Nasi Kebuli

Nasi Kebuli Yummy di Semarang

Nasi Kebuli Yummy di Semarang
5 (100%) 1 vote

Kalau lagi liburan di Semarang apa sih yang terlintas di benak kita? Tempat wisatanya, bangunan kuno maupun bersejarahnya, wisata kulinernya, atau apa lagi?

Pernah nggak kepikiran tentang pasar yang ada di Semarang? Banyak sekali pasar, besar maupun kecil, yang tersebar di kota Semarang dan menjadi pusat keramaian dan magnet tersendiri. Nah, kalau bicara tentang pasar, pasar mana di Semarang yang sudah kamu ketahui? Johar, Peterongan, Randusari, Bulu, Langgar, mana lagi cobaaaa…

Salah satu pasar yang ngehits dengan barang-barangnya yang segar adalah Pasar Gang Baru. Tapi kali ini bukan itu yang ingin saya bahas. Sudah pernah dengar tentang Pasar Prembaen? Para pembelinya nggak kalah heboh loh dibandingkan dengan Gang Baru. Barang-barang yang dijual di situ juga segar-segar. Belum lagi pilihan kuliner / jajannya, mantep-mantep loh.

Salah satu makanan yang iconic banget dengan Prembaen adalah Nasi Kebuli. Lapaknya bukan berupa resto / warung ataupun gelaran tenda. Nasi kebuli ‘dan kawan-kawan’nya hanya dibawa di bagian belakan mobil dan penjualnya menyediakan tempat duduk ala kadarnya.

nasi kebuli di Semarang

Lalu bagaimanakah kira-kira rasa nasi kebulinya? Tunggu duluuuuu…. Meskipun tidak ditampilkan dalam lapak yang ala restoran tapi rasa nasi kebulinya juara loh. Coba bisa dilihat dulu yuuuk nasi kebuli yummy di Semarang ini :

nasi kebuli semarang

Menurut Bu Nana penjualnya, beliau sudah berjualan sejak 2009. Masih tetap beliau yang memasaknya sendiri plus menjajakannya. Berlokasi di depan gang Kelengan Besar, ya dari dulu menggunakan media mobil begitu. Kelengan Besar bisa dicapai melalui Jalan Gajah Mada, pas perempatan toko sepatu Bata belok kiri. Daerah ini lebih familier dikenal dengan sebutan nDepok (jangan lupa pakai ‘n’ ya).

Perempuan keturunan Arab ini berjualan hanya di week end saja Sabtu dan Minggu. Buka mulai dari pukul 07.00 dan maksimal pukul 09.00 dagangannya sudah ludes semua. Selain nasi kebuli ada juga nasi tomat yang cita rasanya tak kalah memikat.

Sempat saya tanya buka lapak di rumah atau tempat lain kah selain di situ pada hari-hari kerja?

“Enggak, ya memang dari dulu cuma buka Sabtu dan Minggu saja kok di sini,” begitu jawab beliau.

Rasa nasi pada sajian nasi kebuli ini memang khas. Ada gurih yang berpadu dengan berbagai bumbu dan rempah yang kaya akan rasa.ย  Berpadu dengan rasa daging yang dibumbu rendang, wuuiihh nendang sampai kejengkang deh ๐Ÿ™‚ย  Untuk yang tidak suka daging, bisa saja rekues telur sebagai pelengkapnya. Satu porsi nasi kebuli daging harganya Rp. 16.000 sedangkan yang nasi kebuli telur Rp. 13.000.ย  Ekonomis banget kan yaaaa…. sedap dan kenyang sampai bumbu terakhir deh.

nasi kebuli

Apa yang membuat nasi kebuli ini juara banget? Satu, nasi dengan bumbu yang kaya rempah plus bertabur bawang merah goreng. Dua, olahan daging sapi maupun kambing yang mantap. Dagingnya nggak alot sama sekali. Tiga, ada acar campuran mentimun dan wortel sebagai penawar kepekatan bumbu-bumbu yang digunakan. Empat, ini yang menjadi favorit saya, sambel goreng atinya itu loooh… meskipun cuma seuprit tapi rasanya top banget. Jadi pengin diawet-awet saat makan ๐Ÿ™‚

Untuk teman-teman penggemar kuliner, baik yang dari dalam kota maupun luar kota, sudah pernah nyoba mampir ke sini? Kalau belum yuuk sempatkan di Sabtu atau Minggu pagi jalan-jalan ke Pasar Prembaen sembari sarapan Nasi Kebuli. Heaven laaahh….

(Visited 4,294 times, 4 visits today)


About

Ibu dua orang anak yang gemar ngomong gak penting, senang kumpul-kumpul plus ngumpulin buku


'Nasi Kebuli Yummy di Semarang' have 10 comments

  1. April 21, 2015 @ 4:59 pm Inung Djuwari

    dekettt rumahku, tapi kok aku durung tau mampir lewat tok ๐Ÿ™

    Reply

    • April 21, 2015 @ 9:33 pm Uniek Kaswarganti

      omahmu daerah Prembaen to Nung? baru tauuuu

      Reply

    • September 21, 2015 @ 6:25 pm jamal

      Juaraaaa banget memang…..saya juga suka makan…dan favorite saya juga sambal goreng ati…….palingggg topppppp……
      eh….bukanya bukan hanya sabtu dan minggu tapi hari jumat juga loh….jadi buka di hari jumat, sabtu dan minggu…jam 7 pagi tungguin deh….soalnya begitu buka udah panjang antriannya……
      pokok eeeee….juaraaaaaaaa….

      Reply

  2. April 21, 2015 @ 8:28 pm fanny fristhika nila

    omg mbaa….ini bikin ngences bgtttt… aku suka nasi kebuli dan tomat…pernah coba pas msh di aceh dulu… yg masak jg keturunan arab gitu… sjk itu jd ketagihan… sayangnya semaran ini walo dkt ama solo, tp kita jrg stop…pernah sekali istirahat di sana, tp yg dicicip makanan lain yg hambar bgt dah rasanya -__-.. kalo tau nasi kebuli ini, pasti nyobain yg ini deh :(..ntr ah, kao mudik k solo lagi,pilih waktu weekend spy bisa ksana ;p

    Reply

    • April 21, 2015 @ 9:14 pm Uniek Kaswarganti

      Hayuuk ke sini mb Fanny. Kalau butuh no telp penjualnya bisa colek aq nanti, biar bisa pesen dulu dan kita tinggal ambil nantinya. Klo enggak keburu abis mba. Jam 7 pagi sudah harus telp klo mau pesen ๐Ÿ™‚

      Reply

      • September 11, 2016 @ 9:34 pm Liya

        Jadi kabita…Mau donk info no telp penjualnya mbak..makasih sebelumnya yah

        Reply

  3. April 22, 2015 @ 4:39 am mara

    Waaaaaaa ngileeeeerrrrrr

    Reply

  4. April 22, 2015 @ 6:25 am Hidayah Sulistyowati

    Pernah sekali ngincipi, enak emang, soal rasa juara deh. Tapi aku lebih sering beli di tempat lain dan dekat dengan tempat kerja ๐Ÿ™‚

    Reply

  5. April 22, 2015 @ 8:49 am munif

    pengen nyoba tapi kok bukanya cuman sabtu minggu dan pagi lagi… ๐Ÿ™‚

    Reply

  6. September 11, 2015 @ 5:41 pm Onny Sasangka

    Boleh dong bagi no tlp nya…kebetulan bsk weekend..
    Dah lama pengen banget..

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2017ย HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool