Tempat makan di kota lama

Santapan Ala Sunda di Kota Lama Semarang

Adakah dari sahabat Hello Semarang yang sedang melakukan perjalanan dari Bandung ke Semarang? Selamat datang yaaa… Semarang nan eksotik sudah menanti untuk dieksplore loh. Berbagai tempat wisata memikat maupun bangunan tua yang melegenda siap untuk dikunjungi.

Aneka wisata kuliner jangan lupa untuk dicoba saat sedang liburan di Semarang. Mulai dari Soto Bangkong, pecel Mbok Sador, mangut ndas manyung dan berbagai kuliner khas yang sudah banyak diulas di sini.

Namun jangan khawatir, jika sedang rindu dengan santapan ala Sunda, di Semarang juga ada kok. Salah satu tempat makan yang sudah cukup lama berdiri ini adalah Ikan Bakar Cianjur (IBC). Yang pertama hadir di Semarang adalah yang berlokasi di dekat Gereja Blendhuk, masih berada di kawasan kota lama nih. Keren kan ya bersantap dengan cita rasa Sunda tapi berpadu dengan nuansa khas kota lama Semarang.

gurame goreng cianjur di semarang

gurame goreng yang kriyuk

Salah satu yang lezat meskipun standar ada di rumah makanan sejenis adalah ikan gurame. Ada yang digoreng, dibakar maupun dibumbu asam manis. Anak-anak saya kalau pas ke sana pasti yang dicari ikan ini. Cara menggorengnya spesial, bisa kriyuk sampai ke ekor-ekornya.

Ada salah satu sayur pendamping di menu yang ditawarkan oleh IBC yang termasuk jarang dijumpai di Semarang.

TIKET BANDUNG KE SEMARANG
kuliner sunda di semarang

tumis daun labu

Jarang sekali saya jumpai tumis daun labu ini. Rasanya memang khas dan membuat kangen untuk kembali ke rumah makan ini lagi. Di IBC ada juga sih tumis dari sayuran yang lain seperti kangkung maupun baby kailan. Namun tentunya sayang melewatkan kesempatan untuk menikmati daun labu ini karena di tempat lain belum tentu ada.

Nah untuk minumannya favorit saya adalah es alpukat. Bukan jus alpukat seperti yang biasa kita dapatkan di counter-counter jus maupun rumah makan. Es alpukat ini seingat saya tidak ada di daftar menu. Saya tau ada hidangan ini ya gara-gara diajak oleh seorang teman yang senang mengekplor pengalaman kulinernya.

kuliner cianjur di semarang

Es alpukat ini dibuat dari buah alpukat yang dikerok kasar, bukan diblender. Hanya diberi bongkahan es batu dan disiram susu serta semacam kopi karamel. Karena saya bukan penikmat susu, sensasi kopinya bisa saya nikmati secara pekat dengan meminta kepada pramusaji untuk tidak menambahkan susu ke dalamnya. Hmmm… istimewa sekali cita rasanya.

Selain hidangannya yang khas, adakah sahabat Hello Semarang yang tau bahwa bangunan yang digunakan oleh IBC ini adalah bekas pengadilan negeri?

kuliner semarang

Pada gambar di atas terlihat bentuk pintu dan jendela kuno yang khas bawaan bangunan kolonial. Tak sekedar pintu dan jendela saja, aneka aksesoris yang terdapat di seluruh rumah makan tersebut memang mendukung kesan klasik yang ada.

Silakan menikmati santapan ala Sunda di Kota Lama Semarang yaaaa….

Santapan Ala Sunda di Kota Lama Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 752 times, 1 visits today)


About

Ibu dua orang anak yang gemar ngomong gak penting, senang kumpul-kumpul plus ngumpulin buku


'Santapan Ala Sunda di Kota Lama Semarang' have 6 comments

  1. March 24, 2015 @ 9:10 am Inung Djuwari

    traktirrr akuuuu disiniiiiii…… *pake toa

    Reply

  2. March 24, 2015 @ 10:08 am Dewi Rieka

    Akyu sukaaa makan disinii..yummiii….

    Reply

  3. March 24, 2015 @ 10:39 am Dwi Pramono

    Salah satu lokasi wiskul “jujugan” kalau ada tamu dari luar kota. Sebelum makan diputer-puterin kota lama dulu biar pada laper… 🙂

    Reply

  4. March 24, 2015 @ 11:35 am Lestari

    Aku belom pernah makan di IBC yang ini euy. Pengeeeeen nyobain sambil motret jendelanyaaa :))

    Reply

  5. March 24, 2015 @ 12:14 pm Sriyono Suke

    Sekali tok makan di ibc yang ini, banyak bulenya waktu itu…

    Reply

  6. March 24, 2015 @ 2:19 pm Hidayah Sulistyowati

    Aku makan di sini pas ditraktir thok, hahahaaa

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool