Mangut Ndas Manyung

Pedasnya Mangut Ndas Manyung Khas Semarang Bikin Ketagihan

Tidak lengkap liburan di Semarang jika belum mencoba aneka menu khas kota yang berbatasan langsung dengan pantai ini. Berbagai menu kuliner hasil laut yang nikmat menggoda dengan mudah ditemui di sini. Salah satu yang banyak penggemarnya adalah Mangut Ndas Manyung.

Memang ada beberapa pilihan untuk menikmati menu khas Ndas Manyung ini. Jika ingin mencoba langsung di warung pelopor menu ini, bisa datang ke Warung Bu Fat. Warung ini terletak tidak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan Ariloka Raya dekat Sungai Banjir Kanal Barat Semarang.

Kuliner di Semarang

Warung Bu Fat Pelopor Menu Mangut Ndas Manyung di Semarang

 

Meski terletak di tepi jalan perkampungan, namun warung Bu Fat selalu tampak ramai pengunjung. Puncaknya adalah pada jam makan siang, banyak pengunjung yang rela antre untuk bisa menikmati menu khas di warung ini. Bahkan menurut penuturan dari pengelolanya, beberapa pejabat maupun artis ibu kota juga sering menyempatkan diri mampir ke sini saat sedang ke Semarang.

Sutopo Anwar, pengelola warung yang juga merupakan salah satu anak Bu Fat menceritakan, warungnya dirintis benar-benar dari bawah dengan ukuran yang kecil. Didirikan sekitar 20 tahun yang lalu, warung ini terus berkembang hingga seperti saat ini. Kini menu Ndas Manyung sudah banyak dikenal, tidak hanya dari dalam kota, banyak juga dari luar kota, bahkan dari luar pulau.

TIKET MURAH KE SEMARANG
Kuliner Semarang

Warung Bu Fat Selalu Ramai Pengunjung, Terutama di Jam Makan Siang

Untuk menyajikan menu Ndas Manyung yang spesial memang tidak mudah. Prosesnya dimulai sejak pemilihan bahan. Kepala atau ndas manyung yang menjadi bahan utama dipilih yang berukuran besar, dengan berat sekitar 1 Kg. Di Warung Bu Fat, Ndas Manyung yang disajikan memang yang berukuran besar.

Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengolah menu ini hingga siap untuk disajikan. Kepala manyung yang telah panggang kemudian direbus setengah matang dulu, setelah itu dimasak menggunakan bumbu yang telah diracik hingga benar-benar siap disajikan. Begitu sudah matang aroma yang keluar begitu menggoda lidah untuk menyantapnya.

Rasa gurih kepala manyung dan rempahnya yang pedas, serta tidak ada bau amis, membuat ketagihan mereka yang mencoba menu ini. Kuncinya terletak pada kemampuan juru masak dalam mengolahnya. Dengan bumbu yang terdiri dari cabe, miri, bawang, kencur, dan daun jeruk, tentu banyak yang bisa membuatnya. Bumbu boleh sama, tapi beda yang mengolah tentu akan berbeda pula rasa yang dihasilkannya.

Untuk menikmati satu porsi mangut ndas manyung di sini, harga tergantung dari seberapa besar ukurannya, yang berkisar mulai Rp 50 ribu hingga Rp 75 ribu. Warung Bu Fat yang kini telah dikelola generasi kedua ini, setiap hari buka mulai pukul 07.00-19.00. Jadi jika Anda penyuka menu pedas atau kuliner laut, jangan lupa mencoba menu ndas manyung ini saat ke Semarang.

Pedasnya Mangut Ndas Manyung Khas Semarang Bikin Ketagihan
3.7 (73.33%) 3 votes
(Visited 10,518 times, 1 visits today)


About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'Pedasnya Mangut Ndas Manyung Khas Semarang Bikin Ketagihan' have 9 comments

  1. March 10, 2015 @ 11:22 am Sriyono Suke

    Enakeee….

    Reply

  2. March 10, 2015 @ 2:09 pm Dewi 'Dedew' Rieka

    ngenceess….*lap lap iler

    Reply

  3. March 10, 2015 @ 2:50 pm Aan A.

    Wah, bisa dicoba ini. Penasaran sama menu masakan ndas manyung nya.

    Menggoda… ๐Ÿ˜€

    Reply

  4. March 10, 2015 @ 7:29 pm Lestari

    Perlu diagendakan kopdar di mari rupanya ๐Ÿ˜€

    Reply

  5. March 11, 2015 @ 8:03 am Hidayah Sulistyowati

    Waaa pengen nyoba yang ini, biasanya kulineran di daerah sampangan

    Reply

  6. March 11, 2015 @ 11:21 am Inung Djuwari

    dulu pas masih ngantor di Semarang Indah sering makan disini, tapi belum pernah makan ndas manyung-nya…lebih sering yg daging fillet nya atau iwak pe bakar. Emang maknyuss

    Reply

  7. March 11, 2015 @ 2:44 pm [H]Yudee

    duh …. malah jadi laper ๐Ÿ™

    Reply

  8. March 24, 2015 @ 3:40 pm Slamet Riyadi

    salah satu makanan kesukaanku… mangut
    tapi bisanya jajan

    Reply

  9. April 3, 2015 @ 10:38 pm AD CHUN

    wah marakke pengen wae…. kapan iso muleh neng semarang

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2017ย HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool