Perpustakaan Daerah Semarang Jawa Tengah

Nongkrong Asyik Saat Puasa di Perpusda

Nongkrong Asyik Saat Puasa di Perpusda
5 (100%) 1 vote

Puasa-puasa gini enaknya jalan-jalan kemana ya?

Sobat blogger ada yang sudah pernah singgah ataupun liburan ke Semarang? Tentunya tau dong ya kalau Semarang itu panasnya luar biasa. Eksotis banget lah panasnya 😉

Pada suhu tertentu berkeliling kota Semarang memang sanggup melelehkan badan. Apalagi pas bulan puasa seperti ini. Saat si kecil mengajak jalan-jalan di dalam kota sembari mengisi liburan sekolahnya, jadi kepikiran banget mau diajak kemana ya yang tidak terlalu menghabiskan energi.

Nah, kenapa tidak saya ajak mereka untuk nongkrong asyik di Perpusda saja. Perpustakaan Daerah Jawa Tengah ini berdiri sejak tahun 1951 dengan nama awal Perpustakaan Negara Semarang.

Perpustakaan Daerah Semarang Jawa Tengah

Perpusda Jateng memiliki beberapa unit Mobil Pintar

Sejak jaman saya kuliah dulu perpustakaan ini selalu dibanjiri pengunjung. Rata-rata ya para mahasiswa yang mencari referensi kuliah mereka. Koleksi novel maupun terbitan berkala semacam koran dan majalah pun tersedia. Hanya saja dulu yang membuat agak malas ke sana adalah sistem arsip buku yang masih manual. Jadi saat mencari buku literatur tertentu harus sabar membuka kotak kayu yang berisi lembaran-lembaran daftar buku berdasarkan judul, pengarang maupun subjeknya.

 Perpustakaan Daerah Semarang Jawa Tengah

Kalau sekarang sih semuanya sudah serba computerized. Bahkan saat mendaftarkan putri saya untuk menjadi anggota Perpusda pun gampang sekali. Tinggal isi data sendiri di pojok pengisian data yang terdiri dari 3 buah layar monitor datar. Isi semua dengan lengkap, lalu lapor ke petugas pendaftaran. Di komputer petugas akan keluar data detail seperti yang telah kita input tadi.

Sudah gitu aja?

Enggak dong… petugas akan melakukan pemotretan kepada pemohon. Kamera foto yang sudah tersambung ke komputer petugas itu akan memunculkan gambar pemohon di data yang telah diinput tadi (lihat foto di atas). Saat itu juga petugas bisa langsung mencetak kartu anggota Perpusda bagi putri saya.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menjadi anggota di situ? GRATIS. FREE. Iya, tidak dipungut biaya sepeserpun. Saya senang proses pendaftarannya bisa mudah, hanya menggunakan KTP milik saya saja sudah cukup. Kalau dulu jaman kuliah harus menggunakan pengantar dari RT dan RW loh. Ribet ya? 😉

Nongkrong asyik saat puasa di Perpusda Jateng ini pas sekali bagi mereka yang ingin mengisi waktu sembari mendapatkan pengetahuan maupun hiburan melalui buku. Low cost low energy gitu 🙂  Mana situasi tempat membacanya sudah tertata rapi.

 Perpustakaan Daerah Semarang Jawa Tengah

Para pengunjung dilarang untuk membawa serta tas mereka ke ruang baca. Disediakan ratusan loker yang siap menampung ‘gembolan’ yang kita bawa. Ukurannya bermacam-macam, ada yang lokernya kecil, muat untuk tas tangan kecil saja. Ada juga yang berukuran jumbo, muat untuk menampung dua buah ransel sekaligus.  Jadi saat kita membaca, kita tak lagi terbebani pikiran harus menyeret tas kemana-mana setiap kita bergerak dari satu rak ke rak yang lain untuk  memilih buku yang diinginkan.

Perpustakaan Daerah Semarang Jawa Tengah

Favorit putri sulung saya ya ruang baca buku anak dan fiksi remaja ini. Koleksi bukunya banyaaakk sekali, bagus-bagus pula. Saya saja ikutan tertarik untuk membaca buku anak-anak tersebut. Untuk bacaan fiksi dewasa telah dipindah ke lokasi lain, bersebelahan dengan ruang baca terbitan berkala. Adapun ruang baca anak ini berseberangan dengan ruang baca paling besar di lantai 2 itu : ruang baca buku-buku referensi. Nah, di ruang itu dulu saya sering menghabiskan waktu mencari referensi untuk tugas kuliah maupun skripsi 😉

Enak loh menghabiskan waktu di sini, mana hari Minggu juga buka. Jika sobat blogger sudah lelah mengelilingi Semarang, bisa banget ke sini. Melepas lelah sembari melahap berbagai bacaan sesuai selera.

(Visited 1,817 times, 2 visits today)


About

Ibu dua orang anak yang gemar ngomong gak penting, senang kumpul-kumpul plus ngumpulin buku


'Nongkrong Asyik Saat Puasa di Perpusda' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool