PazaarSeni 2015 Semarang

PazaarSeni 2015, Pameran Seni Berskala Nasional

PazaarSeni 2015, Pameran Seni Berskala Nasional
5 (100%) 1 vote

Banyak orang yang menganggap Kota Semarang sebagai kota yang sepi dengan kegiatan seni. Anggapan ini tentu saja masih bisa diperdebatkan jika melihat cukup banyak kegiatan seni yang digelar di kota pesisir ini. Salah satu agenda seni yang wajib untuk dikunjungi adalah Pazaar Seni 2015 yang akan segera digelar. 

Pazaar Seni 2015

Syukuran Soft Launching Pazaar Seni 2015

PazaarSeni 2015 digagas oleh Dewan Kesenia Semarang sebagai pameran sekaligus bazar barang seni terbesar di Kota Semarang. Pada perhelatan kali keduanya, satu-satunya pameran seni di Semarang yang berskala nasional ini dijanjikan akan lebih matang secara konsep dan melibatkan lebih banyak partisipan.

Pazaar Seni 2015

Tahapan pelaksanaannya pun sudah resmi dimulai, ditandai dengan Soft Launching PazaarSeni 2015 di pelataran Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), pada hari Minggu 21 Juni 2015 yang lalu. Acara dimeriahkan dengan mural exhibition oleh perupa muda Universitas Islam Sultan Agung Semarang dan penampilan Komunitas Drummer SemarangPazaar Seni 2015

Sekretaris Dekase Daniel Hakiki mengatakan, PazaarSeni pertama pada 24 – 30 Agustus 2014 lalu mendapat respon positif dari berbagai kelangan, khususnya masyarakat seni rupa nasional. Sedikitnya 30 perupa dari berbagai kota di Indonesia turut ambil bagian. Yakni Semarang, Jakarta, Tangerang, Situbondo, Klaten, Magelang, Bekasi, Salatiga, Jember, Cirebon, Kendal dan Demak dengan rata-rata transaksi yang cukup menggembirakan.

Karenanya, Dekase bertekad meneruskan keberhasilan itu dengan menggelar PazaarSeni 2015 pada 8-16 Agustus di TBRS. Tentunya dengan konsep yang lebih matang dan jumlah stand lebih banyak, Pazaar Seni 2015 diharapkan dapat menjadi magnet lebih serta mampu menjadi pengungkit kemajuan kesenian maupun ekonomi masyarakat Semarang.

Pazaar Seni 2015

Stand Pazaar Seni 2014

Ketua Pelaksana PazaarSeni 2015 Gunawan Effendi menjelaskan, event ini dilandasi kesadaran bahwa dunia seni tidak hanya milik kaum seniman. Karya-karya luar biasa tidak ada artinya tanpa publik seni dan sistem struktur kesenian yang memadai.

Seni pada genre apapun selalu didukung oleh elemen-elemen yang saling bertaut : seniman – karya seni – kritikus seni – ruang pertunjukan – makelar seni – publik seni – tak terkecuali sebuah pasar seni.

Pada awalnya gagasan pasar seni dilontarkan oleh komite seni rupa Dewan Kesenian Semarang dengan merujuk pada pasar seni lukis di Surabaya dan Jakarta (Ancol), hanya saja agenda pasar seni di Semarang kemudian berusaha dikembangkan lebih lanjut dengan cakupan seni yang meluas.

Logo Pazaar Seni 2014

Logo Pazaar Seni 2014

Pada perhelatan kedua ini, PazaarSeni mencoba melibatkan lebih banyak pihak. Acara melibatkan perupa muda Semarang yang tergabung dalam Komunitas Seni Rupa Semarang dan Komunitas Sendangmulyo. Kedua komunitas yang banyak menggarap karya kontemporer ini tentunya akan semakin memberi warna pada perhelatan PazaarSeni 2015 kali ini.

Selama sembilan hari berturut-turut, panitia telah menyiapkan 62 stand pameran karya ditambah 8 stand komunitas seni. Selain itu juga ditambah empat titik seni instalasi dan 14 stand pameran industri kreatif di Kota Semarang. Tak ketinggalan akan ada juga berbagai lomba, workshop, dan seminar yang melibatkan berbagai kalangan

(Visited 1,574 times, 1 visits today)



'PazaarSeni 2015, Pameran Seni Berskala Nasional' have 1 comment

  1. July 1, 2015 @ 11:23 am Hidayah Sulistyowati

    Yang pertama dulu gak sempet nonton, semoga kali ini bisa. Bagus ya buat kegiatan hangout bareng anak2.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool