sate winong khas purworejo

Nikmatnya Sate Winong khas Purworejo

Ezytravelers, salah satu makanan yang paling saya cari kalau sedang pulang kampung ke Purworejo adalah sate Winong. Yups, sate kambing khas Purworejo ini memang ngangenin banget rasanya. Rumah saya termasuk dekat dengan daerah asal sate ini, jadi bisa dipastikan saya tak pernah absen merasakan nikmatnya sate Winong khas Purworejo ini. Kalau dilihat dari wujudnya sih sama dengan  sate kambing muda seperti yang dijual di tempat-tempat lain, tapi sate dari Winong ini memiliki cita rasa khas.

Nah, cita rasa khas ini terletak pada bumbu kecapnya. Kalau biasanya sate kambing di tempat lain menggunakan kecap pabrikan yang bisa dibeli bebas, sate yang ini menggunakan kecap buatan sendiri. Bumbu kecap ini merupakan resep warisan nenek moyang mereka yang telah berjualan dari jaman dulu. Kecap ini terbuat dari perpaduan gula kelapa dengan bumbu rempah yang direbus hingga menjadi kecap.

sate winong purworejo

Asal Usul Sate Winong

Dikenal sejak tahun 1950 an, awal mula sate ini disebut sebagai sate Winong karena memang berasal dari Desa Winong, Kecamatan Kemiri. Desa Winong memang terkenal dengan penduduknya yang sebagian besar menjadi penjual sate. Salah satu ciri khas penjual sate dari desa Winong ini adalah berkeliling menggunakan pikulan. Tapi seiring perkembangan jaman, kini lebih banyak penjual sate yang menetap. Jika kalian melewati jalur alternatif Purworejo-Kemiri, kalian akan menemui banyak warung sate di pinggir jalan. Nah, warung sate yang sangat terkenal di Purworejo, yaitu warung sate Mustofa. Beliau inilah pelopor sate Winong. Awalnya beliau menjual sate dengan cara dipikul berkeliling kampung. Setelah memiliki banyak pelanggan akhirnya beliau mendirikan sebuah warung sederhana di pinggir jalan. Warung Sate Mustofa terletak di desa Winong, di pinggir jalur alternatif Purworejo-Kemiri. Setiap harinya warung sate Mustofa menyembelih dua hingga tiga ekor kambing muda. Jumlahnya akan meningkat bahkan hingga sepuluh ekor bila hari libur dan Lebaran.

sate winong purworejo

Karena menggunakan kambing muda, daging sate Winong ini sangat empuk. Apalagi setelah dipadukan dengan bumbu khas sate Winong, nikmatnya tiada tara. Bumbu khas sate ini antara lain kecap buatan sendiri yang dibuat dari gula kelapa, irisan bawang merah, irisan daun jeruk purut dan cabai rawit yang diuleg halus. Bumbu sate khas Purworejo ini memang berbeda dengan sate-sate pada umumnya. Sedangkan di tempat lain, bumbu sate hanya terdiri dari irisan bawang merah, irisan cabai, irisan tomat yang ditambah kecap buatan pabrik. Menurut saya, memang kelezatan bumbu sate Winong ini nggak ada duanya, deh.

sate winong purworejo

Menurut pemilik warung sate Mustofa, kecap buatannya berbahan baku utama gula kelapa (gula merah), bawang merah, bawang putih, jahe, laos (lengkuas) dan serai. Biasanya kecap dibuat hanya untuk memenuhi kebutuhan dua hingga tiga hari saja karena bila lebih dari tiga hari, cita rasa kecap akan berubah. Rasa yang dihasilkan oleh kecap buatannya lebih legit dan manis dari kecap buatan pabrik. Rasa inilah yang akan terus dikenang lidah kita, para penikmatnya. Pantesan, kalau sudah merasakan makan sate Winong sekali pasti pengen kembali kesana lagi.

Saatnya jalan-jalan hemat! Ambil promo menarik: Tiket pesawat Jakarta SemarangHotel di Semarang dan Tour murah Indonesia. Mau?

Tak heran bila warung sate Mustofa ini terkenal hingga luar kota dan selalu ramai pengunjung. Banyak pengunjung yang berasal dari luar kota yang datang dan mencicipi nikmatnya sate Winong. Bahkan banyak juga artis dan pejabat yang sudah menikmati sate khas Purworejo ini, loh.

Sebenarnya warung sate Mustofa ini nggak hanya menyediakan sate saja. Ada beberapa olahan kambing lain seperti gulai dan tongseng. Rasanya juga nggak kalah sedap dengan satenya. Harga yang ditawarkan warung sate Mustofa relatif murah. Masih terjangkau kok, dengan kantong kita.

Ezytravelers, kalau kalian ingin mencoba nikmatnya sate Winong khas Purworejo, coba saja kalian lewat jalur alternatif Purworejo-Kemiri yang melalui  jalan lingkar utara. Sepanjang jalan dari desa Winong hingga Kemiri, kalian akan menemukan banyak warung-warung sate Winong khas Purworejo.

Selamat mencicipi sate Winong ya, Ezytravelers.

Nikmatnya Sate Winong khas Purworejo
5 (100%) 1 vote
(Visited 277 times, 1 visits today)


About

Blogger yang pengen jadi “traveller”. Suka baca, musik dan kopi.


'Nikmatnya Sate Winong khas Purworejo' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool