kuliner semarang

Saung Dapoer Kampoeng, Suasana Sunda di Tengah Kota Semarang

Kalau mendengar kata Sunda angan saya langsung membayangkan saung (gubug kecil) di atas kolam ikan atau pondok (gazebo) di taman dengan gemericik air dan sayup-sayup musik degung gamelan Sunda dengan suara sulingnya yang khas. Lalu tersaji di meja rendah di atas tikar, aneka hidangan olahan ikan lengkap dengan sambal dan lalapannya. Suasana seperti itu sekarang bisa kita temukan di tengah Kota Semarang, tepatnya di “Saung Dapoer Kampoeng” yang berlokasi di Jl. Imam Bonjol 177 Semarang.

Uniknya, meskipun berada di pinggir jalan raya yang ramai dengan kendaraan karena merupakan jalur utama ke stasiun kereta api, begitu kita duduk di salah satu saung, hiruk pikuk suara kendaraan seperti teredam. Mungkin disebabkan adanya pohon-pohon bambu di sepanjang tepi saung dan taman asri dengan kolam dan air mancur yang berfungsi sebagai peredam suara. Suasana semakin terasa bernuansa saung Sunda karena selalu diperdengarkan musik tradisional Sunda.

Tempat Makan di Semarang

Menu yang tersedia di Saung Dapoer Kampoeng adalah aneka masakan Sunda seperti gurami terbang, nila bakar bumbu cobek, cumi bakar isi, sate maranggi, pepes jamur, sup tahu udang pedas, yang merupakan menu unggulan Dapoer Kampoeng. Aneka menu tersebut dihidangkan dengan nasi putih biasa, nasi timbel, atau nasi uduk (liwet, Jw). Tentu yang tidak bisa dilewatkan sebagai pengiring hidangan khas Sunda, adalah sambal terasi dan lalapan aneka sayur. Untuk minuman yang perlu dicoba adalah es kacang merah dan es degan gula Jawa.

Kuliner Semarang

TIKET BALIKPAPAN KE SEMARANG

Selain lokasinya strategis dan area parkir luas Saung Dapoer Kampoeng memiliki area luar ruang maupun dalam ruang yang cocok untuk digunakan meeting, gathering atau event keluarga. Terlebih lagi fasilitas-fasilitas tersebut dilengkapi area bebas dari perokok dan WiFi berkecepatan tinggi yang bisa dimanfaatkan pengunjung secara gratis. Untuk event gathering, Saung Dapoer Kampoeng menyediakan pilihan paket Rp 550.000 untuk 10 orang atau paket Rp 1.100.000 untuk 20 orang, juga paket Rp 2.100.000- untuk 30 orang dengan menu-menu andalan dan porsi yang mantap. Juga tersedia paket rehat kopi dengan harga Rp 20-30 ribu per pack yang terdiri atas kopi/teh dan aneka snack pilihan.

Tempat Makan di Semarang

Manakala anda rindu suasana pedesaan bernuansa Sunda yang tenang, serasa lepas dari hingar bingar lalulintas kota, mampirlah ke Saung Dapoer Kampoeng Semarang.

Saung Dapoer Kampoeng, Suasana Sunda di Tengah Kota Semarang
3 (60%) 2 votes
(Visited 5,254 times, 1 visits today)



'Saung Dapoer Kampoeng, Suasana Sunda di Tengah Kota Semarang' have 8 comments

  1. April 4, 2015 @ 12:21 pm Sriyono Suke

    Mesti gambarnya gif pak DP ini 😀

    Reply

    • April 4, 2015 @ 1:23 pm Dwi Pramono

      Iya, mas Sriyono.. dipaket gif-file, satu gambar bisa cerita banyak, kan? 🙂

      Reply

  2. April 6, 2015 @ 8:01 am Hidayah Sulistyowati

    Tempat makan yang bisa buat narsis cantik nih pak, hihiii

    Reply

    • April 6, 2015 @ 8:11 am Dwi Pramono

      @mbak Wati, “…betul… betul” #upin_ipin 🙂

      Reply

  3. April 6, 2015 @ 9:31 am Soviana

    Suasananya enak.. Kapan2 perlu dicoba nih 😀

    Reply

    • April 6, 2015 @ 9:35 am Dwi Pramono

      Banyak komunitas bikin event di sini kok, Sovie.. Siapa tahu dapat undangan dalam waktu dekat 🙂 #SabarMenanti

      Reply

  4. April 9, 2015 @ 4:51 pm munif

    beberapa kali ke sini tapi belum coba menunya, hahaha… 🙂

    Reply

  5. November 16, 2015 @ 12:21 am aink amy

    kabeneran pisan…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool