Pemandian Muncul, Airnya Paling Jernih di Semarang

Pemandian Muncul, Airnya Paling Jernih di Semarang
5 (100%) 1 vote

“Ini air kolam kebangeten deh jernihnya. Padahal gak pernah dikuras,” Batin saya ketika menyelam di batas lantai keramik kedalaman 1.6 meter Pemandian Muncul. Bahkan, kaki-kaki pengunjung yang berada di ujung kedalaman 3 meter masih terlihat jelas dari ujung paling dangkal. “Wah, mustahil sejernih ini dan sebening ini, kalau tidak pernah dikuras! Mustahil!” Dahi saya mengkerut, menggumam tak percaya.

Hari Sabtu siang sekitar jam 2 saya sampai di Pemandian Air Alam Muncul yang terletak di Dusun Muncul, Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sekitar 1.5 jam dari Semarang jika lewat jalan tol kemudian menuju jalur lingkar Ambarawa – Muncul. Saya sengaja datang siang, ketika cuaca panas, karena jika datang kepagian, misalnya pukul 06:00 ketika baru saja dibuka, airnya akan sedingin es di lemari pendingin. Benar saja, siang bolong gini airnya masih dingin, baru 4 kali putaran kepala sudah berat. Saya buru-buru memesan teh panas di kios samping loker penitipan barang.

pemandian muncul

Jernihnya Air Pemandian Alami Muncul

Walaupun airnya dingin, namun sangat segar dan menyejukkan seluruh badan dari pangkal hingga ke ujung, luar dan dalam. Selain itu, airnya sangat jernih, bening alami tanpa tanpa kaporit dan bahan kimia yang membuat mata merah dan iritasi. Saya ibaratkan (agak lebay), bila melempar jarum di dasar kolam 3 meter, pasti dapat ditemukan dengan mudah. Kejernihan airnya selalu terjaga karena airnya terus mengalir, bahkan sampai tumpah-tumpah ke luar kolam.

Pemandian Muncul ini dibangun sekitar tahun 1987 dan kini dikelola Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang. Konon dahulu kala, Pemandian Muncul Salatiga ini adalah Pemandian Putri Raja, atau yang dikenal dengan petirtaan. Dibuktikan dengan banyak ditemukannya arca dan batu candi yang tersebar di sekitar Pemandian Muncul. Namun beberapa yang berhasil ditemukan sengaja dipendam kembali untuk keamanan. Salah satu arca yang sudah tidak utuh kini dikumpulkan dan disimpan di dekat pintu masuk sebelah kanan.

pemandian muncul

Kolam Utama Pemandian Alam Muncul

Kolam 1.2 meter dan Kolam Keceh, Pemandian Muncul

Kolam Pemandian Muncul ini terdiri dari 3 kolam. Kolam utama dengan luas 20×40 meter memiliki kedalaman 3 meter di sisi timur dan semakin dangkal ke barat sedalam 0,5 meter. Batas kedalaman 1.6 dan 2 meter adalah lantai keramik yang ada di bawah. Lantai warna hitam dari batu dengan hiasan seperti bunga di kedalaman 2 meter inilah sumber airnya berasal. Kemudian kolam kedua berada di kiri pojok kiri dengan kedalaman 1,2 meter, dan kolam ketiga berada di pojok kanan dekat dengan toilet dengan kedalaman 0,3 meter yang biasa digunakan anak kecil dan balita untuk keceh.

Tiket Masuk

Enaknya jika berenang atau mandi di Muncul, yaitu airnya bersih, dingin dan jernih tanpa kaporit, kadang ketika berenang kita akan menemukan ratusan ikan kecil ikut berenang. Tiket masuknyapun sangat murah, paling murah di Semarang, yaitu Rp.5.000,-. Di sini juga disediakan loker dengan membayar Rp.2.000,-. Ukurannya besar, tas backpack, sepatu, baju, bahkan helm pun bisa masuk dalam loker. Kunci loker bisa kamu bawa berenang, atau bila terlalu ribet bisa dititipkan ke penjaga loker. Persewaan ban juga ada dengan mahar Rp3.000,-. Oh, Iya di Muncul tidak ada permainan perosotan atau ember tumpah yang lazim ditemui di kolam renang, namun tak jadi soal.

Muncul buka setiap hari, dari jam 06:00 sampai 17.30 dan paling ramai ketika sabtu dan minggu. Namun ada saat di mana Pemandian Muncul ini sangat ramai, yaitu pada H-2 bulan puasa, orang di sini mengenalnya dengan tradisi “Padusan”. Padusan adalah tradisi mandi untuk menyucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa Ramaan. Jika kamu melihat ada drum set dan salon berada di tengah panggung, tepat di belakang pintu masuk. Panggung tersebut biasanya digunakan untuk pertunjukan live music yang disuguhkan setiap sebulan sekali, di minggu kedua. Jika ingin lebih tenang dan sepi, bisa berenang di hari biasa.

Setelah berenang atau berendam di Muncul,  biasanya badan akan capek dan terasa lapar. Nah, di sekeliling tempat parkir terdapat banyak penjual makanan dan jajanan hangat, seperti bakso, siomay, jagung bakar, dan aneka cemilan untuk mengganjal perut sementara. Jika ingin makan berat saking laparnya, tinggal menyeberang jalan saja. Kamu bisa menikmati kuliner khas Banyubiru, Pecel Keong di Warung Mbak Toen. Kalau Saya suka dengan belutnya.

Mau Main Ke Semarang tapi bingung booking hotel yang murah?? dapatkan promo KZL hanya di Ezytravel.co.id | Hellosemarang
(Visited 1,384 times, 3 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'Pemandian Muncul, Airnya Paling Jernih di Semarang' have 2 comments

  1. September 22, 2016 @ 11:02 am Vita Pusvitasari

    Wah airnya jernih ya, sayang dingin ya, kalau di jabar kolamnya air panas karena udara dingin, mungkin disini airnya dingin karena udara panas

    Reply

    • September 22, 2016 @ 9:41 pm Slamet Riyadi

      kalau gerak terus gak bakal terasa dingin, malah seger..

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool