Goa Rong

Ngerong di Goa Rong, Cara Lain Menikmati Rawa Pening Kab. Semarang

Ngerong di Goa Rong, Cara Lain Menikmati Rawa Pening Kab. Semarang
4.25 (85%) 4 votes

Ketika kamu Liburan di Semarang dari arah solo atau sebaliknya, selepas keluar dari jalan tol bawen dan sebelum melewati Jembatan tuntang, pasti penasaran dengan sebuah gazebo putih di atas bukit di kiri jalan. Iya gak? Iya aja dah. Tempat syahdu ini dinamakan Goa Rong, Lokasinya berada di kawasan Wisata Tlogo, Tuntang, Kabupaten Semarang, sekitar 2 km dari jembatan tuntang.

Kemarin saya datang sudah agak sore dan sedikit mendung. Walaupun mendung, semangat tidak surut, karena ketika memasuki kawasan wisata langsung disambut oleh pepohonan yang perdu, udara yang sejuk serta pemandangan perkebunan karet yang membentang luas. Saya makin penasaran untuk segera menaiki tanjakan aspal dari pintu gerbang menuju obyek wisata Goa Rong.

puncak Goa Rong Semarang

Hijau Biru suasana perjalanan menuju puncak Goa Rong yang berkelok

Tiketnya cukup terjangkau, Rp3000 untuk hari biasa dan Rp5000 untuk hari Sabtu dan Minggu. Dari Pos Karcis, Kamu bisa memilih melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki supaya lebih greget, atau berkendara untuk menuju Goa Rong. Jalan kaki saja, Gak capek kok, karena rasa letih bakal terobati seketika saat melihat sekeliling jalan dipenuhi pepohonan dan pemandangan hijau birunya daratan yang membentang di wilayah Kabupaten Semarang.

Gazebo Goa Rong Semarang

Spot paling menarik di Gazebo Goa Rong, anda bakal tahan berlama lama menikmati Landscape rawa pening di sini

Setelah sampai di puncak dan parkir di tempat yang aman, kamu bisa melepas lelah di beberapa gazibu yang sudah di sediakan, duduk santai berdua di kursi berpasangan atau bermain di wahana yang sudah disediakan. Di Gazibu utamanya, kamu bisa memandang dengan jelas bentangan rawa pening yang dikelilingi Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran dan bukit bukit lainnya. Saya rasa di tempat ini kamu akan betah berlama-lama sambil berfoto dengan latar belakang rawa pening.

Salah satu yang spesial dari Gua Rong ini, kamu bisa melihat matahari terbit dan tenggelam dengan sudut pandang yang sangat jelas sambil bersantai di gazibu sembari menikmati kopi tlogo, jus atau jajanan ringan untuk cemilan. Kalau bahasa anak mudanya “Sungguh syahduw dan romantis”. maka dari itu banyak pasangan yang menikmati sore di sini.

Musholla di Semarang

Mushola dengan Pemandangan suasana Rawa pening dan birunya pegunungan yang luas

Satu lagi yang spesial adalah, ada mushola tembus pandang di bawah gazibu utama yang langsung menghadap ke pemandangan Rawa pening. bisa bayangkan sendiri kan? Semoga makin khusyuk.

TIKET KE SEMARANG

Goa Rong Tuntang Semarang

Goanya Goa Rong, Tlogo, Tuntang, letaknya berada di Tengah tengah perbukitan, yakinlah bahwa goa ini benar benar ada

Nah yang jadi pertanyaan, “di mana Lokasi Goanya Goa Rong?”. Goanya berada di tengah perbukitan, bisa kamu capai dengan melewati beberapa jalur. Salah satunya dari jalan buatan di sebelah utara bangunan gazibu utama. Berhati-hatilah, karena jalannya menurun curam, licin, berkelok dan lebarnya hanya 1 meter. Jika ingin yang lebih aman, bisa melalui jalan aspal di tengah perjalanan setelah pos penjagaan.

(Visited 38,959 times, 1 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'Ngerong di Goa Rong, Cara Lain Menikmati Rawa Pening Kab. Semarang' have 28 comments

  1. March 11, 2015 @ 11:44 am Inung Djuwari

    hiks…hiks…kemarin belum jadi kesini ๐Ÿ™
    Ayooo mas slam dibaleni meneh, tapi ngajak aku yaa….xixixixi

    Reply

    • March 11, 2015 @ 11:47 am Slamet Riyadi

      besok mba, kalo pas cuaca cerah kita cari sunset

      Reply

  2. March 11, 2015 @ 1:04 pm rahmiaziza

    Aihh cakep pemandangannya. Belum pernah sampe sini akuu

    Reply

    • March 11, 2015 @ 10:07 pm slamet riyadi

      wahaha kan deket ya mbak, 15 menit dari ungaran

      Reply

  3. March 11, 2015 @ 6:13 pm Sriyono Suke

    Klo ke rawa pening selalu hujan, nggak punya foto yang bagus dari area rawa pening hua hua hua…

    Reply

    • March 11, 2015 @ 10:08 pm slamet riyadi

      bahaha tergantung amal dan nasib don
      kalo pagi biasanya cerah

      Reply

  4. March 12, 2015 @ 8:09 pm Hidayah Sulistyowati

    Belum pernah mampir sini, ada petunjuknya ya mas? Aku seringnya sih ke rawa apung sama bu Tun, makan pecel keong

    Reply

    • June 15, 2015 @ 4:36 pm slamet riyadi

      petunjuknya ada di artikel mba
      nah itu kalau ke rawa ya? coba ke jembatan tuntang, nanti pas di ujung jembatan sebelah kiri ada plang besar “goa rong view rawa pening”
      nah dari situ belok kiri lurus aja, sekitar 1.5 km meter bakal ketemu pintu masuknya
      semoga membantu

      Reply

  5. March 12, 2015 @ 10:29 pm annisa lucky

    Masih belum dong tempatnya, sepertinya seruu ๐Ÿ™‚

    Reply

    • March 18, 2015 @ 9:12 am Slamet Riyadi

      akhirnya ketemu ya di goa rong minggu kemarin? bhehaha

      Reply

  6. June 1, 2015 @ 1:19 pm Riryana

    Ada camping ground nya gak gan ?

    Reply

    • June 15, 2015 @ 4:34 pm slamet riyadi

      daa mas, di bagian bawah ada, di bagian atas juga ada. jadi satu sama kebuh karetnya.

      Reply

  7. September 15, 2015 @ 8:15 am [H]Yudee

    njuk aku pengen kesini ik …. ๐Ÿ™

    Reply

    • September 28, 2015 @ 1:56 pm Slamet Riyadi

      ayo mas yud kesana, sekalian bawa model biar lebih joss.
      waktu yang pasa adalah siang… kalau sore dan pas cuaca gak mendung biasanya mendung dan tertutup awan
      kalau pas, ya dapat bonus endog bulet warna orange di barat

      Reply

  8. September 29, 2015 @ 11:27 pm Harnold

    Keren !
    Kalo dari Solo akses kesininya gimana ya mas? Soalnya saya dari Malang dan ada kegiatan ntar di Solo, kalo sempat pengen singgah ke sini

    Reply

    • September 30, 2015 @ 6:59 am Slamet riyadi

      Kalau dari solo bisa langsung ke Salatiga ke arah tuntang, nah persis sebelum jembatan tuntang belok kanan, ada baliho besar “goa rong” . Lokasi sekitar 10 menit dari situ kanan jalan. Sore atau pagi lebih syahduw

      Reply

  9. December 4, 2015 @ 3:32 pm NOVA

    maaf mau nanya mas, kalo dari jogja lewat mana yaa..
    bisa minta ancer-ancernya kah ?

    Reply

    • December 11, 2015 @ 11:41 am pro

      dari yogyakarta setelah terminal bawen langsung belok ke arah salatiga / solo.
      setelah jembatan tuntang belok saja ke kiri, ada petunjuknya kok….
      betulkan mas sr ?

      Reply

      • February 17, 2016 @ 9:55 am Slamsr

        betul mas PRO, sesuai jalur yang dikasih di artikel

        Reply

  10. December 28, 2015 @ 2:31 pm Bang Ahmed

    Slams, bagi koordinat lokasinya dong Bro. bagus waktu sunrise atau Sunset Bro?

    Reply

    • January 23, 2016 @ 10:42 am Slamsr

      duh… bisa pake google map ini bang ahmed https://goo.gl/maps/XFZ1oB8HotJ2

      Reply

    • January 23, 2016 @ 10:45 am Slamsr

      untuk waktu, aku lebih suka waktu sore. kalau pagi juga bagus.
      misalkan cerah, bisa lihat merbabu dan gunung lain pucuknya kebakar matahari pagi

      Reply

  11. January 7, 2016 @ 9:53 am Ida

    jalannya bisa untuk lewat mobil gak ya ? boleh minta infonya …

    Reply

    • January 23, 2016 @ 10:43 am Slamsr

      bisa mba, truk dan bus juga bisa sampai ke puncaknya.
      tapi hanya satu arah, buat simpangan tidak bisa

      Reply

  12. January 9, 2016 @ 11:14 am salma tsurayya

    Aduhh jadi penasaran…

    Reply

    • January 23, 2016 @ 10:44 am Slamsr

      wahaha… buruan ke sana
      sore lebih asyik, buat cari sunset

      Reply

  13. February 27, 2016 @ 3:25 pm Robi

    Okesiap boleh dijajal kesana ๐Ÿ˜€

    Reply

  14. September 3, 2016 @ 10:08 am setyawatiradja

    lha kl simpangan gak bisa trus gmn caranya mas kl ada mobil lain yg lawan arah? bsk pengen ksana ih.. tp suami q suka ngambek kl lewat jalan yg agak susah..

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2017ย HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool