Rafting Untuk Pemula di Sungai Elo Magelang

Ezytravelers, suka olahraga air? Bagi penyuka olahraga air seperti rafting, nama Sungai Elo sudah tidak asing lagi. Sungai Elo berlokasi di Magelang sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan dari Semarang menggunakan kendaraan pribadi. Kalau menggunakan kendaraan umum biasanya memakan waktu lebih lama.

Sungai Elo ini dekat dengan Candi Borobudur dan merupakan sub DAS dari sungai Progo. Ezytravelers bisa menjadikan rafting di Sungai Elo sebagai pilihan untuk mengenalkan pada pemula.

Sungai Elo adalah salah satu diantara sungai-sungai yang sering digunakan rafting untuk pemula di Indonesia. Meski tidak sebesar sungai Progo, Sungai Elo sendiri merupakan sungai yang populer di gunakan rafting khususnya untuk daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Sungai Elo ini cocok digunakan untuk rafting bagi  para pemula, bahkan anak-anak. Iya, sungai Elo termasuk sungai yang ramah anak. Seperti beberapa waktu lalu, anak saya yang baru berusia 8 tahun turut serta berarung jeram di Sungai Elo.

Air sungai Elo berasal dari Gunung Merbabu dan Sungai Progo berasal dari lereng utara Gunung Sumbing, dan mengalir kearah selatan Borobudur. Kedua sungai ini tidak memperlihatkan adanya perubahan aliran, akan tetapi proses geomorfik menunjukkan adanya pembentukan undak-undak sungai (River Teraces).

Data teras sungai yang ada di sungai Progo dan Sungai Elo, sangat baik ditemukan di sepanjang aliran kedua sungai tersebut, sebelum mencapai dataran rendah Borobudur.

rafting2

Untuk Rafting atau Arung Jeram di sungai Elo Magelang ini, setiap peserta akan menggunakan peralatan keamanan STANDAR INTERNATIONAL demi keselamatan peserta. Diantaranya seperti pelampung rafting, helm rafting, dan pemandu rafting di perahu.

Pemandu rafting yang terlatih akan menemani kita sekitar 3 jam. Dengan jarak sekitar 12 km, Sungai Elo ini memiliki tingkat kesulitan tingkat II-III yang bagus untuk PEMULA (kalau ada peserta yang tidak bisa berenang) dan rekreasi (obyek wisata) untuk  keluarga yang menyenangkan.

Perjalanan menerjang arus dan jeram sepanjang 12 km pun terlewati. Akhirnya semua tim sampai di pos pemberhentian terakhir. Sambil beristirahat sejenak, para peserta di suguhi makanan dan minuman ringan. Fasilitas ini disesuaikan dengan paket yang dipilih oleh peserta rafting. Paketnya juga beragam. Kita bisa memilih paket yang sesuai dengan minat, jumlah peserta, sungai yang akan kita pilih serta dana yang kita punya.

Ezytravelers, berikut ini beberapa pilihan paket rafting , yang bisa dipilih  :

ELO TRIP (Sungai Elo, Magelang)

Paket Elo Trip sangat ideal untuk Family & Corporate Gathering serta Pelatihan. Kalo rafting di Sungai Elo ini, saya sih berani karena arusnya tidak begitu deras. Bahkan di beberapa titik arusnya cenderung tenang. Cocok banget untuk pemula. Untuk anak-anak juga aman, kok.

Tingkat kesulitan: Pemula (Grade I – III+)

Panjang lintasan: 12,5 km (ditempuh dalam 2,5 – 3 jam)

Jadwal trip: Tiap hari (Trip I: 08.00, Trip II: 13.00)

SERAYU TRIP (Sungai Serayu, Banjarnegara)

Paket Serayu Trip ini ideal untuk wisata arung jeram yang lebih menantang. Cocok nih, buat sobat Ezy yang suka dengan kegiatan yang membutuhkan adrenalin. Kalo saya sih, belum berani. Hehe.

Tingkat kesulitan: Menengah (Grade II – IV+)

Panjang lintasan: 24 km (ditempuh dalam 3 jam)

Jadwal trip: sesuai pemesanan (One-Day Trip, dimulai pukul 07.00)

Trip Progo, Kulon Progo

Nah, bagi penyuka tantangan boleh pilih paket Trip Progo. Sungai ini cocok banget untuk adrenaline rush yang ekstrim. Karena tingkat kesulitan medan atau jeramnya adalah Grade III-V+. Jadi kalau belum mahir, jangan coba-coba deh.

Tingkat kesulitan : Mahir (Grade III – V+)

Panjang lintasan : 8 km (ditempuh dalam 45 menit)

Jadwal trip : sesuai pemesanan (dimulai pukul 08.00)

RAFTING SUPER MON

Kalau ingin rafting yang digabung dengan Kelas Wisata/Keluarga/, sobat Ezy bisa memilih paket rafting Super Mon. Jarak yang ditempuh juga lebih panjang. Tentunya juga lebih menyenangkan karena waktu tempuhnya juga lebih lama.

  • Program Halfday Trip
  • Jarak 12 Km
  • Waktu Tempuh 2.5 – 3 Jam
  • Grade II – III+
  • Start Point Desa. Pare Ngisor Blondho
  • Finish Point Desa. Mendut Mungkid (dekat Candi Mendut)

Jadwal Pengarungan rafting Elo Super Mon, pagi    : 18.00 WIB – 21.00 WIB

Cakupan layanan  Rafting:

  • Asuransi.
  • Sewa peralatan dan perlengkapan arung jeram + RiverGuide
  • Welcome Tea
  • 1x makanan ringan saat Trip Break
  • 1x Makan setelah pengarungan
  • Transportasi lokal dari finish ke start point
  • Pemakaian sarana kebersihan
  • Sertifikat

Oh ya Ezytravelers,  wisata rafting Sungai Elo juga dekat dengan beberapa daerah tujuan wisata  mulai dari Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Desa Wisata Candirejo hingga Punthuk Setumbu. Jadi, setelah selesai rafting Ezytravelers bisa lanjut berwisata ke beberapa destinasi wisata tersebut. Asik, kan.

Jadi, Ezytravelers mau pilih paket yang mana, nih?

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel makassar, tour murah, dan tiket pesawat Makassar
Rafting Untuk Pemula di Sungai Elo Magelang
5 (100%) 1 vote
(Visited 197 times, 1 visits today)


About

Blogger yang pengen jadi "traveller". Suka baca, musik dan kopi.


'Rafting Untuk Pemula di Sungai Elo Magelang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool