Bajingan adalah sebutan dari kudapan yang dapat kalian temui di desa Benowo. Pada awalnya saya pun tertawa mendengar kudapan ini disebut-sebut. Namun begitulah masyarakat menyebutnya.

kuliner unik purworejo

Bajingan adalah kudapan berbahan dasar ketela pohon atau singkong yang kemudian direbus dan dicelupkan pada cairan gula aren. Rasanya? Kalian akan ketagihan menggigit suapan ketela bajingan tersebut.

Kudapan ini cocok bila disajikan dalam keadaan hangat dan disandingkan bersama wedang badeg. Apalagi dalam keadaan cuaca yang tak menentu seperti saat ini.

 

4. Gula Aren Pemanis Segala Minuman

Awalnya saya merasa heran bahwa teh panas yang saya minum rasanya berbeda dengan biasanya. Setelah saya telusuri ternyata minuman yang disajikan menggunakan pemanis dari gula aren. Rasanya yang khas membuat lidah ini ingin mencicipinya berulang kali.

kuliner unik purworejo

Selain Teh, gula aren juga menjadi pelengkap kopi Begono juga lho. Gula aren di desa ini seolah menjadi teman baik untuk setiap minuman yang disajikan. Manis yang tak terlalu manisnya yang unik sangat pas dengan lidah saya.

Seru nih traveling ke Semarang! Eh iya, jangan lupa cari hotel di Semarang dulu, cek paket tour murah juga dan cek paket wisata lainnya!

 

5. Gebleg Goreng

Masih berbahan dasar singkong jajanan satu ini tak pernah ketinggalan menemani kita saat berada di Desa Benowo. Gebleg goreng adalah salah satu teman nongkrong yang baik. Meskipun jajanan ini berasal dari singkong namun rasa singkongnya tak terasa di lidah saya.

kuliner unik purworejo

Bentuk geblek goreng ini mirip seperti angka delapan yang digoreng. Untuk menikmati jajanan ini sebaiknya ketika masih panas, karena bila sudah dingin akan terasa sedikit keras dan alot. Lebih nikmat lagi bila menyantapnya sambil ditemani segelas kopi Benowo.

Bagaimana dengan kalian? Penasaaran dengan rasa kuliner unik Purworejo yang ada di Desa wisata Benowo? Segera siapkan jadwal cuti kalian ya!

Selain keramahan di Desa Benowo, kalian juga dapat menikmati beberapa destinasi alam seperti air terjun dan perbukitan yang menyuguhkan panorama alam yang memukau.

Vote Us
(Visited 76 times, 1 visits today)


About

Seorang gadis yang doyan jalan-jalan. Selalu menceritakan cerita perjalanannya melalui tulisan dan foto.


'Menyantap Kuliner Nyentrik Di Desa Benowo Purworejo' have 1 comment

  1. March 1, 2017 @ 11:23 am Vita Pusvitasari

    Jadi pengen ke Purworejo nih mi, enak kulinernya ya

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool