wisata umbul sidomukti

Sensasi Wisata Alam di Umbul Sidomukti

Sensasi Wisata Alam di Umbul Sidomukti
5 (100%) 1 vote

Ezytravelers, sedang bosan dengan rutinitas harian yang melelahkan? Sudah nggak bisa fokus pada pekerjaan karena mood hilang? Mungkin kalian butuh piknik. Coba deh, kalian pergi sejenak menikmati sensasi wisata alam di Umbul Sidomukti. Melihat alam bebas, pemandangan yang indah dan udara sejuk.

Seperti saya dan keluarga beberapa waktu lalu. Sudah lama kami sekeluarga tidak pergi piknik karena kesibukan suami saya di kantornya. Akibatnya anak-anak protes karena Bundanya uring-uringan melulu (jadi ini yang butuh piknik siapa, ya. LOL). Akhirnya diputuskan juga kalau kami akan pergi piknik. Setelah berembug dengan anak-anak, akhirnya kami memutuskan untuk berwisata alam ke Umbul Sidomukti saja. Alasannya karena di Umbul Sidomukti merupakan wisata alam pegunungan dan lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Semarang. Kalau memilih lokasi wisata yang jauh, takutnya anak-anak keburu capek di jalan.

Lokasi wisata Umbul Sidomukti terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang  dan berada di ketinggian 1200 mdpl. Umbul Sidomukti  merupakan perbukitan yang berada diantara Gunung Ungaran, Gunung Andong, Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo. Pantas aja, meskipun hari sudah beranjak siang udara di sana masih terasa begitu sejuk.

Kami sengaja berangkat pagi-pagi dan sarapan di jalan karena menghindari macet. Tahu sendiri kan, jalan utama Semarang Bawen dan sekitarnya pasti macet di jam-jam tertentu. Perjalanan dari Semarang ke Umbul Sidomukti bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam jika perjalanan lancar. Kami berangkat pukul 8 pagi dari Semarang, kami tiba di Umbul Sidomukti sekitar pukul 09.30.

wisata umbul sidomukti

Untuk masuk ke lokasi, kami harus membayar Rp 10.000,- per orang. Di depan gerbang banyak penduduk sekitar yang menyewakan kuda. Bagi kalian yang nggak mau capek, bisa naik kuda dengan membayar Rp 25.000,- saja. Kalian akan diajak berkeliling satu kali putaran kawasan Umbul Sidomukti dan masuk ke dalam lokasi. Kalau saya sih, cukup jalan kaki saja. Hitung-hitung olahraga (padahal biar irit, haha)

Kawasan wisata Umbul Sidomukti kini jadi salah satu objek wisata unggulan, loh. Umbul Sidomukti memiliki fasilitas untuk Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room. Lengkap, kan. Jadi selain akan menikmati pemandangan alam yang indah, kalian juga memilih beberapa wahana permainan yang ada di sana. Kalian bisa merasakan sensasi flying fox melintasi jurang sepanjang 110 m, seperti anak-anak saya kemarin. Saking senangnya, mereka bahkan dua kali mencicipi sensasi  terbang diatas lembah menggunakan seutas tali tersebut. Ya sudahlah, yang penting mereka senang. Kalian juga bisa mencoba marine bridge atau rappeling diatas ketinggian 70m dari lembah. Menaiki ATV di pinggir bukit juga asik, hanya saja kalian harus berhati-hati mengendarainya ya.

wisata umbul sidomukti

Oh ya Ezytravelers, selain wahana permainan, kalian juga harus mencoba sensasi berenang di atas awan. Loh, berenang di atas awan? Emang ada? Salah satu daya tarik wisata Umbul Sidomukti adalah adanya kolam renang yang berada di atas bukit. Berenang atau mandi di kolam ini seperti berenang di atas awan karena kalian bisa berenang sambil melihat pemandangan kota di kejauhan. Kolam yang dinding kolamnya terbuat dari batu-batu alam ini memiliki mata air alami yang nggak akan pernah kering sepanjang tahun, bahkan di musim kemarau sekalipun. Bahkan konon kabarnya, jika kita mandi di dalam kolamnya, kita bisa awet muda. Sayangnya kemarin saya nggak mandi karena nggak tahan dengan dinginnya air kolam. Coba saya mandi, kali saja saya bisa awet muda kan.

wisata umbul sidomukti

Di dekat kolam, ada beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Kalau kalian lapar, bisa juga memesan makanan dan minuman di restoran yang ada di dekat kolam. Jadi kalo kalian lapar sehabis renang, nggak perlu kuatir lagi cari-cari makanan keluar.

wisata umbul sidomukti

Meski akses jalan menuju ke Umbul Sidomukti hanya bisa dilalui oleh kendaraan kecil, tetapi antusiasme pengunjung tak surut. Bahkan di jalan tertentu, kendaraan yang akan lewat harus bergantian dengan kendaraan lain.  Apalagi sekarang juga makin banyak berdiri kafe-kafe dan villa di kawasan Umbul Sidomukti. Jadi, kalian yang ingin menikmati liburan lebih lama di seputar Umbul Sidomukti bisa menginap di villa-villa yang disewakan di sana.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: pesan hotel murah, wisata di Semarang, dan tiket pesawat murah

Menjelang makan siang, suami mengajak kami ke Pondok Kopi. Lokasinya tidak begitu jauh dari Umbul Sidomukti. Hanya saja jalan yang harus dilalui naik cukup tajam. Sebenarnya Pondok Kopi adalah sebuah kafe. Yang menjadi istimewa adalah tempatnya yang instagramable. Sensasi lainnya adalah, dari Pondok Kopi ini kita bisa memandang keindahan alam dari atas bukit.

wisata umbul sidomukti

Pemandangan akan lebih indah lagi di malam hari karena kita akan melihat lampu-lampu yang berkelap-kelip di kejauhan. Indah banget. Sepulang dari piknik di kawasan wisata Umbul Sidomukti, kalian pasti akan berjanji untuk kembali kesana lagi.

Ayo Ezytravelers, kalian harus mencoba sensasi wisata alam di Umbul Sidomukti!

(Visited 38 times, 1 visits today)


About

Blogger yang pengen jadi "traveller". Suka baca, musik dan kopi.


'Sensasi Wisata Alam di Umbul Sidomukti' have 1 comment

  1. April 6, 2017 @ 3:34 pm Travelingika

    Umbul Sidomukti emang ga ada matinya… bagus banget view alamnya keren.. sayang waktu kesana saya belum sempet outbound

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool