Kompleks RS Dr. Kariadi Semarang

Nyawang Semarang soko Awang-awang

Nyawang Semarang soko Awang-awang
5 (100%) 1 vote

Sobat Ezytravelers,

Judul di atas dalam Bahasa Indonesia berarti “memandang (panorama) Semarang dari angkasa”. Pada artikel sebelumnya penulis mengajak para traveler menikmati panorama Semarang pada ketinggian 45 hingga 100 meter dari permukaan tanah melalui spot-spot keren di Kota Semarang dan bahkan dari ketinggian 1200 mdpl di Kawasan Umbul Sidomukti. Ternyata dengan posisi pada ketinggian tertentu kita bisa mendapatkan sudut pandang yang berbeda daripada saat kita menikmati objek langsung di lokasi. Pemandangan yang menarik dari ketinggian tentu juga bisa kita nikmati saat berada di pesawat terbang.

Pada saat naik pesawat terbang, banyak momen yang menarik untuk difoto, misalnya saat lepas landas, saat berada di ketinggian, atau menjelang mendarat, tentunya dengan memperhatikan ketentuan dan peraturan penerbangan. Meskipun ada artikel di suatu majalah yang menulis bahwa mengambil foto dari jendela pesawat seperti #travelerpemula, banyaknya posting foto yang dijepret dari pesawat di media sosial menunjukkan ketertarikan para traveler mendapatkan sudut pandang yang berbeda dan betapa indahnya suatu obyek bila dilihat dari atas. Namun selain masalah aturan penerbangan, mengambil foto saat di pesawat terkadang sulit untuk mendapatkan angle yang sesuai keinginan. Lalu?

Video yang diunggah oleh CagiPro – “Semarang from Above”

Setahun belakangan kita mendapatkan kosakata baru, yakni fotografi drone dan jurnalisme drone. Drone adalah sebuah pesawat tanpa awak atau dalam istilah Inggris disebut Unmanned Aerial Vehicle (UAV), yaitu sebuah mesin terbang yang dikendalikan oleh seorang pilot dari jarak jauh atau bahkan sebuah drone mampu mengendalikan dirinya sendiri. Meskipun awalnya lebih ditujukan pada penggunaan bidang militer dan sains, teknologi ini akhirnya sangat bermanfaat dalam berbagai bidang termasuk tourism/pariwisata. Harga drone dan aksesorisnya sudah relatif terjangkau sehingga cukup banyak fotografer dan traveler yang memiliki perangkat ini, bahkan sudah ada komunitasnya pula. Pemanfaatan drone untuk membuat foto dan merekam video objek wisata ternyata sangaaat menarik, seperti yang ditunjukkan para pemenang Aerial Visual Drone Challenge 2015, bulan Mei 2015 yang lalu.

Khususnya untuk Kota Semarang, pemanfaatan drone sebagai sarana promosi wisata belum banyak digunakan. Memang ada beberapa video hasil rekaman drone yang diunggah di youtube.com sebagaimana disematkan (embedded) di artikel ini seijin pemiliknya, namun para pemangku kepentingan bidang pariwisata perlu didorong untuk lebih mengoptimalkan sarana ini, bukan hanya instansi terkait dan biro wisata melainkan juga para fotografer dan videografer. Mengutip tulisan Barry Kusuma –traveller dan photoblogger– seorang travel photographer perlu memanfaatkan teknologi untuk menunjang kariernya, karena ia diharapkan bisa membuat foto wisata yang baik dan bagus. Dengan karya foto atau video melalui drone adalah agar orang yang melihat foto/video travel tersebut menjadi tertarik dan ingin ke tempat tersebut.

Video yang diunggah Ody Putera di youtube.com “DJI PHANTOM INDONESIA – Drone Jurnalism – Kawasan Tugu Muda – Semarang”

Pemanfaatan drone di Indonesia belum ada aturannya secara khusus dan hanya menyesuaikan aturan internasional Civil Aviation Authority (CAA). Senyampang dengan keleluasaan itu, harapan kita para fotografer dan videografer yang telah memiliki atau memanfaatkan drone dapat mengeksplorasi objek-objek wisata –khususnya yang sulit dijangkau dengan kamera konvensional– sehingga semakin menarik dan meningkatkan jumlah kunjungan wisata di indonesia, dan Semarang khususnya.

(Visited 1,436 times, 1 visits today)



'Nyawang Semarang soko Awang-awang' have 6 comments

  1. April 6, 2016 @ 8:30 am annas

    mantap mas hasil nya, mau tanya nih pak, untuk drone sekelas syma x5sw dipadukan dengan kamera xiaomi yi apa bisa dapat gambar sebagus itu?kebetulas saya baru beli syma x5sw dan kamera saya mau ganti dengan xiaomi yi…. mohon sarannya dari master aerial photography….. Terima kasih, balasan dapat kirim di email annasakbar2@gmail.com

    Reply

  2. April 30, 2016 @ 1:08 pm dody octa prasetya

    beli drone di daerah semarang dimana ya gan kaya drone eachine H8 mini ato enggak Yi Zian X4

    Reply

  3. November 3, 2016 @ 6:52 pm http://www./

    I would comparable to thnkx for the efforts you have plunk in letters this blog. I’m hoping the matching high-grade website post starting you in the upcoming as anyway. Clothed in fact your creative script skills has encouraged me to get my peculiar web situate now. Really the blogging is spreading its wings quickly. Your write in the lead is a enormous illustration of it.

    Reply

  4. November 16, 2016 @ 3:51 pm http://www./

    they will tell us again that we are just dunces and they are gods.They’ve always told us this. Most recently, Ayn Rand’s latest hatchet man () pushes “they should be paid handsomely for their services.” The parachuting Einsteins of Wall Street should be regarded with absolute reverence. On your knees, you shareholding rabble!

    Reply

  5. January 17, 2017 @ 9:01 pm http://www./

    That’s a crackerjack answer to an interesting question

    Reply

  6. February 7, 2017 @ 11:58 pm kredit notebooklar

    Поражает то, что эти пацаны ваще ребята звучат так, словно имеют уже пару-тройку полноценных альбомов за плечами и умеют виртуозно обращаться с сэмплером.Ребята, не смешите 🙂 это же пендулум!Rob Swire and Gareth McGrillen aka Knife Party

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool