Tasbih Raksasa

Misteri Tasbih Raksasa

Misteri Tasbih Raksasa
5 (100%) 2 votes

Wisata Ke Semarang tak lengkap rasanya jika tidak meneruskan perjalanan hingga sampai ke Masjid buatan Wali Songo yang termasyhur, dan kini bahkan ajarannya sedang dirancang untuk menjadi model bagi dunia internasional dalam hal dakwah Islam dan praktik aplikasi ajaran Islam.

Jumat yang lalu kita sudah mengulik beberapa cendera mata dari kota Wali ini. Dan hahay…banyak yang menanyakan keberadaaan tasbih raksasa. So here it is….

tasbih di semarang

BOOKING HOTEL DI SEMARANG

Bandingkan dengan tasbih yang umumnya kita kenal. (yang juga banyak dijual di kawasan wisata masjid Agung Demak ini)

oleh- oleh tasbih di demak

Tasbih raksasa dari bahan kayu ini memang super besar. Bahkan panjangnya saja hampir setinggi pintu rumah. Terus terang saya penasaran juga kenapa bisa tasbih raksasa menjadi souvenir khas Demak.

Ada apakah?

Oleh-oleh yang tak biasa selain tasbih raksasa, bisa juga berupa cangklongan cerutu dari kayu, tongkat kayu (yang mungkin terinspirasi dari film-film tentang WaliSongo), sandal kayu alias bakiak baik yang polos ataupun permukaannya bergerigi (berfungsi juga sebagai sandal pijat)

tongkat

Gantungan kunci maupun gantungan mobil dengan sablonan gambar masjid agung demak, bros-bros, dompet maupun tas dari yang kecil sampai besar, dari bahan kain, kulit sampai manik, juga bisa menjadi alternatif oleh-oleh.

bros

Tas cangklong dengan sablonan gambar masjid maupun yang polosan juga banyak tersedia, membuat orang yang tadinya tidak kepikiran untuk punya tas tersebut, jadi tiba-tiba merasa membutuhkannya untuk membawa barang-barang kecil,  sehingga akhirnya berpindah tanganlah tas tersebut dari kios ke tangan pembeli.

tas cangklong

Siwak, parfum juga wewangian lain menjadi benda-benda kecil yang juga menggoda untuk dibawa pulang. Selain ringan harganya, juga masih bisa kita gunakan terus untuk jangka waktu yang lama.

parfum

Butuh sesuatu yang bisa ditempel di dinding dan dipandang setiap saat sebagai bukti pernah ke masjid demak? Hiasan dinding bergambar masjid agung, atau sembilan wali atau kaligrafi kayu bisa menjadi pilihan.

Kaos-kaos bergambar masjid agung demak, gambar wali-wali juga mendominasi barang-barang di kios-kios ini. Selain juga ada daster-daster (biasanya dari Kudus, Solo dan Pekalongan) dan busana muslim/muslimah anak-anak.

Jenang, rengginang, rangin, intip,  karo, krupuk puli, merupakan oleh-oleh yang bisa dikudapi sambil jalan pulang balik ke rumah masing-masing.

Rekal alias tatakan mushaf Alquran dari bahan kayu juga bisa menjadi pilihan cendera mata. Ukurannya bervariasi, dari kecil sampai besar. Kualitas kayu dan kerumitan ukiran menjadi pembeda yang menentukan mahal atau murahnya souvenir ini.

Buku, kitab dan bahkan primbon juga ada di sini. Cocok buat yang hobi membaca atau hendak memberi oleh-oleh bagi seorang kutu buku.

Dan satu lagi nih, yang terbaru dan mungkin belum banyak yang belum tahu bahkan juga mungkin belum banyak yang menjualnya, ada batik khas Demak. Motifnya tentu saja apalagi kalau bukan buah belimbing, berikut dengan sulur-sulur dedaunannya.

Postingan berikutnya, yang berarti Jumat depan, insya Allah kita akan jalan-jalan ke sentra-sentra produksi kerajinan batik maupun kerajinana lainnya di Demak ini yang belum banyak dilihat dan diliput.

(Visited 736 times, 1 visits today)


About

penikmat hujan, pecinta purnama.


'Misteri Tasbih Raksasa' have 4 comments

  1. March 20, 2015 @ 9:23 pm Hidayah Sulistyowati

    Tasbihnya raksasa banget yak. Oiya, kagak sabar nungguin liputan berikutnya 🙂

    Reply

    • March 24, 2015 @ 7:18 am dian

      siap, mbak. terima kasih ya sudah mampir 🙂

      Reply

  2. March 23, 2015 @ 10:16 am Dewi 'Dedew' Rieka

    harganya berapa ya mba tasbihnya? pengen oleh2 bapakku hihi

    Reply

    • March 24, 2015 @ 7:22 am dian

      harganya variatif banget, mbak. kisaran dari 50rb – 100rb an 🙂

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool