Nyamannya Menginap di Rumah Papan Homestay Bejalen

Long weekend telah datang, Ezytravelers punya rencana liburan ke mana? Menginap di homestay Bejalen bisa jadi alternatif kalian liburan lho! Untuk kalian yang ada di Kota Semarang pun nggak terlalu jauh, dan untuk kalian yang ada di luar Kota Semarang, mungkin bisa mencari ketenangan dari kebisingan kota.

homestay bejalen

Homestay Bejalen dengan desain joglo dan ornamen betawi pun bisa jadi tempat menginap

Tinggal di desa wisata itu asyik lho! Kalian bisa menikmati setiap detail aktivitas yang dilakukan masyarakat lokal yang mungkin tidak kalian temui di tempat kalian. Mereka punya ciri khas masing-masing yang ditonjolkan.

Di desa wiata kalian nggak hanya datang lalu pergi saja, kalian pun bisa live in atau menghabiskan waktu berhari-hari di sana. Kalian pun nggak perlu repot cari hotel untuk tempat menginap kalian. Datang saja ke desa tersebut, temui pokdarwisnya (pengelola desa wisata).

Di sana kalian akan diarahkan untuk memilih homestay. Saat saya tinggal di desa Bejalen, saya sempat merasakan nuansa penginapan yang asri. Homestay.yang saya tinggali berbentuk joglo dengan sekat papan kayu jati. Temboknya pun dibuat desain bata merah yang terkesan kuno dan lawas.

Melihat rumah itu pertama kali membuat saya betah menikmati suasana desa. Seolah tak mau beranjak dari sana. Merasakan lepas dari keramaian kota.

Menurut Bu Rini pemilik rumah, homestay. ini memang dibagun terpisah dari rumah utama yang fungsinya memang untuk homestay tamu. meskipun pada mulanya rumah ini adalah rumah keluarga besar Bu Rini.

Uniknya ornamen di homestay. itu mengandung unsur betawi

Pertama kali melihat homestay Bejalen, pandangan saya tertuju pada pagar dan perabot yang nampak tua. Kata Bu Rini, rumah miliknya itu memang mengandung unsur Betawi karena saudara beliau ada yang berasal dari sana. Rumah itu adalah peninggalan mertuanya yang kosong dan tidak terpakai.

Untuk kepentingan keluarga maka dibangunlah rumah kosong itu. Tapi, karena desa Bejalen sekarang menjadi desa wisata, maka rumah itupun dijadikan homestay. Lantai yang terbuat dari keramik nampak memberikan kesan bersih dan nyaman.

Dinding papan membuat udara di dalam rumah jadi dingin meski tanpa AC

Homestay Bejalen ini bukan terletak di datawan tinggi. Meskipun begitu kalian tak akan membutuhkan pendingin ruangan atau kipas angin, karena dinding terbuat dari papan kayu jati, maka suhu ruangan pun terasa adem dan nyaman.

Bahkan kalian akan mereasa dingin bila pagi menjelang. Udara yang masih bersih pun akan bergantian mengisi paru-paru kalian.

Satu rumah itu terdapat 3 kamar yang bisa diisi dengan 5 sampai 6 orang. Tapi kalian pun bisa meminta ekstra bed bila datang dengan lebih dari 6 orang.

Masakan ndeso menjadi pelengkap hidangan

homestay bejalen

Mari makan! Pemilih hostel pagi-pagi sudah menyediakan sarapan untuk para tamunya. Masakan yang disajikan amat sangat sederhana tapi istimewa di lidah saya. Oseng daun pepaya dan oseng keong sawah membuka semangat di pagi hari.

Hidangan itu membuat lidah kami tak berhenti mengunyah dan merasakan setiap detail rasa. Di kota kami susah menemukan hidangan serupa. Ditambah lagi masakan Bu Rini yang lezat. Suasana sarapan di teras depan rumah pun tarasa begitu hangat.

Selain keong sawah, Bu Rini pun menghidangkan mujahir goreng yang ia dapatkan dari keramba di rawa pening. Ikan mujahir memang dibudidayakan di sekitar Rawa Pening.

Jika kalian penasaran, kalian bisa kok melihat penangkaran ikan mujahir dan ikan nila di Rawa Pening. Kalian cukup menyewa kapal dengan kapasitas 4 orang untuk meuju ke sana. Asik, lho! Kalian pun bisa memberi makan ikan-ikan tersebut tapi harus ijin dahulu ya!

***

Nah, seru kan? Selain bisa menikmati foto-foto di tembok warna, kalian pun bisa menikmati tidur di rumah Bu Rini, agar liburanmu di Desa Wisata Bejalen terasa seru, kalian pun harus menikmati tidur di homestay yang sudah disediakan, seperti homestay milik Bu Rini ini.

Yuk, siapkan hari cuti untuk menikmati suasana alam pedesaan yang ada di sekitar Rawa Pening. Ajak juga teman-teman Ezytravelers, ya!

 

 

Nyamannya Menginap di Rumah Papan Homestay Bejalen
Vote Us
(Visited 54 times, 1 visits today)

About

Seorang gadis yang doyan jalan-jalan. Selalu menceritakan cerita perjalanannya melalui tulisan dan foto.


'Nyamannya Menginap di Rumah Papan Homestay Bejalen' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool