Tempat Ngabuburit di Semarang

Ngabuburit Dengan Menjelajah Kota Lama di Semarang

Ngabuburit Dengan Menjelajah Kota Lama di Semarang
5 (100%) 1 vote

Ramadan kali ini sangat saya syukuri karena bisa menikmati saat berbuka bersama keluarga. Buka puasa tak hanya makan di restoran saja. Kalo cuma makan bareng, di rumah juga bisa. Jadi saya menginginkan sebelum buka bersama, ada waktu untuk mengobrol seru sambil menikmati suasana kota Semarang. Pilihan saya kali ini adalah kawasan Kota Lama yang masih terawat gedung tuanya dan taman yang adem. Pasti teman-teman sudah tahu kawasan Kota Lama yang saya maksud. Apalagi kalau teman-teman pernah ke Semarang dan mengunjungi wisata heritage di kota lama.

Yup, saya memilih berada di kawasan Kota Lama di sekitar Taman Sri Gunting yang terletak di samping Geraja Blenduk. Ngabuburit dengan memilih duduk di salah satu bangku yang ada di taman, sambil mengobrol bareng keluarga pasti seru banget. Lokasi taman yang terletak di pinggir jalan raya, dengan suasana kontras antara kesibukan kota dan keheningan di antara pepohonan besar yang teduh. Surprise banget bisa menikmati suasana taman yang asri di tengah kota yang padat. Jaman pendudukan Belanda, taman tersebut merupakan ruang terbuka untuk masyarakat umum sekaligus tempat parade militer.

kota2

Bonusnya adalah saat duduk menatap bagian Barat taman, dan bertemu pandang dengan bangunan kokoh Gereja Blenduk. Sejarah ringkas Gereja Blenduk bisa ditemukan di dalam internet. Gereja yang masih menjadi tempat ibadah itu dibuka untuk umum saat-saat tertentu.

kota3

Masyarakat Belanda yang tinggal di kota Semarang membangun gereja pada tahun 1753. Mereka memilih bentuk bangunan hexagonal atau persegi delapan, dan masih terlihat menarik hingga detik ini. Dengan kubah yang besar berlapis perunggu. Gereja ini direnovasi pada tahun 1894 oleh W. Westmaas dan H.P.A. de Wilde, dengan menambahkan kedua menara di depan gedung gereja. Nama Blenduk adalah julukan dari masyarakat sekitar yang biasanya disebut kubah. Sementara nama aslinya adalah GPIB Immanuel. Di sekitar gereja yang terletak di jalan Letjen. Suprapto nomor 32, banyak bangunan peninggalan Kolonial Belanda. Beberapa di antara bangunan tersebut mulai dijadikan sebagai tempat wisata kuliner dan museum.

Gereja Blenduk ini pun beberapa kali menjadi lokasi  syuting film lho. Diantaranya film ? tanda tanya) yang disutradarai Hanung Bramantyo dan film Soekarn yang dibintangi Ario Bayu pada tahun 2013.

Ngabuburit di kota lama tak akan bikin kita jenuh. Dengan bekal kamera, kita bisa mengambil subyek foto bangunan bersejarah yang bertebaran. Sambil menanti senja makin kelam, seiring mentari yang mulai tenggelam di sebelah Barat kota. Dan menanti waktu berbuka tiba, saya bisa menyaksikan keunikan pasar yang terletak di sisi Timur taman. Pasar Klithikan dulunya hanya ada setiap hari tertentu. Namun seiring dengan makin bertambahnya pengunjung, Pasar Klithikan di Kota Lama ini buka setiap hari. Ada banyak benda seni tempo dulu yang bisa ditemukan di sana.

Tempat Ngabuburit di Semarang

Sementara pilihan wisata kuliner bagi yang ingin berbuka, bisa memilih beberapa tempat makan yang ada di sekitar kota lama. Ada Rumah Makan Ikan Bakar Cianjur dengan cita rasa masakan Sunda, Sate dan Gule Kambing 29 yang terkenal kelezatannya, atau warung pinggir taman yang tersedia sepanjang waktu. Bila ingin menikmati suasana kafe, bisa memilih beberapa alternatif. Bisa memilih suasana vintage di Retro Café, atau Tekodeko. Nah, di Tekodeko Koffiehuis ini, pengunjung bisa menikmati santap buka puasa yang tidak memberatkan lambung. Pilihan makanan yang menarik, dengan lokasi yang bisa dipilih indoor atau outdoor, semuanya asik untuk foto-foto.

Tempat Ngabuburit di Semarang

Foto taken by Muna Sungkar

Tempat Ngabuburit di Semarang

Photo taken by Muna Sungkar

Bagi pengunjung luar kota, bisa menginap di hotel murah yang ada di dekat kota lama. Banyak pilihan hotel yang menyediakan fasilitas sahur dan buka puasa. Jadi tak perlu cemas, bila ingin ngabuburit di Kota Lama. Menikmati senja di taman yang asri di bawah naungan pepohonan besar.

(Visited 262 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Ngabuburit Dengan Menjelajah Kota Lama di Semarang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool