Tahu Gimbal

Tahu Gimbal, Kuliner Khas Semarang Yang Harus Dicoba

Lelah dan lapar karena baru saja mengunjungi tempat wisata di Semarang, tak ada salahnya mencoba makanan khas Semarang yang satu ini. Atau bila sedang liburan di Semarang, makanan yang satu ini bisa dimasukkan ke dalam daftar wisata kuliner yang perlu untuk dicoba.

Makanan ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Semarang ataupun para pendatang maupun pelancong di kota Semarang. Tentu saja tak kalah tersohornya dengan soto, lunpia ataupun wingko. Makanan apa ya…? Benar sekali makanan ini biasa disebut Tahu Gimbal.

Gerobak Tahu Gimbal Semarang

Gerobak Tahu Gimbal, berisi bahan2 yang siap diolah

Tahu Gimbal adalah kuliner khas Semarang. Satu porsi Tahu Gimbal berisi lontong, tahu goreng iris, gimbal udang, irisan kol mentah, telur ceplok dan krupuk udang, kemudian disiram bumbu kacang yang telah dicampur dengan petis udang. Setelah itu masih diberi kecap, taburan bawang merah goreng dan daun seledri. Ada juga yang menambahi taoge rebus dalam penyajiannya. Saos kacang dibuat sedikit kasar sehingga rasa kacangnya masih terasa.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal tanpa Telur

Tahu Gimbal di Semarang

Tahu Gimbal Komplit

Gimbal identik dengan gembel, tetapi gimbal disini bukan rambut gimbal atau gembel kok 😀 Gimbal adalah udang yang digoreng dengan menggunakan tepung. Hampir mirip dengan bakwan, tetapi lebih tipis dan tentunya lebih lebar karena udangnya tidak hanya satu. Seperti rempeyek tetapi tidak setipis dan se-kriuk rempeyek. Gimbal udang tersebut yang menjadi ciri khas Tahu Gimbal ini dan yang membedakan dengan makanan yang hampir sejenis, seperti kupat tahu a la Magelang misalnya. Dalam kupat tahu tidak terdapat gimbal udang.

Gimbal Udang

Gimbal Udang

TIKET KENDARI KE SEMARANG

Kuliner Semarang yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai, karena disetiap jengkal tanah di Semarang banyak yang menjual Tahu Gimbal. Kalau bingung mau makan dimana? Mampir saja ke tempat makan yang satu ini. Walau dipinggir jalan tetapi tempat ini sering disinggahi dan saat jam makan siang selalu ramai. Sambil makan kita bisa menikmati semilir angin yang berhembus.

Tempat makan ini terletak di sekitar Taman KB. Dulu sebelum ada pembatas pagar, kita bisa menikmati makanan di rerumputan Taman KB atau di DPR alias dibawah pohon rindang. Setelah dibatasi pagar, kita hanya bisa duduk lesehan di pedestrian atau trotoar yang memang khusus disediakan untuk pedagang kaki lima. Jadi kalau sedang lelah habis jalan-jalan bisa duduk selonjoran sambil menunggu pesanan. Lelah sedikit terobati dan lapar bisa segera teratasi 😀

Tahu Gimbal Semarang

Pengunjung Saat Jam Makan Siang

Di sekitar taman KB ada beberapa pilihan tempat makan, salah satunya Tahu Gimbal Pak Edi. Satu porsi Tahu Gimbal yang tersaji dalam piring ini dihargai Rp. 12.000,00.  Selain menjual Tahu Gimbal juga tersedia es campur. Bila sedang musim durian, es campur ini ditambahi dengan durian, tetapi yang tidak suka durian bisa di skip kok alias minta tanpa durian. Kadang pas tidak musim durian pun, tersedia duriannya juga. Satu porsi es campur seharga Rp. 12.000,00 juga.

Tahu Gimbal, Kuliner Khas Semarang Yang Harus Dicoba
5 (100%) 1 vote
(Visited 6,302 times, 1 visits today)



'Tahu Gimbal, Kuliner Khas Semarang Yang Harus Dicoba' have 6 comments

  1. March 26, 2015 @ 10:10 am munif

    Tahu Gimbal Pak Edy yang legendaris yang di sisi Taman KB dekat SMK Pembangunan, harganya sedikit lebih mahal tapi rasa dan porsinya lebih mantap… 🙂

    Reply

    • March 26, 2015 @ 4:23 pm Inung Djuwari

      neng cedhak kantorku luwih murah regane….xixixi

      Reply

  2. March 26, 2015 @ 5:46 pm Hidayah Sulistyowati

    Ini sih jajanan favoritku jugak… iyo mbak, di dekat kantor juga ada yang murah dan enak, hihiii

    Reply

    • March 26, 2015 @ 10:58 pm Inung Djuwari

      Kesimpulan cari yg deket, enak dan murah ya mbak…..Xixixi

      Reply

  3. March 28, 2015 @ 9:59 am masakan khas semarang

    seperti layaknya ketoprak saja ya pakai bumbu kacang hemmm maknyos sekali cicip pasti ketagihan hiihihi

    Reply

    • April 1, 2015 @ 1:16 pm Inung Djuwari

      Benerrr….awal-awal di Semarang saya juga ngerasa aneh dengan makanan yang satu ini, lama-lama biasa dan hampir seminggu sekali makan Tahu Gimbal.

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool