Pasar Dargo

Pasar Dargo, Sentra Penjualan Batu Mulia di Semarang

Pasar Dargo, Sentra Penjualan Batu Mulia di Semarang
5 (100%) 2 votes

Dewasa ini batu mulia atau yang dikenal juga dengan sebutan batu akik sedang menjadi primadona di Indonesia, begitu juga di Kota Semarang. Jika kamu ingin berburu berbagai macam batu mulia ini, di Semarang terdapat salah satu sentra penjualan dan pemolesan batu akik yang konon terbesar di Jawa Tengah, yaitu di Pasar Dargo.

Pasar Dargo

Pasar Dago berlokasi di Jalan Dr. Cipto Semarang, dekat dengan Gedung Kesenian Sobokartti. Lokasinya mudah diakses, salah satu angkutan umum yang lewat adalah mikrolet baik dari arah Semarang Atas maupun dari Stasiun Tawang.

Pasar Batu Akik di Semarang

Pasar Dargo awalnya digunakan untuk sentra penjualan beras. Namun tempatnya yang masih sangat luas dimanfaatkan pemerintah Kota Semarang sebgai tempat tujuan relokasi pedagang akik yang berasal dari Jalan kartini. Hal itu justru membuat Pasar Dargo semakin ramai. Penjual dan pembeli batu akik dari berbagai penjuru daerah, bahkan ada wisatawan mancanegara yang juga datang ke sana.

Pasar Dargo

Ada yang jauh-jauh dari luar kota untuk berburu batu mulia di Pasar Dargo, menurut mereka lokasi di Pasar Dargo masih jauh lebih nyaman daripada di tempat lain, dengan penerangan cukup dan bangku kecil yang memanjakan para calon pembeli untuk memilih batu mulia.

Pasar Dargo

Harga batu mulia yang belum dipoles bervariasi, mulai Rp 50.000an hingga ratusan ribu rupiah. Bahkan untuk batu yang langka bisa menembus angka jutaan rupiah. Batu mulia yang masih berbentuk bongkahan biasanya direndam di dalam air agar tampak kilaunya.

Pasar Dargo

Atau jika tidak ingin repot kita bisa langsung memilih batu yang sudah dipoles dan terlihat cantik, termasuk wadah cincinnya. Selain digunakan untuk cincin, batu yang berukuran besar dan bercorak indah bisa juga dijadikan perhiasan liontin.

Pasar Dargo

Corak yang ada pada batu mulia bisa menjadi nilai tambah, apalagi jika coraknya berbentuk seperti mahkluk hidup seperti kepala hewan atau yang bentuk lainnya. Untuk mendeteksi keaslian batu, kita bisa menggunakan senter kecil sehingga terlihat serat-serat di dalam batu mulia.

Pasar Dargo

Setelah mendapatkan batu mulia yang sesuai dengan pilihan, selanjutnya kita menuju ke lantai dua Pasar Dargo. Di lantai dua ini menjadi tempatnya para pemoles batu mulia yang awalnya berbentuk bongkahan menjadi bola-bola cincin yang indah dan mengkilap. Biaya memotong pun bervariasi mulai dari Rp 10.000an, itu belum termasuk memolesnya (diamplas) hingga mengkilap. Pengrajin batu mulia disini sudah menggunakan mesin untuk mengamplas batu.

Pasar Dargo

Fungsi Pasar Dargo untuk kegiatan jual beli bahan pokok pangan tetap berlangsung, di lantai 2 masih banyak penjual sayur, buah, daging dan sembako. Di lantai dasar pun juga banyak kios yang menjual makanan atau minuman. Dengan berbagai aktivitas tersebut Pasar Dargo menjadi menarik untuk dikunjungi, apalagi yang ingin “berwisata batu mulia”.

(Visited 7,801 times, 1 visits today)


About

blogger, social media strategist, dan fanboy DC.


'Pasar Dargo, Sentra Penjualan Batu Mulia di Semarang' have 7 comments

  1. May 3, 2015 @ 4:45 pm Soviana

    Deket banget sama kantor tapi belum pernah nengok ke sini hahahahaha

    Reply

  2. July 16, 2015 @ 10:34 am luqman

    Mumpung mudik, mampir ke pasar Dargo, buat nambah koleksi batu aki..

    Reply

  3. July 28, 2015 @ 7:02 pm Sarah

    Ternyata tren batu akik ini berlangsung cukup lama juga ya… di Pasar Dargo, Semarang ini penggemar batu akik tentu sangat dimanjakan.

    Reply

  4. October 4, 2015 @ 12:30 pm maz yudha - sinar abadi mulia gemstones johar

    pasar batu pertama kali di semarang itu ada di pasar johar (1970 ).sampe sekarang masih ada dan namanya menjadi Johar Gems Center (JGC). JGC mempunyai 35 orang pedagang,disana adalah pusat batu mulia dan batu akik,berbagai macam batu bisa di temukan disana dari ruby,safir zambrut,garnet,topas,cat eye, batu akik corak,akik gambar (yg chalcedon atau yg agate) ada semua. ada juga yang menjual ikat perak (bs melayani pemesanan), ada juga ikat monel (bs melayani pemesanan). kalo yg monel bisa pesan ikat melalui Mbah Di atau Pak Mei, yang alhamdulillah sampe sekarang masih eksis, dan tetap banyak pesanannya. jadi batu bukan hanya musiman sesaat seperti layaknya tanaman atau semacamnya.buktinya dari thn 70 – sekarng batu tetap ada dan banyak di cari sama orang.karena batu punya segmen pasar tersendiri.walaupun sekarang johar sudah hangus jadi abu, dan ada sebagian pedagang johar yg membuka lapak di pasar dargo,tapi kami selaku pedagang batu di pasar johar tetap setia di pasar johar, JGC harus tetap ada walaupun harus jatuh bangun untuk memajukan dunia perbatuan di kota semarang dan sekitarnya. salam gemstones

    Reply

  5. January 19, 2016 @ 9:11 am dd

    kalau motongkan batu dimana yang bagus?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool