Pemandian

Pemandian Air Panas dan Air Terjun Gonoharjo

Pemandian Air Panas dan Air Terjun Gonoharjo
5 (100%) 1 vote

Nikmat mana lagi yang kau dustakan, coba bayangkan bila kamu sedang berendam dalam kolam air panas dengan suasana alam yang asri, dininabobokan dengan alunan gemericik air, ditemani pemandangan hijau pepohonan dan hanyut dalam belaian sejuk udara hutan? Syahdu… terdengar sedikit lebay tapi mungkin itulah satu kata yang bisa rasakan ketika berendam di Pemandian Air Panas Gonoharjo, orang di Semarang sendiri lebih mengenalnya dengan sebutan Nglimut. Yuk kita berendam…

Gimana cara ke sana?

Wisata air belerang ini terletak di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Untuk mencapai obyek wisata ini mudah kok, di beberapa point sudah ada penunjuk arahnya. Jadi jangan takut tersesat. Jika berangkat dari Kota Semarang, kamu bisa melalui jalur Ngaliyan-Mijen-Cangkiran-Boja-Limbangan. Yang dari Jogja/Solo bisa lewat Ungaran-Gunungpati-Cangkiran lalu ke Limbangan. Waktu tempuh sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi.

Air Terjun Nglimut Gonoharjo

Sebuah pembuka yang manis, sebuah sungai yang jernih dan dingin di pintu gerbang

Pemandian Air panas Gonoharjo sering dimanfaatkan pengunjung untuk rekreasi dan terapi, banyak juga yang meyakini dapat  mengobati segala penyakit kulit karena memang memiliki kandungan belerang. Dengan tiket masuk sebesar Rp8.000,- yang dikelola oleh perhutani, tempat wisata ini ramai dikunjungi ketika akhir pekan dan hari libur. Kemudian akan bertambah ramai saat liburan hari raya Idul Fitri. info dari penjaga loket.

Untuk menuju sumber air panas ini hanya ada satu cara yaitu dengan jalan kaki, karena tidak ada lift atau eskalator. Jalur yang dilalui pun tidak semulus aspal, namun berupa jalan setapak diplester, ada juga yang masih bentuk bebatuan untuk trek yang menanjak. Jadi buat kakimu senyaman mungkin. Saya sarankan untuk pakai sepatu dan tidak memakai sandal model apapun, apalagi yang ber-hak tinggi.

Air Terjun Nglimut Gonoharjo

2 dari 4 Kolam Air Belerang Panas Gonoharjo

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan alam nan hijau dari hutan yang masih terjaga. Suara suara burung terdengar begitu merdu di telinga menemani langkah sepanjang perjalanan. Kebetulan saat saya kesini banyak suara serangga ‘jenggeret’ atau cicada begitu nyaring dan saling bersahutan, sebagai pertanda musim kemarau akan datang. Suasananya yang sangat langka bila saya di perkotaan.

Ada apa aja sih?

Ada dua obyek yang bisa dikunjungi, yaitu pemandian air panas dan Air Terjun. Namun bila kamu ingin menikmati keduanya, saya sarankan ke air terjun dahulu baru menikmati sensasi mandi air hangat. Karena perjalanan ke air terjun ini lumayan jauh sekitar 30 menit dengan medan bebatuan dan tanah yang naik turun. Setelah puas menikmati deburan air jatuh, barulah mengistirahatkan badan dan memanjakan diri di kolam pemandian air panas. nyosssss…

Air Terjun Nglimut Gonoharjo

Air Terjun Nglimut yang Pertama dengan ketinggian sekitar 15 meter

Air terjun di sini ada 2, yang pertama lokasinya tidak jauh dari kolam air panas berada. Tingginya sekitar 15 meter dengan debit air yang menyesuaikan dengan musim. Bila belum puas, bisa lanjut ke air terjuan yang kedua, namun harus melewati hutan kopi dengan jalan yang lumayan. yaitu sekitar 20 menit jalan kaki. Tentunya lebih bagus dari air terjun yang pertama. ketinggian sekitar 25 meter, dengan terusan di bawah yang lebih dari 30meter. Sepertinya cocok juga untuk canyoning atau susur sungai.

Air Terjun Nglimut Gonoharjo

Air Terjun Utama Nglimut Gonoharjo dengan ketinggian sekitar 25 meter

Fasilitas di di kawasan wisata ini lumayan lengkap seperti warung makan dan minum, mushola, toilet, tempat ganti baju, 4 kolam air panas, 4 pancuran air belerang yang panas dan 1 kolam air tawar yang dingin dan cukup luas. Rasanya belum lengkap bila kamu tidak mencoba semua fasilitas yang ada. Mulai dari pemandian air panas, kemudian air terjun yang cukup bagus mengingat untuk ke lokasi ini tidaklah mudah dan membutuhkan kondisi fisik yang bagus. Jadi selamat liburan.

Air Terjun Nglimut Gonoharjo

Gazebo, Warung dan jalan setapak di kawasan Pemandian Air Panas Gonoharjo

(Visited 10,859 times, 10 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'Pemandian Air Panas dan Air Terjun Gonoharjo' have 7 comments

  1. June 5, 2015 @ 5:55 am Hidayah Sulistyowati

    Udah berapa tahun aku gak kesini, tambah cakep aja tempatnya ya

    Reply

    • June 6, 2015 @ 7:44 am Slamet riyadi

      Emangnya kapan terakir kesini mba?
      Untuk fasilitas masih sama, cuma makin bersih saja di beberapa titik

      Reply

  2. June 5, 2015 @ 1:26 pm Suzan

    Jadi referensi ini kalo ke Semarang, terima kasih infonya

    Reply

    • June 6, 2015 @ 7:46 am Slamet riyadi

      Sama sama mba, kalau ke sini wajib hukumnya ke air terjun yg utama lho

      Reply

      • February 8, 2016 @ 8:52 am reza

        Mas pemandian bersih gak

        Reply

  3. February 8, 2016 @ 8:53 am reza

    Pemandian air panasnya bersih gak

    Reply

  4. April 23, 2016 @ 9:10 am Artin Widiana

    Mas,.. mau nanya,.. berarti disini dari pemandian Promnas Greenland masih naik?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool