Pesona Wisata Pasar Tradisional Bandungan

Pesona Wisata Pasar Tradisional Bandungan
5 (100%) 1 vote

Bandungan adalah suatu daerah di Kabupaten Semarang yang berada di bagian dari lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut. Banyak yang bilang kalau daerah wisata ini adalah puncaknya Semarang. Lokasinya yang berada di daratan tinggi membuat cuaca di sana sejuk dan menyenangkan untuk berwisata.

Di Bandungan kita bisa menemukan banyak sekali objek wisata untuk dikunjungi seperti Bandungan Indah Waterpark & Resort yang luasnya mencapai 3 hektar, dimana didalamnya terdapat beragam fasilitas seperti Family Resort, Convention Hall, Waterpark, Gardening, Playground, Kidcastle, Pemancingan, Outbound, Sanctuary Butterfly, Cafe dan live music. Tidak jauh dari sana ada Candi Gedong Songo yang berada di ketinggian 1200 mdpl, di sini biasanya wisatawan bisa menyewa kuda untuk berjalan-jalan di sekitar objek wisata. Ada juga Umbul Sidomukti yang terkenal dengan kolam renangnya yang berada di ketinggian, selain itu disediakann juga berbagai permainan seperti Outbond Training, Adrenalline Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan dan permainan ekstrim seperti ATV, Flying fox, dan lain sebagainya.

Nah satu lagi lokasi yang paling tidak boleh dilewatkan ketika kamu berada di Bandungan adalah Pasar Tradisional Bandungan. Pasar tradisional di sini jauh dari kesan kumuh dan bau, tidak perlu khawatir pula ketika datang hujan karena Pasar Bandungan berlantaikan paving sehingga tidak akan becek atau tergenang. Sejak dini hari pasar Bandungan sudah ramai dengan kegiatan jual beli berbagai bunga seperti bunga sedap malam, anyelir, krisan, mawar dan aneka warna bunga potong khas lereng pegunungan. Harga yang ditawarkan di pasar kembang di Bandungan bisa fluktiatif tergantung dari waktu membeli, biasanya pada akhir pekan harga bisa meningkat hingga 3 hingga 5 kali lebih mahal. Sementara jika kita membeli pada waktu dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 05.00 harga bunga masih sangat rendah atau murah. Maka dari itu pasar Bandungan juga dikenal dengan sebutan sarkem atau pasar kembang. Objek Wisata Pasar Bandungan kini menjadi unggulan, tidak hanya di kota Semarang namun hingga tingkat Provinsi Jawa Tengah.

menjual bunga di pasar bandungan

Selain bunga potong, banyak juga terdapat deretan kios-kios pedagang tanaman hias yang terlihat segar. Mereka berjajar di sisi kanan jalan setelah pasar menuju ke arah lokasi wisata Candi Gedong Songo. Aneka macam bunga anggrek seperti phalenopsis dan dendrobium dipajang di sana. Daerah yang sejuk seperti Bandungan memang menjadi habitat yang cocok untuk tumbuhnya berabagai tanaman hias dan bunga-bunga yang indah. Namun kita juga perlu berhati-hati jika membeli tanaman karena tidak semua tanaman bisa hidup di tempat yang lebih panas atau cucaca di tempat tinggal kita.

sate kelinci di pasar bandungan

Apa yang biasanya dicari di objek wisata berhawa sejuk kalau bukan kehangatan dan makanan yang bikin perut kenyang? Ya, Bandungan juga terkenal akan kuliner sate kelincinya. Selain empuk dan gurih, daging kelinci juga dipercaya mampu mengobati penyakit asma, liver, paru-paru dan meningkatkan kesuburan reproduksi wanita. Hampir semua sate kelinci memiliki kesamaan, yaitu daging kelinci yang dipotong kecil, ditusuk menggunakan sujen dan dibakar. Bumbunya pun hampir semua sama yaitu ada irisan cabai, bawang merah dan sambal kacang tanah. Untuk Sate kelinci harganya dipatok Rp20.000 per porsi, sedangkan menu gulai dan rica-rica rata-rata Rp18.000/porsi. Sepintas memang mahal. Namun melihat harga kelinci yang terus melambung dan melihat dari rasanya, harga tersebut dirasakan sebanding.

klengkeng

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Pasar Bandungan tanpa membeli buah tangan khas dari sana. Bandungan sangat terkenal dengan buah kelengkengnya. Stok buah kelengkeng di Bandungan seakan tidak kenal musim, setiap waktu kita berkunjung ke sana pedagang tidak pernah kehabisan buah kelengkeng untuk ditawarkan kepada wisatawan. Jika diperhatikan di sepanjang jalan, kita akan menemukan hampir di setiap halaman rumah penduduk terdapat pohon kelengkeng berbatang besar-besar dan terlihat sangat tua. Tanaman kelengkeng memang telah lama di budidayakan di Bandungan, rasanya manis, harum, dan daging buahnya relatif tebal. Selain buah kelengkeng, buah tangan khas lainnya adalah torakur, makanan yang terbuat dari tomat yang diolah menjadi manisan. Rasanya mirip dengan buah kurma sehingga disebut torakur (tomat rasa kurma).

sumber foto:
azayabandungan.wordpress.com | soloraya.com | eelly.com

 

Pesta Ulang Tahun Ezytravel.co.id yang ke-5 Bagi Bagi Discount dan Kesempatan Memenangkan Tour Ke Korea Gratis

 

(Visited 574 times, 1 visits today)


About

blogger, social media strategist, dan fanboy DC.


'Pesona Wisata Pasar Tradisional Bandungan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool