Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali

Puas Bermain Air di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali

Gimana kabar sobat travelers pada bulan ramadhan tahun ini? Sudah punya destinasi liburan bagi yang mudik di Jawa Tengah? Udah sering narsis di kawasan kota lama, atau lelah menghitung jumlah pintu di Lawang Sewu? Nah, kali ini saya akan mengajak sobat travelers berkunjung ke salah satu lokawisata air yang sudah sangat terkenal di kota penghasil susu Boyolali.

Tlatar merupakan tempat pemandian, yang airnya diperoleh dari sumber mata air yang memiliki debit air melimpah. Terletak di desa Kebonbimo, Tlatar memiliki beragam obyek wisata. Di antaranya adalah Ekowisata Taman Air, yang terdapat wisata Pakecehan, kolam renang, becak air, pemancingan dan restoran yang menyediakan ikan bakar dan makanan khas setempat. Untuk masuk ke lokasi Ekowisata ini setiap pengunjung bakal dikenakan tarif tiket seharga Rp. 10.000.

Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali

Pengunjung bebas memilih meja makan dengan view kolam renang atau Pakecehan

Bagi keluarga yang memiliki anak-anak balita, Pakecehan bisa menjadi pilihan tempat bermain air. Dengan air dangkal seukuran mata kaki orang dewasa, tentu saja anak-anak bakal aman bermain air. Atau berburu ikan-ikan kecil yang sengaja dilepas di perairan dangkal, seperti ikan wader, kepiting sungai, serangga air dan lain-lain. Orang tua bisa memilih tempat makan terapung yang dekat dengan kolam dangkal ini untuk mengawasi putra-putrinya.

Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali

Pakecehan ini selalu menjadi tempat favorit anak-anak

Berseberangan dengan loket masuk Ekowisata Taman Air, terdapat Etasia (Ekowisata Taman Air Indonesia) Woodball Course. Taman air, sekaligus tempat latihan olah raga Woodball pertama yang dimiliki oleh Indonesia. Venue berkelas internasional ini pernah dijadikan ajang Woodball International Championship ke 1 tahun 2007 dan ke 2 tahun 2008. Suasana alam yang tampak alami sangat tepat dijadikan tempat bermeditasi atau sekedar jalan-jalan sambil menghirup udara yang bersih bebas polusi.

Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali

Suasana hening dan sejuk yang bikin krasan

Masih banyak lagi tempat wisata yang bisa jadi pilihan sobat travelers, seperti Outbond, Flying fox serta berkuda. Atau sobat travelers bisa bermain air di kali bening yang airnya hanya sebatas lutut anak berusia 5 atau 6 tahun. Di sini pengunjung bisa duduk di atas batu gunung sambil berendam kaki di kedalaman air yang bening dan dingin. Hmm, sangat menyegarkan loh.

Bila enggan menikmati ikan bakar di resto-nya, pengunjung bisa memilih kuliner lokal. Yaitu Gendar Pecel Jembak. Gendar adalah olahan yang terbuat dari nasi dan dipadatkan dalam wadah serta dikukus. Sementara itu nama Jembak adalah sebutan penduduk setempat untuk sayuran selada air. Isi pecel biasanya berupa jembak, kembang turi, kecambah, daun adas, kenikir, kol dan bayam. Daun adas adalah sayuran khas setempat yang sangat disukai warga Boyolali dan Salatiga. Campuran sayuran ini disajikan dengan gendar dan diguyur sambal kacang, sangat cocok dinikmati usai bermain air di pemandian Tlatar.

Untuk mencapai lokasi pemandian Tlatar ini, sobat travelers bisa berangkat dari kota Semarang menuju Salatiga. Kemudian ambil arah menuju Boyolali hingga mencapai wilayah Ampel, pilih pertigaan desa Pitulasan dan masuk ke kiri. Dari ujung jalan ini lokasi masih berjarak sekitar 4 km. Ada petunjuk jalan yang mudah dengan jalan mulus selebar kurang lebih lima meter. Udara sejuk bakal menyapa sobat travelers begitu memasuki wilayah ini.

Memasuki kawasan Pemandian Air Tlatar yang buka sejak pukul 08.00 wib, ada petugas yang bakal menarik retribusi sebesar Rp. 3.000 perorang. Yuk berkunjung kemari dan balik lagi untuk menginap di hotel murah di Semarang. Puas-puasin deh bermain air sambil narsis cantik dan pajang foto seru mudik di Instagram.

Puas Bermain Air di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali
5 (100%) 1 vote
(Visited 5,498 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Puas Bermain Air di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali' have 13 comments

  1. July 7, 2015 @ 7:57 am prananingrum

    Aku suka banget mbak kesini, karena rumahku dulu di Salatiga jadi kalo pas makan bareng keluarga sering kesini. Sekarang cantik banget ya Taman Air Tlatar…sudah lama g ksn. salam kenal ๐Ÿ™‚

    Reply

  2. July 7, 2015 @ 11:04 am Efi Fitriyyah

    Asik ya mbak, bias ngadem sambil merendam kaki. Cape main-main lanjut menikmati ikan Bakar. Sayang nih, jauh dari tempat tinggal saya, Bandung.

    Reply

  3. July 7, 2015 @ 1:21 pm ipah kholipah

    indah banget pemandangannya ya mba ๐Ÿ™‚

    Reply

  4. July 7, 2015 @ 10:11 pm Uniek Kaswarganti

    Mba Wati, ajak aku ke sana mbaaaa… pecel jembaknya sepertinya sangat menggiurkan

    Reply

    • July 14, 2015 @ 11:28 am Hidayah Sulistyowati

      Enggak ada gambarnya aja udah bisa ngebayangin enak ya mba Uniek? Hahaha, tapi emang betulan enak sih, ayuk piknik kesini yuk ๐Ÿ™‚

      Reply

  5. July 9, 2015 @ 3:51 am Salman bluepackerid.com

    Boyolali banyak wisata yang ngga terekspose, kayaknya bagus2 tempat wisatanya ๐Ÿ˜€

    Reply

    • July 14, 2015 @ 11:31 am Hidayah Sulistyowati

      Pemda setempat dan pihak swasta mengelola lokasi wisata dg kerjasama yg baik. Jadi hingga kini kelestariannya terjaga ๐Ÿ™‚

      Reply

  6. July 9, 2015 @ 4:25 am dian

    Tlatar masih cantik kayak dulu ya ๐Ÿ™‚

    Reply

  7. July 15, 2015 @ 1:07 pm ANJAR FIBRIANI

    Mbak kalau liburan biaya masuk /orang berapa ya? pingin kesana….

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2017ย HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool