Umbul Sidomukti Semarang

Satu Hari Jelajah Kabupaten Semarang (INFO WISATA)

Satu hari jelajah kabupaten Semarang, siapa yang mauuuu?

Ini sudah jadi agenda traveling saya beberapa waktu lalu cuma belum kesampaian. Belum pas aja waktunya. Makanya sekarang persiapan dulu nih bikin itinerary nya supaya pas ada kesempatan langsung cuss berangkat.

Kabupaten Semarang merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang ibu kotanya Kota Ungaran. Jadi Kabupaten Semarang dan Kota Semarang ini beda ya…

Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Semarang di utara; Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan di timur; Kabupaten Boyolali di timur dan selatan; serta Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Kendal di barat.

Di kabupaten Semarang banyak tempat yang menarik dikunjungi. Karena letaknya masih satu kabupaten jadi jaraknya lumayan dekat antara satu dan yang lain, bisalah satu hari jelajah kabupaten Semarang mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada.

Kalau kamu benar-benar ingin satu hari jelajah kabupaten Semarang secara efektif, lebih baik berangkat pagi-pagi. Usahakan pukul 08.00 pagi sudah sampai di objek wisata pertama yang ingin dikunjungi di Kabupaten Semarang.

Air Terjun Semirang

Pukul 08.00 kita harus sudah sampai ke air terjun Semirang yang lokasinya berada di desa Gogik Ungaran. Objek wisata ini berjarak sekitar 23 km dari Simpang Lima Semarang. Waktu temppuh jika jalanan lancar sekitar 39 menit.

Di sini kita akan mendapati air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter, juga beraneka ragam tanaman dan pepohonan yang mungkin jarang kita temui sehari-hari. Yang menarik di sini juga ada satwa langka sejenis Bajing berekor panjang yang harus dijaga kelestariannya.

kabupaten Semarang

Tiket masuk ke objek wisata ini cukup murah. Menurut info yang saya dapatkan hanya Rp.5000,-

Jika kamu dari Semarang mau ke air terjun Semirang ini, kamu bisa melalui jalan ke arah barat yang ada di depan Hotel Ungaran Cantik yang terletak di jalur jalan Semarang-Solo. Setelah menemui bangunan Kampus Stikes Ngudi Waluyo, naik ke arah kanan untuk menuju Gunung Ungaran.

Setelah melewati persawahan, maka akan menemukan jalur jalan terjal dan mendaki yang menandakan sudah sampai di kawasan lereng Gunung Ungaran. Nah nanti kalau sudah sampai di dusun Guntingan bisa memarkir kendaraan dan jalan kaki menuju air terjun.

Cimory

Satu setengah jam kira-kira cukuplah ya kita menikmati pemandangan indah yang ada di Air Terjun Semirang. Setelah itu kita ke Cimory on The Valley yang ada di Jl. Raya Soekarno-Hatta KM.30 Bergas, Jatijajar. Waktu tempuhnya tempuhnya sekitar 16 menit saja dari Air Terjun Semirang.

Tau Cimory kan? Itu loh semacam minuman yoghurt.

DI sini bukan hanya toko jualan produk Cimory. Di Cimory Bawen ini ada pabrik, peternakan, dan perkebunan. Seringkali ada kunjungan wisata edukasi anak-anak sekolah ke sini juga lho. Selain itu ada juga resto dan tempat berbelanja oleh-oleh.

kabupaten Semarang

Masuk ke sini sebenarnya gratis. Kita hanya dikenakan tiket masuk jika ingin melihat lebih dekat peternakan dan perkebunan yang ada di Cimory. Tapi ngga mahal kok. Terakhir saya ke sana sih, bayarnya hanya Rp.10.000,- dan mendapat free produk susu.

Bawa anak-anak ke sini pasti seneng banget deh karena di sini ada juga arena bermainnya.

Hortimart Agro Center

Pukul 11.00 saatnya meninggalkan Cimory dan menuju Hortimart Agro Center. Waktu tempuhnya sekitar 10 menit dari Cimory. Di sini kita bisa berkeliling ke kebun buah dan sayuran. Perkebunan di sini beda sama Cimory. Lebih luas tentunya.

Hortimart Agro Center berdiri di atas tanah seluas 25 hektar. Kebunnya sendiri dibagi beberapa area. Ada area kebun jeruk, kebun lengkeng, kebun durian dan lainnya. Duriannya sendiri ada 100 varietas lho.

Waduh-waduh luas banget bisa pegel kaki berjalan keliling perkebunan. Tenang… ada mobil yang bisa mengantar kita berkeliling kok. Teman yang pernah mengunjugi hortimart mengatakan kalo biaya berkeliling perkebunan permobil hanya Rp.50.000. Satu mobil bisa muat sampai 10 orang.

Jelajah Kabupaten Semarang

 

Karena sudah mendekati jam makan siang, sekalian saja kita santap di Green Resto. Green Resto adalah restoran vegetarian dengan menu antara lain nasi pecel dan gudangan, salad dan rujak buah, bubur ubi, dan berbagai jenis jus buah. Sistemnya all you can eat dengan membayar Rp.30.000 saja per orang. Tapi, Green Resto hanya buka pada Sabtu-Minggu serta hari besar yaaa.

Selain Green Resto ada juga resto biasa yang menjual menu lebih bervariasi ngga cuma menu vegetarian.

Sebelum pulang jangan lupa berbelanja buah dan sayur yang ada di Agro Mart Minimarket Hortimart. Kalau kamu mau tanya-tanya dulu sebelum datang mengunjungi, bisa menghubungi Hortimart melalui telepon  0298-592344.

Museum Palagan Ambarawa

Sudah kenyang dan puas berbelanja, Pukul 12.30 yuk capcus ke Monumen Palagan Ambarawa, yang ada di Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang, Ambarawa. Waktu yang dibutuhkan menuju ke sana hanya sekitar 15 menit.

Dalam museum Palagan terdapat Monumen Palagan yang merupakan simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa pada tanggal 12 Desember-15 Desember 1945. Selain monumen Palagan, terdapat juga museum Isdiman yang berisi berbagai peninggalan bersejarah seperti seragam yang pernah dikenakan tentara Indonesia dan senjata yang pernah digunakan untuk berperang.

kabupaten Semarang

Di luar ruangan kita dapat menyaksikan sebuah kereta api kuno dengan lokomotif buatan Jerman pada tahun 1902. Ada juga truk kuno merek dodge buatan USA pada tahun 1941, mobil tank, dan beberapa meriam. Tiket masuknya hanya Rp.5000,- saja, murah kan.

Museum Kereta Api

Museum kereta api ambarawa lokasiya sangat dekat dengan museum Palagan, waktu tempuh hanya sekitar 5 menit dengan kendaraan bermotor. Di museum kereta api kita bisa melihat koleksi kereta api dan berbagai barang antik seperti telepon jaman dulu, telegraf morse, dan bel antik. Dulu, stasiun ini dikenal sebagai Stasiun Willem I. Tahun 1976 ditutup dan diubah menjadi museum kereta api, dengan mengumpulkan lokomotif yang pernah andil dalam pertempuran khususnya mengangkut tentara Indonesia.

Meski sudah tidak difungsikan sebagai stasiun, museum ini melayani perjalanan dengan kereta wisata dengan rute PP  Ambarawa-Bedono untuk lomotif uap dan Ambarawa-Tuntang untuk lokomotif diesel. Kereta api disewakan dengan tarif mulai Rp 7.500.000 pergerbong berkapasitas 40 orang.

kabupaten Semarang

Mihil yah. Gimana kalo rombongan ngga nyampe 40 orang? Tenang, kita masih bisa kok menikmati kereta wisata tanpa harus menyewa satu gerbong kereta. Museum menjual tiket kereta wisata satuan dengan harga Rp 50.000 perkarcis. Tapi ini khusus hari Minggu atau hari libur nasional ya. Kereta wisata diberangkatkan dua kali sehari yaitu pada pukul 11.00 dan pukul 14.00. Datangkah lebih awal, karena tiket kereta wisata sangat diminati pengunjung. Waktu saya ke sana, sebelum pukul 12 saja tiket kereta api sudah habis terjual.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murahnya tiket Garuda online dan hotel di Semarang. Wah, ternyata bisa buat paspor online juga!

Jadi saran saya sih kalo kamu pengen naik kereta wisata, kunjungan ke Hortimart diskip aja, dari Cimory langsung menuju ke sini. Ke museum Palagan, nanti setelah dari sini. Kalo hanya ingin melihat-lihat koleksi kereta dan barang antik, museum ini buka sampai pukul 4 sore, dengan tiket masuk Rp.10.000,-

Bila butuh informasi lebih lanjut bisa coba menghubungi Bpk. Elly Sulistiyo di nomor telepon  024- 3545382 atau 0298-5 91035. Alamat email : sarpen4sm@gmail.com.

Umbul Sidomukti

Nah ini objek wisata yang terakhir. Jaraknya sekitar 12 km dari Museum Palagan. Jika kita mengunjungi semua objek wisata di atas, perkiraan saya, kita baru akan sampai Umbul Sidomukti pada pukul 4 sore. Tiket masuknya Rp.10.000,- sudah bisa free berenang di kolam renang Umbul Sidomukti.

Di sini juga ada taman pacu adrenalin seperti flying fox, marine bridge, higest triangle, dan ATV. Untuk wahana adrenalin masih harus membeli tiket lagi ya. Seperti flying fox bayarnya Rp.16.000,- perorang. Kita juga bisa berkeliling dengan naik kuda. Harga sewa kuda menurut info yang saya dapat Rp.50.000/30 menit.

Tapi bukanya hanya sampai pukul 16.30 jika weekday, dan 17.00 saat week end. Jadi sesuaikan saja ya, kalau pengen lama menikmati wahana di sini salah satu kunjungan sebelumnya bisa dihilangkan.

kabupaten Semarang

Jika lapar ada resto yang buka sampai pukul 9 malam. Setelah itu kita bisa menikmati pemandangan indah kota semarang dan ungaran dari ketinggian 1200 dpl di Pondok Kopi yang buka sampai tengah malam.

Jika sampai sini udah lelah jelajah kabupaten Semarang, malas untuk langsung pulang, bisa nginap, ada penginapannya juga kok atau bisa camping juga. Untuk info lebih lengkap bisa hubungi nomor telepon 089203126162 atau 0298 713700910 pada jam kerja.

Gimana ezytravelers, siap untuk satu hari jelajah Kabupaten Semarang?

 

Vote Us
(Visited 119 times, 1 visits today)


About

Ibu dua anak, blogger, penulis komik Mak Irits dan #DiaryMamaMie


'Satu Hari Jelajah Kabupaten Semarang (INFO WISATA)' have 1 comment

  1. May 16, 2017 @ 9:55 am sulis

    Oh..ada air terjun di deket cimory tho mb. Malah baru. Kayaknya alami banget yaa…
    Ke hortimart juga blm…
    Ah, bnyak yang blm di coba.. Baru ke bandungan ma cimory doang☺

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool