Pura Agung Giri Natha

Pura Agung Giri Natha, Wisata Religi Hindu di Semarang

Pura Agung Giri Natha, Wisata Religi Hindu di Semarang
5 (100%) 2 votes
Pura Agung Giri Natha Semarang

Pura Agung Giri Natha yang Anggun

Menyenangkan menjelajah sebuah kota yang sarat dengan akulturasi budaya yang begitu kental. Semarang adalah salah satu kota di Indonesia dengan budaya peranakan yang mengakar dalam masyarakatnya. Kerukunan antar umat beragamanya tidak diragukan lagi. Tak salah jika Semarang mampu menonjolkan 5 tempat wisata dengan latar belakang tempat peribadatan. Liburan di Semarang berarti menikmati keberagaman budaya dan agama. Salah satu yang menonjol adalah Pura Agung Giri natha.

Tempat yang bernama resmi Pura Hindu Dharma Giri Natha ini berlokasi di Jln Sumbing No 12 ini mengambil tempat disalah satu lokasi dengan view terbaik di kota Semarang. Memandang dari atas, nampak keseluruhan kota Semarang. Pelabuhan Tanjung Emas yang biru. Gedung gedung tinggi yang seakan menjadi penyangga kota, dan juga pemandangan hijau hamparan pohon yang masih tumbuh subur melawan panasnya cuaca dimusim kemarau.

Pura Agung Giri Natha Semarang

Suasana Pura Agung Hindu Giri Natha

Tidak sembarangan orang bisa memasuki lingkungan Pura. Ada syarat dan ketentuan khusus yang harus dipatuhi jika anda ingin mengunjungi tempat ini. Supaya anda tidak kecewa saat berkunjung kesini, berikut adalah beberapa syaratnya agar dapat masuk kedalam lingkungan Pura.

  1. Untuk wanita tidak dalam keadaan datang bulan
  2. Tidak ada anggota keluarga yang meninggal dalam waktu beberapa hari sebelum memasuki Pura
  3. Tidak terdapat noda noda lain yang dapat menodai kesucian Pura
  4. Tidak mempunyai hubungan langsung yang terkait dengan kedudukan dan fungsi masing masing seperti pengayom dan pembina umat, upacara atau sembahyangan.
  5. Memakai pakaian yang sopan
  6. Menjaga tutur kata selama dalam lingkungan Pura
  7. Melepas alas kaki dan memakai selendang
  8. Mendapat ijin masuk dari pengurus Pura atau majelis Parisada

    Peraturan Pura Agung Giri Natha Semarang

Bangunan yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah kala itu Bapak Mardiyanto 4 April 2004 sudah mengalami beberapa kali perluasan dan renovasi. Selain untuk kegiatan beribadahan umat Hindu, pura ini juga menjadi tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Suasana asri khas Bali dapat anda rasakan disini. Ornamen khas masyarakat hindu menghiasi setiap sudut lingkungan Pura. Pengelolaan tempat ini memang masih memegang teguh aturan adat. Jadi harus benar benar menghormati aturan yang berlaku.

Lokasi Pura ini berada di tengah kota. Akses kesana cukup mudah, namun tidak ada transportasi naik keatas. jadi anda harus berjalan sekitar 300 meter keatas untuk menuju tempat ini. Penginapan dan hotel murah di Semarang juga banyak disekitar Pura. Tempat ini tertutup jika sedang digunakan dalam kegiatan keagamaan. Jadi ketepatan waktu memegang peranan penting anda bisa memasuki tempat ini atau tidak.

(Visited 3,623 times, 1 visits today)


About

A passionate writer, full time transportation provider, a part time junker


'Pura Agung Giri Natha, Wisata Religi Hindu di Semarang' have 3 comments

  1. April 11, 2015 @ 6:24 pm Hidayah Sulistyowati

    Suasananya senyap, belum pernah kesini

    Reply

  2. April 13, 2015 @ 11:20 pm Rahmi Aziza

    Waktu di Bali dulu, masuk pura juga harus berpakaian sopan, abangku yang pake celana pendek dikasih kain untuk disarungkan di kakinya

    Reply

  3. September 26, 2015 @ 6:45 pm yadie

    Aq org semarang malh blm prnh kesini. Jadi pengin nyoba kesitu.kl cm pengen skdar brkunjung mlihat2 foto2. Boleh gk yaa,?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool