Kopi Klotok

Menyesap Kehangatan di Warung Kopi Klotok Pak Sadar

Menyesap Kehangatan di Warung Kopi Klotok Pak Sadar
5 (100%) 1 vote

Jika berlibur di Semarang, berwisata ke Kabupaten Semarang juga bisa jadi pilihan yang seru untuk kalian. Beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Candi Gedong Songo dan Kebun Kopi Banaran.

Tapi, bila kamu tidak bisa berlama-lama liburan, Alun-Alun Bung Karno di Daerah Kalirejo, Kota Ungaran bisa jadi pilihan tempat bersantai.

Kopi Semarang

warung kopi klotok pak sadar ungaran

Ada tempat nongkrong yang seru. Namanya adalah Kopi Klotok Pak Sadar. Letak warung kopi klotok Pak Sadar ini berada diantara gerai makanan di Alun-Alun Bung Karno.

Jadi, pedagang makanan kaki lima disediakan tempat khusus untuk berjualan di area alun-  alun yaitu dalam bangunan semacam pendopo.

Kopi klotok Pak Sadar terkenal di Ungaran sejak lama. Ia dulu berjualan memakai gerobak di alun-alun mini Mesjid IPHI Ungaran dan pengunjungnya selalu melimpah ruah.

Setelah alun-alun mini direnovasi, pedagang kaki lima tak boleh lagi berjualan disana. Pak Sadar pun pindah berjualan di Alun-Alun Bung Karno sejak Agustus 2014.

Kini, ia tidak berjualan di gerobak lagi karena sudah ada gerai tetap. Gerobak bermotor legendarisnya hanya dijadikan sarana pengangkut barang-barang keperluan berjualan dari rumah ke warung.

Warung kopi klotok Pak Sadar berjualan setiap hari kecuali Kamis ya. Monggo dicatat. Mulai pukul 18.30 hingga stok kopinya habis, hehe. Setiap hari, selepas Maghrib Pak Sadar memacu gerobak bermotornya ke Alun-Alun Bung Karno. Siap tempur!

Kok bisa? Iya, soalnya begitu Warung Pak Sadar buka, pesanan pengunjung nggak habis-habis. Ramai terus! Waktu aku kesana, rasanya lega. Ah, warung lesehannya sepi! Ternyata, nomer antrian pesananku no 25 padahal waktu Maghrib belum juga lewat. Pak Sadar pun baru membuka warungnya.

TIKET ACEH KE SEMARANG

Kopi Semarang

minuman nikmat dan hangat hingga sanubari

Olala, ternyata para pembeli warung nasi goreng dan lainnya rata-rata memesan minumannya di warung Pak Sadar hehe. Jadi, nongkrongnya tidak di warung Pak Sadar. Tapi menyebar di seantero bangunan ala pendopo itu. Untung, pelayannya lihai ya? Mengingat seabrek pesanan?

Kenapa sih warung kopi Pak Sadar istimewa?

Kopi Pak Sadar diseduh tidak seperti warung lainnya. Disebut kopi klotok karena kopi Pak Sadar, direbus bersama-sama air mendidih di atas kompor. Beda kan ya.

Kompornya pun bukan kompor biasa. Pak Sadar merebus kopinya di atas tungku berbahan bakar arang! Dan biar apinya tetap menyala, dikipas terus deh arangnya. Hasilnya, kopi dengan rasa khas yang nikmat.

Kopi Semarang

Tungku kopi dikipas agar baranya tak padam

Ada dua jenis kopi saja yang dijual Pak Sadar yaitu kopi Robusta dan Kopi Arabika. Minuman lainnya adalah perpaduan kopi tersebut dengan susu, teh atau coklat. Bagi yang bukan penggemar kopi, Pak Sadar juga menyediakan jahe anget yang nendang rasanya.

Kopi Semarang

nongkrong di warung kopi klotok ungaran

Harga kopi dan minuman nikmat di warung ini terjangkau lho. Mulai Rp.4000,00 untuk segelas kopi Robusta dan termahal adalah Rp.8500,00 untuk segelas kopi robusta cokelat krimer.

Apa lagi keistimewaan kopi Pak Sadar? Ya, Beliau mendonasikan Rp. 400,00 dari setiap gelas minuman yang laku di warungnya setiap hari. Wow, keren!

Jadi, jika berlibur ke Semarang, Jangan lupa mampir ke warung kopi klotok Pak Sadar ya. Oh iya, Letak Alun-Alunnya persis di sebelah pintu tol Ungaran. Jangan sampai kelewat yaa.

(Visited 2,940 times, 1 visits today)


About

Penulis serial Anak Kos Dodol. Bercita-cita melanglang buana dari menulis.


'Menyesap Kehangatan di Warung Kopi Klotok Pak Sadar' have 5 comments

  1. April 6, 2015 @ 3:49 pm Rahmi

    Waa pengen ajak bojo ke sini. Pencinta kopi diaa

    Reply

  2. April 7, 2015 @ 8:27 pm Hidayah Sulistyowati

    Kalo dari Solo gak usah lewat tol, biar bisa mampir kesini, ngopi cantik duluuu 😉

    Reply

  3. April 9, 2015 @ 2:47 pm slamet riyadi

    hari minggu kemarin aku ke sini,
    iya rame banget, dateng sekitar habis isya, dapet antrian nomor 3, sudah lumayan ramai.

    Reply

  4. April 9, 2015 @ 4:45 pm munif

    sudah lama pengen nyobain kopi ini, sayangnya bukanya malam… 🙂

    Reply

  5. April 24, 2017 @ 1:39 am http://www.reignnj.com/

    12-09-2011 Progress is progress Marcia and you’ve done well. Life does indeed happen and you’ve been able to achieve things despite that which is fantastic. Have a great week and congrats on the Liebster

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool