Loenpia Mbak Lien

Oleh Oleh Khas Loenpia Mbak Lien

Semarang dikenal juga dengan sebutan Kota Lumpia. Lumpia, atau terkadang ditulis dengan lunpia atau juga loenpia, adalah makanan khas kota Semarang yang isi utamanya terdiri dari telur, rebung dan dikombinasikan dengan udang, daging ayam atau juga kepiting. Salah satu tempat yang menjajakan lumpia yang populer adalah Mbak Lien, yang bisa dijumpai di jalan Pemuda, tepatnya di gang Grajen, sebelah timur Sri Ratu.

Loenpia Mbak Lien

Namun jangan keliru dengan warung lumpia lainnya karena ada warung warung lain yang letaknya di pinggir jalan dengan nama yang mirip-mirip yang juga menjajakan lumpia, sehingga bisa mengecohkan pelanggan yang belom tau letak persis warung lumpia Mbak Lien ini. Warung Lumpia Mbak Lien ini lokasinya agak menjorok di dalam gang sehingga tidak kelihatan dari jalan raya Pemuda.

Loenpia Mbak Lien

Ada dua jenis lumpia yang ditawarkan di sini, lumpia basah dan lumpia yang di goreng. Namun tidak perlu khawatir, lumpia basah ini isinya sudah matang meskipun tidak digoreng. Lumpia yang basah, lebih terasa isinya karena tidak bercampur dengan minyak. Serta rasanya agak manis dengan rasa telur dan rebung di dalamnya. Namun akhirnya tergantung selera pembeli, karena lumpia goreng terasa lebih gurih.

Makanan khas lumpia pertama kali hadir pada abad ke-19. Lumpia ini menjadi salah satu contoh perpaduan budaya asli Jawa dan Tionghoa yang serasi dalam cita rasa. Adalah Tjoa Thay Joe yang berasal dari Fujian, memutuskan untuk menetap di Semarang dan membuka usaha kuliner khas Tionghoa berupa makanan dengan isi rebung dan daging babi. Lantas bertemu dengan dengan Mbak Wasih, seorang asli Jawa yang juga berjualan makanan yang hampir serupa, namun dengan rasan yang lebih manis dengan isi kentang juga udang.

Berjalannya waktu, mereka menikah dan kemudian meleburkan usaha kulinernya menjadi satu makanan dengan citarasa baru. Daging babi diganti udang atau ayam, dengan udang dan telurnya yang tidak amis, juga rebungnya yang manis, serta dengan kulit lumpia yang renyah jika digoreng. Mereka berdua menjajakan makanan ini di Olympia Park, pasar malam Belanda pada saat itu. Oleh karena itu jajanan ini akhirnya dikenal dengan nama Lumpia.

Usaha lumpia tersebut kemudian diteruskan oleh anak cucunya. Selain Mbak Lien, tempat yang menjajakan lumpia yang terkenal di Semarang yaitu lumpia Gang Lombok dan juga lumpia Mataram, yang semuanya masih berasal dari keturunan dari Tjoa Thay Joe dan Mbak Wasih ini.

Untuk harga lumpia di warung Mbak Lien ini, dijual dengan harga dengan Rp 12.000,– untuk 1 potongnya, harganya terus naik, namun memang harga tidak pernah menipu rasa. Jadi lupa, kalau datang liburan ke Semarang jangan lupa mencoba lumpia, makanan khas kota Semarang ini.

Oleh Oleh Khas Loenpia Mbak Lien
4 (80%) 4 votes
(Visited 12,383 times, 3 visits today)



'Oleh Oleh Khas Loenpia Mbak Lien' have 5 comments

  1. June 23, 2015 @ 12:27 am Rahmi

    Aku pernah beli lumpia yang gambarnya mirip Mbak Lin, ngga baca seksama sampe di rumah baru tahu kalo ternyata ini lumpia lain bukan lumpia Mbak Lin

    Reply

  2. June 23, 2015 @ 7:56 am munif

    Jadi lumpia itu berasal dari kata Olympia Park ya? 🙂

    Reply

  3. November 9, 2015 @ 8:16 pm handy

    pelayan restorannya payah..kita datang bawa mertua malah di cuekin asik nonton sinetron….lunpia basah di kasih yg dingin…rasanya juga biasa aja … pokoknya nyebelin

    Reply

  4. November 12, 2015 @ 5:46 pm FARAseafood suplier

    Kami dari suplier seafood menawarkan daging kepiting dg qualitas dan harga bersaing,kira2 bisa menghubungi siapa ya? Mhn infonya thanks no hp.081327068224

    Reply

  5. June 12, 2016 @ 6:25 am eko

    semoga lumpia mbak lin semakin maju

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool