Mi Ayam Bakso Pak Bagong yang Selalu Menggoda di Kota Temanggung

Mi Ayam Bakso Pak Bagong yang Selalu Menggoda di Kota Temanggung
5 (100%) 1 vote

Sesekali berburu kuliner keluar kota, dan kali ini yang disasar adalah kota Temanggung yang tidak terlalu jauh dijangkau dari kota Semarang, hanya memakan waktu sekitar 2 jam waktu perjalanan normal.

Menu kuliner yang menjadi perhatian tim hellosemarang.com kali ini adalah makanan mainstream, yang setiap orang pasti suka dan tidak akan pernah bosan. Menu tersebut adalah mi ayam dan bakso yang terletak di daerah Sayangan, Mbutuh, Temanggung.

Kenapa daerah tersebut?

Karena selama ini seringkali mendengar, kalau mi ayam atau bakso paling enak di Temanggung ada di daerah tersebut. Saking populernya, tiap kali mau makan ke tempat tersebut selalu antre. Dari pemberitaan tersebut semakin membuat penasaran tim hellosemarang.com untuk mencari tahu seperti apa tempat dan rasa menu andalan tersebut.

Menapaki Keunikan Dari Sejarah Bangunan Menara Masjid Kudus
Read Artikel

IMG_20160819_155354 isian

Sesampainya di kota Temanggung, tim langsung menuju lokasi tersebut. Dan kagetnya, sesampainya di lokasi, ternyata tempat makan hits tersebut tidak terlalu besar, meski berada di pinggir jalan kampung. Tempat yang dirancang dengan serba kayu yang minimalis cukup untuk menampung 4 meja panjang, untuk nyamannya, tempat ini cukup untuk menampung orang makan ditempat kurang dari 20 orang.

Mi Ayam Bakso Gajahmungkur Pak Bagong ini hanya menyediakan 3 menu unggulan, yaitu mi ayam plus bakso, mi ayam dan bakso itu sendiri. Dalam satu harinya, tempat ini bisa menjual bakso dan mi ayam sampai malam hari, karena tempat ini buka mulai pukul 11 siang sampai pukul 9 malam. Untuk banyaknya daging yang dihabiskan perharinya, pegawainya kurang begitu tahu pasti, karena begitu habis, stok ditambah dan seterusnya untuk mi dan lain sebagainya.

Meski tempat tidak terlalu nyaman untuk makan ditempat, akan tetapi tempat ini tetap menjadi rujukan orang-orang untuk menikmati segarnya bakso atau mi ayam.

Untuk menempuh ke tempat ini sebenarnya sangat mudah sekali, karena kota Temanggung tidaklah terlalu besar. Ketika kita memasuki area pasar yang letaknya di dalam kota, nanti kita akan menemui sebuah jalan kecil menurun di kiri jalan, tepatnya sebelum pertigaan sebelum alun-alun kota Temanggung, atau lebih familier lagi di depan Plaza Temanggung, dan disitulah letak sebuah kampung yang bernama Sayangan. Setelah masuk jalan kecil tersebut dengan keadaan menurun, ikuti jalan terus saja sampai kita menemui sebuah warung kecil berbahan dasar dari kayu warna cokelat di kiri jalannya. Nah itulah letak Mi Ayam Bakso Gajahmungkur Pak Bagong yang cukup terkenal itu.

Mi ayam plus baksonya tersaji seperti mi ayam bakso pada umumnya. Mi kuning yang diberi kuah kaldu khusus, kemudian ditaburi sayuran yang telah dipotong-potong kecil, kemudian diberi ayam yang telah dicincang dengan kuah khasnya, dan terakhir diberi bakso.

IMG_20160819_155557 isian

Seperti biasa, sebelum menikmati secara keseluruhan, pertama yang ingin saya rasakan adalah kuah dan mi sebelum diberi saus sambal dan kecap. Rasa kuah yang didapat sangat segar dan cukupan, artinya tidak terlalu banyak bumbu penyedap rasa seperti biasa orang jualan, dan mi nya cukup tebal dan lumayan mengenyangkan. Baru setelah tradisi mencicipi kuah dan mi, saya beri saus sambal dan kecap supaya terasa manis dan pedas, sesuai dengan selera orang Jawa pada umumnya yang lebih menyukai manis pedas.

IMG_20160819_160654 isian

Setelah mi ayam plus bakso, kemudian saya mencicipi menu baksonya yang konon katanya merupakan menu favorit di tempat ini. Baksonya pun tidak terlalu beda dengan bakso-bakso yang lainnya, karena sajiannya pun juga sederhana, hanya mi kuning dan sayuran yang diberi kuah kaldu serta bakso yang telah direndam dalam kuah tersebut, kemudian diberi finishing bawang goreng. Yang menjadi pembeda dengan warung sejenis ini adalah dari racikan baksonya, di tempat ini baksonya sangat padat dengan komposisi daging sapi yang lebih dominan, sehingga sangat nikmat ketika dimakan dengan sayuran dan kuah pelengkapnya.

Untuk menikmati menu ini, kita tidak akan merogoh kocek yang sangat dalam. Mi ayam plus bakso saja hanya dijual dengan harga Rp12.000an dan untuk baksonya sendiri berkisar Rp10.000an. Dan memang benar kata orang-orang kalau tempat kecil ini cukup layak diperhitungkan sebagai tujuan wisata kuliner di kota Temanggung Bersenyum ini.

Pesan Tiket Pesawat Ke Semarang dan Buat Visa juga Paspor Murah by Ezytravel.co.id 
(Visited 519 times, 1 visits today)


About

cowok tampan yang punya nickname @hyudee yang suka nulis dan kuliner serta hobi foto. salam manis, :)


'Mi Ayam Bakso Pak Bagong yang Selalu Menggoda di Kota Temanggung' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool