Sop Buntut

Segarkan Suasana Semarang dengan Sop Buntut Pak To

Segarkan Suasana Semarang dengan Sop Buntut Pak To
3.75 (75%) 4 votes

Cuaca hangat Kota Semarang membuat menu berkuah segar terasa lebih nikmat untuk disantap. Tidak heran jika aneka menu makanan berkuah banyak ditawarkan di kota ini. Yang khas tentunya Soto Semarang dengan kuah beningnya yang segar. Jika Anda sedang liburan di Semarang dan sudah mencoba Soto Semarang, sop buntut bisa jadi pilihan.

Sop Buntut

Warung Sop Buntut Pak To Semarang

Tidak sulit mencari menu sop buntut nikmat di Semarang, karena banyak yang menawarkannya, mulai dari resto mewah maupun di warung sederhana. Salah satu tempat yang cukup legendaris dan banyak menjadi favorit untuk menikmati sop buntut adalah di warung Sop Buntut Pak To di Jalan Sultan Agung No. 1 Semarang.

Ketika mengunjungi warung sop buntut yang cukup nyaman untuk bersantap ini, saya mencoba mencari tahu perjalanan warung ini. Syarifudin, karyawan dan juga menantu Pak To yang berada di warung menceritakan, warung tempatnya bekerja tersebut telah lama berdiri, yaitu pada tahun 1980-an. Awalnya berupa warung tenda di daerah Siranda Semarang.

Dari sebuah warung sederhana, kenikmatan sop buntut yang ditawarkan Pak To semakin dikenal dan digemari masyarakat. Pada tahun 1992, warung “Ayam Goreng & Sop Buntut Pak To” mulai menempati bangunan permanen yang cukup luas hingga saat ini di Jalan Sultan Agung. Bahkan, karena sering banyaknya antrean dan permintaan pelanggan, warung ini juga membuka cabang di Jalan Kusumawardhani Raya Semarang.

Sop Buntut

Sop Buntut Pak To

Menurut Syarifudin, tidak ada sesuatu yang khas dari menu yang ditawarkan di warungnya. Namun rasa nikmat dan kemampuan menjaga cita rasa menu masakan, membuat pelanggan terus bertambah. Rasa nikmat sop buntut selain dari campuran bumbunya juga karena menu yang disajikan selalu baru. Proses memasak dagingnya juga cukup lama dan bertahap, sehingga daging benar-benar empuk dan meresap bumbunya.

Lebih lanjut Syarifudin menceritakan, proses memasak sop buntut pada tahap awal semua bahan dimasak agar benar-benar bersih. Kemudian dimasak lagi agar benar-benar matang. Tahap terakhir sop buntut dimasak hingga siap untuk disajikan. Begitu terhidang, semerbak rasa harum sop buntut membuat pemesan tak sabar untuk segera menikmatinya.

Untuk menyantap seporsi sop buntut kuah di Pak To harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan di tempat lain, yaitu sekitar Rp 30-40 ribu. Untuk menikmatinya, Anda bisa datang ke warung ini dari pukul 09.00-22.00 setiap harinya.

Selain sop buntut, menu unggulan di “Ayam Goreng & Sop Buntut Pak To” tentunya adalah ayam goreng. Menu lain yang juga bisa Anda coba di tempat ini adalah Iga Bakar, Sop Cakar Ayam, Sop Kaki Sapi, Bakso Kuah, Empal Goreng, dan lainnya.

Jadi jika Anda penggemar sop buntut dan sedang wisata di Semarang, Sop Buntut Pak To bisa menjadi salah satu tujuan wisata kuliner.

(Visited 4,195 times, 1 visits today)


About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'Segarkan Suasana Semarang dengan Sop Buntut Pak To' have 3 comments

  1. May 26, 2015 @ 11:02 am Sriyono Suke

    Enak sih, tapi lumayan mahal di kantong, etapi memang sop buntut segitu yaaa …

    Reply

    • May 27, 2015 @ 4:46 pm Dwi Pramono

      Mahalnya relatif lah, kalau dibandingan sop buntut hotel. Karena dekat rumah dan sudah langganan sejak belasan tahun, biasanya kami pesan sup buntut atau sup cakar ditambah sup sayur saja (kuahnya mesti ditambah banyak) 😀

      Reply

  2. May 27, 2015 @ 9:14 pm Hidayah Sulistyowati

    Baru ngincipi sop buntut, enak dan seger. Lain waktu nyoba iga bakar ah 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool