Soto Ayam di Semarang

Soto Ayam Amin Tawar yang Menggoda dan Menyegarkan

Soto Ayam Amin Tawar yang Menggoda dan Menyegarkan
5 (100%) 1 vote

Kuliner dari tiap-tiap kota biasanya menjadi salah satu alternative tujuan selain kita mengunjungi tempat-tempat bersejarah, tempat belanja, dan lain sebagainya. Di antaranya, Kota Semarang ini sangat kaya sekali akan ragam jenis soto, bahkan di tiap sudut kota pun bisa dipastikan ada yang berbagai macam jenis soto dan menganggap sotonya mempunyai kekhasan masing-masing.

Apa yang kalian bayangkan, ketika mendengar atau membaca tulisan soto tawar ? apakah soto tersebut mempunyai rasa yang tawar atau kah lainnya ?

Soto Ayam Semarang

Sebenarnya, ada penambahan kata-kata tawar ini bukan merupakan jenis sotonya, akan tetapi merupakan nama orang yang punya warung tersebut, pak Tawar. Sehingga cocok sekali, warung soto tersebut diberi nama Warung Soto Amin Tawar.

Pemberian nama Warung Soto Amin Tawar ini merupakan inisiatif dari pemilik warung itu sendiri, yang mempunyai nama asli Tawar, setelah naik haji dan mempunyai nama hijrah maka nama tersebut ditambahkan dengan Amin dan menjadi Pak Haji Amin Tawar.

Warung Soto Amin Tawar ini terletak di Jalan Veteran, lebih tepatnya di pertigaan dekat Rumah Sakit Karyadi yang memisahkan Jalan Veteran dengan Jalan Karyadi. Warung ini pun tidak terlalu besar, hanya memanfaatkan ruangan kecil di bangunan kecil tersebut. Meskipun kecil, warung ini pun sangat ramai diserbu oleh para perawat dan mahasiswa-mahasiswi yang masih praktek kerja di Rumah Sakit Karyadi, bahkan untuk orang umum sekalipun. Warung ini mulai beroperasional mulai jam 06.00, sampai jam 16.00, jadi sangat cocok untuk sarapan di pagi hari atau makan siang menjelang sore.

Soto Ayam Semarang

TIKET MALANG KE SEMARANG

Cita rasa yang dihadirkan dalam sajian soto ini sangatlah kental dengan bumbu-bumbunya, terutama untuk kuahnya yang sangat gurih dan menyegarkan. Salah satu racikan bumbunya adalah adanya rebi, yaitu semacam udang kering yang direbus bebarengan dengan bumbu-bumbu soto yang lain. Seterusnya ketika sajian kuah ini sudah matang, barulah dicampurkan dengan racikan sayuran dan ditaburi dengan bawang goreng.

Rasanya akan sangat kurang kalau soto tidak ada cemilan pendamping ketika menyantapnya, maka dari itu dihidangkanlah beberapa menu pendamping seperti tempe goreng yang sangat kriuk dan dibentuk dalam bentuk sate juga ada. Sate-satean yang biasanya disajikan di warung-warung soto seperti sate kerang, sate telur puyuh dan sate jeroan pun tersaji rapi di meja.

Untuk harganya sendiri, soto ini masih terbilang murah. Satu porsinya pun kita tidak perlu merogoh kocek yang sangat dalam, perporsi hanya Rp 6000an. Untuk jenis sate-sateannya dipukul harga rata sekitar Rp. 3000an. Cukup menggoda kan yaa ?

Seperti yang terlihat dari penyajiannya, dalam 1 mangkuk soto ada 2 mangkuk yang disajikan ke para penikmat soto, maksudnya adalah mangkuk besar ini menampung kuah yang berlebihan dari mangkuk kecil diatasnya. Ketika ditanya kenapa kok harus 2 mangkuk berlapis ? Penjelasan dari Bu Tawar pun sangat sederhana, mereka ini keturunan jawa yang selalu menghormati “priyayi” (mengorangkan orang terhormat*) orang semarang, jadi penyajian dengan mangkuk kecil dilapisi mangkuk besar, itu lebih ke menghormati orang-orang kota yang makannya sedikit.

(Visited 571 times, 1 visits today)


About

cowok tampan yang punya nickname @hyudee yang suka nulis dan kuliner serta hobi foto. salam manis, :)


'Soto Ayam Amin Tawar yang Menggoda dan Menyegarkan' have 4 comments

  1. March 26, 2015 @ 1:57 pm munif

    tiap hari lewat sini telihat rame, tapi belum sempat mampir… 🙂

    Reply

  2. March 26, 2015 @ 4:28 pm Inung Djuwari

    sering lewat tapi belum pernah mampir

    Reply

  3. March 26, 2015 @ 5:55 pm Hidayah Sulistyowati

    Penampakannya bikin lapar mata nih

    Reply

  4. March 26, 2015 @ 9:38 pm Dewi Rieka

    porsinya gedeeee

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool