Pasar Kokrosono

Pasar Kokrosono, Pusat Barang Second dan Antik di Semarang

Pasar Kokrosono, Pusat Barang Second dan Antik di Semarang
5 (100%) 1 vote
Suasana Jalan Kokrosono

Suasana Jalan Kokrosono

Semarang adalah supermarket barang antik dan unik. Tidak hanya sekali dua kali saja kita mendengar kalimat tersebut terucap dari para pengoleksi barang antik yang rajin blusukan wisata ke Semarang berburu barang langka yang banyak ditemui di Semarang. Hal ini tentu tidak terlepas dari Semarang sebagai salah satu kota perdagangan yang sangat maju pada jaman prakemerdekaan, namun juga banyaknya etnis yang hidup di Semarang baik yang sekedar singgah untuk berdagang maupun yang bertempat tinggal di Semarang. Hal ini melahirkan budaya peranakan yang sangat kental di Semarang. Bukan hanya dari peninggalan barang antiknya, tapi juga fushion food seperti loenpia Semarang dan juga bangunan peninggalan kolonial yang ada disini.

Nah, membahas barang antik dan unik, maka kita tidak bisa meninggalkan sebuah lokasi dimana barang antik dan unik ini sering diperdagangkan. Tidak jarang para kolektor itu memburu barang barang tersebut sampai di pelosok Semarang namun juga di pasar pasar tempat barang antik ini dijual. Barang secondhand dan barang2 mint in box (istilah untuk barang antik yang masih dalam kondisi baru) dapat ditemui di pasar Kokrosono.

Barang seperti keramik dan porselin kuno, peralatan rumah tangga bekas dari perak dan perunggu, sampai dengan onderdil sepeda kuno yang langka dapat anda temui disini. Jika anda sedang beruntung saat ada gudang lama atau bongkaran rumah kuno, maka anda akan menemui barang barang tidak lazim, seperti jam kuno, kebaya encim, koin koin lawas yang sangat collectible item juga bisa anda temui disini.

Suasana Banjir Kanal Barat Tepi Kokrosono

Suasana Banjir Kanal Barat Tepi Kokrosono

Pasar yang selalu ramai ini menjual banyak peralatan rumah tangga second. Mulai dari kipas angin sampai dengan handphone bekas ada disini. Belakangan pedagang barang antik juga ramai menjual akik dan batu batuan yang sedang ngehits. Banyak para kolektor menyempatkan waktunya untuk berburu barang dan mendapatkannya di tempat ini. Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, maka anda akan menjumpai banyak pedagang yang menjual pernak pernik asesories sepeda motor kuno, sepeda kumbang bekas seperti bel, tas unik, lampu batok, dan segala macam jenis yang berbau sepeda. Cocok juga jika ingin mencari koin pecahan kecil. Biasanya untuk mas kawin untuk mengejar angka cantik, maka butuh pecahan kecil Rp 1, maka anda akan mendapatkannya disini.

PKL ini menempati lokasi di seberang Sungai Banjir Kanal barat Semarang. Jika anda dari luar Semarang silakan menuju Tugu Muda. Daerah ini relatif mudah dituju. Turunlah dipojokan pasar bulu. Dari Pasar Bulu anda bisa mengambil angkot dan turun di Banjir Kanal Barat. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, akan sedikit repot untuk memutari satu bundaran taman jalan siliwangi kemudian berputar dan sekali lagi melewati jembatan untuk kemudian belok ke kiri. Jalur ini cukup ramai, anda harus pandai pandai mencari parkir yang tepat supaya hunting anda tidak terganggu.

Dagangan Bekas Pasar Kokrosono

Dagangan Bekas Pasar Kokrosono

Sepanjang trotoar Banjir Kanal barat anda akan menemui lapak lapak kecil yang digelar oleh para pedagang. Disini anda harus jeli memilih barang dan pandai menawar supaya tidak keblondrok (istilah semarangan untuk membeli sesuatu terlalu mahal). Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi PKL ini adalah saat akhir pekan pada pagi hari jam 9 keatas. Disaat jam ini pedagang biasanya sudah lengkap menggelar dagangannya. Happy hunting

(Visited 2,511 times, 1 visits today)

Tagged:


About

A passionate writer, full time transportation provider, a part time junker


'Pasar Kokrosono, Pusat Barang Second dan Antik di Semarang' have 2 comments

  1. April 29, 2015 @ 4:45 pm Dwi Pramono

    Menarik, mas Dhani.. Mudah-mudahan “potensi besar” ini menjadi perhatian Pemkot agar mendapat naungan hukum sehingga tidak lagi khawatir ditertibkan Satpol PP karena berdagang di trotoar atau fasilitas umum.

    Reply

  2. February 6, 2016 @ 1:31 am Nasichul amin

    Yg hobi koleksi keramik cina kuno, saya mempunyai piring celadon 2 ikan dinasti song. Diametwer 23,5cm 12,5jt Bbm 28d71fa7 wa 081327332242

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool