Pecel Keong Semarang

Sensasi Kuliner Pecel Keong Lezat di Banyubiru Kabupaten Semarang

Sensasi Kuliner Pecel Keong Lezat di Banyubiru Kabupaten Semarang
5 (100%) 1 vote

Ingat film legendaris Pretty Woman yang dibintangi Julia Roberts dan Richard Gere?

Ada adegan milyuner yang tajir melintir, Edward Lewis (Richard Gere) mengajak Vivian Ward (Julia Roberts) makan masakan escargot alias bekicot/keong di restoran Perancis mewah Voltaire. Vivian bingung cara makannya dan ketika ia berusaha membuka cangkang dengan jepitan, si bekicot malah loncat! hihi, Sebenarnya, menu bekicot atau keong nggak asing lagi lho di Indonesia. Harganya juga nggak sefantastis escargot, hihi.

Sebenarnya sih ini cerita Lebaran tahun kemarin, saat mudik ke Boyolali. Keluar dari jalan tol Bawen seharusnya belok kiri kalau ingin melanjutkan perjalanan menuju Boyolali. Tapi karena terlihat dari jalan tol kalau Jalan Bawen macet parah, suami mengambil arah kanan. Rencananya suami memilih jalur alternatif Ambarawa – Salatiga, yang lewat Banyubiru.

Saya sih senang saja, apalagi jalan alternatif ini lumayan sepi pagi itu. Dan karena masih agak pagi berangkat dari Semarang, sementara acara silaturahmi di Boyolali dimulai setelah Zuhur, kami bisa santai menikmati perjalanan.

Menjelang Pemandian Muncul, suami menepikan mobil.
“Gimana kalau mampir beli Pecel Keong dulu?”
“Asyik, yuk mampir kalau begitu. Eh, tapi kita beli pecelnya dibungkus saja, kan? Perut sudah kenyang nih,”

Suami setuju saja mendengar usul saya. Akhirnya saya pun memesan 4 bungkus Pecel Keong tanpa nasi dengan sambal kacang dibungkus terpisah. Rencananya saat mampir di rumah adik ipar di Salatiga, kami baru akan menikmati Pecel Keong tersebut.

Nah, setahun kemudian, menjelang puasa tahun ini kami sempat mampir menikmati Pecel Keong lagi. Kali ini kami makan di rumah makan yang sederhana namun ngangeni. Siang yang terik pasti asyik deh kalo pesan Satu porsi Pecel Keong dengan Es Jeruk yang segar.

Pecel Keong Semarang

Saya dan suami memesan masing-masing satu porsi Pecel Keong. Pendamping makan pecel pun komplet. Ada segala jenis ikan air tawar, pengunjung bisa memilih Ikan Nila, Mujair, Lele, dan beberapa jenis gorengan seperti Mendoan, Rempeyek dan yang lainnya.

Pecel Keong Semarang

Di rumah makan ini juga terkenal beberapa jenis keripik. Mulai dari keripik Belut yang renyah, keripik Ikan Wader, keripik Udang, dan Keripik Cetul. Penasaran dengan rasa keripik ini? Datang aja ke Rumah Makan Mbak Toen yang terletak di pinggir jalan Raya Salatiga – Banyubiru Km.5, Muncul, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Pecel Keong Semarang

Satu porsi Pecel Keong dapat dinikmati dengan harga Rp10.000. Kalo teman-teman tidak suka Keong, bisa kok menunya diganti. Karena ada menu Pecel Belut yang tak kalah lezatnya. Harganya cukup murah juga, hanya Rp15.000. Pecel Keong ini banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki kandungan gizi yang banyak manfaatnya.

Jadi, bila teman-teman terbang ke Semarang, jangan lewatkan kuliner khas Kabupaten Semarang yang sangat terkenal ini. Siap-siap aja berangkat lebih pagi ke kawasan wisata di daerah Banyubiru ini. Agar bisa menikmati beragam pilihan makanan khas di Rumah Makan Mbak Toen. Selain makanan yang sudah saya sebutkan tadi, masih ada satu jenis kudapan yaitu Kolak Ketan. Isinya kolak santan dengan pisang dan kolang kaling. Yang membedakan adalah ada tambahan isi ketan kukus. Sayang banget saya tidak memesannya kali ini karena perut sudah penuh usai melahap Pecel Keong.

Kawasan wisata Banyubiru memiliki beberapa obyek wisata yang cukup berdekatan. Dari pemancingan dan kolam renang MUNCUL, Kampung Rawa Pening yang ngehits, hingga Bukit Cinta, dan Goa Rong. Bila teman-teman ingin menikmati semua tempat wisata ini, disarankan untuk menginap di hotel murah di Semarang. Sehingga bisa mengeksplorasi pesona alam wisata di kawasan ini.

(Visited 381 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Sensasi Kuliner Pecel Keong Lezat di Banyubiru Kabupaten Semarang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool