sayur becek semarang

Menyantap Sayur Becek Khas Purwodadi di Semarang

Menyantap Sayur Becek Khas Purwodadi di Semarang
5 (100%) 1 vote

Pertama mendengar nama makanannya, langsung teringat lirik lagu yang dibawakan Cinta Laura beberapa tahun yang lalu, “Becek Nggak Ada Ojek”. Kata-kata tersebut pernah sangat populer karena diucapkan dengan gaya khas. Namun “becek” yang ini beda, ini merupakan nama makanan khas dari Purwodadi. Penasaran dengan rasanya? Jika belum sempat ke Purwodadi, saat Liburan ke Semarang Anda juga bisa menikmatinya.

Meski sekilas namanya terasa kurang menggoda selera, di sisi lain nama tersebut juga bisa bikin penasaran. Membuat kita bertanya, apa sih isinya becek itu? Sayur Becek ternyata hampir mirip dengan sop iga. Menu ini didominasi tulang iga sapi dengan kuah yang cukup berlimpah. Jika dimasak dengan tepat, cita rasa iga yang gurih ditambah segarnya kuah terasa begitu menggoda.

sayur becek semarang

Sayur khas dari daerah yang letaknya di sebelah timur Kota Semarang ini dahulu hanya bisa dinikmati di daerah pelosok Purwodadi saat sedang digelar kenduri. Namun saat ini sayur becek telah dikonsumsi masyarakat luas, bahkan menjadi salah satu kuliner khas dari Purwodadi. Tentu kini tidak sulit mencari Sayur Becek di pusat kota Purwodadi, bahkan di Semarang pun kita bisa menyantapnya.

Memang tidak banyak yang menawarkan menu Sayur Becek di Semarang atau bahkan mungkin hanya satu tempat, yaitu di Dapur Geprak yang berlokasi di Jalan Lamper Tengah 88 A Semarang. Di tempat ini Sayur Becek menjadi salah satu menu unggulan untuk menarik pengunjung, selain tentunya menu utama bebek dan ayam geprak serta berbagai menu lainnya.

Dapur Geprak Semarang

Sayur Becek di Dapur Geprak bahan dan bumbunya sama dengan Sayur Becek khas Purwodadi, hanya saja di sini penyajiannya tidak beserta kering tempe dan kacang tolo sebagai lalapan. Tentu hal tersebut tidak mengurangi kenikmatan saat kita menyantapnya. Apalagi jika kita santap dengan sambal yang dihadirkan, perpaduan rasanya semakin terasa kaya.

Bahan dan pengolahan Sayur becek terbilang cukup mudah. Bumbu yang digunakan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan cabe. Bumbu ini kemudian ditumbuk menjadi satu dan dimasukkan dalam rebusan tulang iga. Agar rasa dan aromanya makin menggoda, biasanya sayur ini ditambahkan daun kedondong dan daun dayakan. Di Dapur Geprak menu ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp 25 ribu.

Bebek Geprak Semarang

Jika Anda ingin mencoba menu lain, bebek dan ayam geprak bisa menjadi pilihan. Dua menu tersebut merupakan menu unggulan di sini, serta dihadirkan dengan beberapa pilihan ukuran. Bagi yang porsi makannya banyak bisa memilih menu jumbo, sedang yang porsi makannya sedang bisa memilih menu standar.

Bebek dan ayam geprak sendiri merupakan menu yang digoreng kemudian dipukul atau digeprak dan disajikan dengan sambal. Menu ini sangat tepat bagi penggemar bebek atau ayam yang suka dengan rasa pedas.

(Visited 462 times, 1 visits today)

About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'Menyantap Sayur Becek Khas Purwodadi di Semarang' have 1 comment

  1. June 20, 2016 @ 8:54 pm Vita Pusvitasari

    Sop iga suka, tapi ayam dan bebek gepreknya kok pedas ya, bisa minta gak pedas gak ya

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool