Pulang kampung merayakan imlek

Pulang Kampung Naik Penerbangan Murah?

Pulang Kampung Naik Penerbangan Murah.

Ezytravelers, Tahun lalu, saat naik pesawat ke Pangkal Pinang, aku bersebelahan dengan dua orang ibu-ibu berdarah Tionghoa setengah baya. Keduanya nampak berseri-seri dan ngobrol dengan antusias. Wah, mereka happy banget, mau piknik ya di Pangkal Pinang? pikirku kepo.

Karena tak bisa menahan hasrat ingin tahu, hihi maklum naluri seorang penggosip, ups blogger akhirnya aku memberanikan diri bertanya pada keduanya.

“Maaf Bu, ke Pangkal Pinang dalam rangka wisata kah?” tanyaku hati-hati, pasang muka polos hihi.

Keduanya agak kaget disela obrolannya lalu tertawa. Hihi untung nggak dijawab, siapa kamu? Kok kepo sih? Iya Bu, kepo sudah mengalir dalam darahku. Tsaaah..

Salah seorang yang berambut putih dan nampak modis tersenyum ramah.

“Kami mau pulang kampung ke Pangkal Pinang untuk merayakan imlek. Disana, imlek sxangat meriah karena banyaknya tradisi yang dilakukan turun-temurun seperti sembahyang bersama keluarga besar, mengunjungi keluarga besar, bagi-bagi angpau dan menyantap makanan imlek,” jawabnya sumringah.

“Iya, tradisi ini selalu kami tunggu-tunggu setiap tahun. Makanya kami mudik sama seperti Mbak yang mudik Lebaran,” celetuk ibu satunya lagi yang lebih muda menunjuk kerudungku.

Keduanya lalu bercerita kalau mereka berdua adalah kakak-beradik yang berasal dari Pangkal Pinang dan membuka usaha toko bahan bangunan di Semarang. Setiap tahun, mereka pulang kampung ke Pangkal Pinang.

“Ibu hanya berdua saja?” tanyaku.

penerbangan murah

Ibu yang berambut keperakan menggeleng lalu menoleh ke deretan kursi sebelah. Spontan, orang-orang di tiga deret kursi melambaikan tangannya ramah. Semuanya nampak excited bertemu aku eh menyongsong Imlek di kampung halaman hihihi. Wow, ternyata mereka pergi berombongan mungkin sekitar 12 orang! Meriahnya!

Ya, masyarakat Indonesia yang berdarah Tionghoa, ternyata juga punya kebiasaan mudik pada hari raya. Jika penduduk muslim mudik pada bulan Ramadan untuk menyambut Idul Fitri maka etnis Tionghoa pun begitu. Kebanyakan akan mudik dan berkumpul dengan keluarga besar pada Tahun Baru Imlek. Warga etnis Tionghoa di Semarang pun tak ketinggalan pulang kampung merayakan Imlek.

Imlek atau Sin Cia kurang lebih sama dengan tahun baru masehi atau tahun baru hijriah. Imlek berarti kalender bulan. Jadi, perayaan Sin Cia ini diadakan oleh para penduduk Tiongkok di awal tahun menurut kalender bulan.

Pada hari Imlek,biasanya etnis Tionghoa akan sembahyang sebagai perwujudan syukur pada pencipta. Tak peduli apa agamanya, para masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia biasa merayakannya bersama-sama dengan meriah. Pada saat Imlek beragam tradisi akan dilakukan bersama keluarga besar diantaranya membersihkan rumah sebelum Imlek agar kotoran yang menjadi simbol kesialan hilang dan mereka siap menyambut keberuntungan di hari Imlek.

Setelah membersihkan rumah, masyarakat etnis Tionghoa akan menghiasi rumahnya dengan warna merah. Tak hanya untuk keindahan dan keceriaan hari raya, tapi juga untuk mengusir setan yang suka mengganggu anak kecil pas Imlek.

Tradisi lainnya adalah menyiapkan angpau dan makanan khas Imlek. Angpao dibagikan untuk anak-anak dan orang yang masih lajang. Sedangkan makanan Imlek biasanya selalu tersedia kue keranjang dan jeruk. Tradisi lainnya adalah bermain kembang api dan mengunjungi keluarga besar. Jadi, bisa dibayangkan kemeriahan Imlek ini. Tentu saja, para perantau berbondong-bondong ingin pulang kampung merayakan Imlek bersama keluarga besar. Biasanya daerah tujuan mudik adalah Pontianak, Palembang dan Pangkal Pinang. Wah lumayan juga ya ongkos tiket pesawat beramai-ramai gitu? Ada nggak ya pulang kampung naik penerbangan murah?  Atau mencoba naik maskapai penerbangan murah?

Sebenarnya jika kita memesan jauh hari sebelum hari keberangkatan, kita bisa dapat tiket pesawat penerbangan murah ya, atau mencoba maskapai penerbangan murah? Hm, tapi, yang ingin pulang kampung merayakan Imlek tak usah galau karena ada Promo Telolet atau Terbang Low Cost dengan Ezytravel, dari Ezytravelindo.co.id.

Coba saja buka situs Ezytravelindo.co.id ya terus cek deh harga tiket penerbangan domestik yang tersedia untuk Promo Telolet, ya ampuun jadi nih pulang kampung merayakan imlek naik penerbangan murah hehe. Siapa tahu bisa panen angpao seabrek tahun ini, atau malah ketemu jodoh yang dinanti-nanti seribu purnama? Hihi aamin!

Pulang Kampung Naik Penerbangan Murah?
5 (100%) 1 vote
(Visited 66 times, 1 visits today)


About

Penulis serial Anak Kos Dodol. Bercita-cita melanglang buana dari menulis.


'Pulang Kampung Naik Penerbangan Murah?' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool