mie ongklok tembalang

Tembalang, Tempatnya Aneka Kuliner Nusantara di Semarang

Tembalang, Tempatnya Aneka Kuliner Nusantara di Semarang
2.4 (48%) 5 votes

Saat berkunjung ke Kota Semarang, salah satu wisata yang tidak boleh dilewatkan adalah wisata kulinernya. Selain keragaman budaya dan wisata, Kota Semarang juga terkenal akan keragaman kulinernya.

Ada satu hal menarik di daerah Semarang atas, atau tepatnya di Tembalang. Derah Tembalang merupakan salah satu tempat yang cukup pesat kemajuannya, karena terdapat beberapa kampus besar seperti Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Semarang, Politeknik Negeri Semarang, dan lain-lain.

Hal ini membuat daerah Tembalang dipenuhi pelajar dari berbagai daerah di Indonesia.Tidak heran aneka macam kuliner ada di Tembalang, jika kita menyusuri satu persatu kita bisa menemukan menu makanan dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh, Sunda, Jawa Timur, hingga Maluku. Nah kali ini saya mau ajak mengenal kuliner nusantara apa saja yang ada di Tembalang.

1. Sate Padang

Sate Padang
Dari namanya sudah jelas makanan ini khas dari Kota Padang, Sumatera. Yang membedakan sate padang dan sate lainnya di Jawa adalah sambalnya. Sambal yang menjadi teman makan sate ini berwarna sedikit kemerahan dan sangat terasa campuran rempahnya, seperti makanan Melayu pada umumnya. Daging yang digunakan biasanya daging sapi, lidah sapi, atau jeroan. Sate Padang bisa ditemukan di Jalan banjarsari, Tembalang.

2. Soto Betawi

Soto Betawi
Soto Khas dari Betawi ini bisa ditemukan di Jalan Ngesrep Timur, Tembalang. Jika kita biasa makan soto dengan lauk ayam yang disuwir, maka berbeda dengan Soto Betawi. Lauk yang disajikan adalah potongan daging sapi dan jeroan. Satu porsinya bisa kita nikmati dengan harga Rp 12.000

3. Mie Ongklok Dieng

Mie Ongklok Dieng
Dieng merupakan salah satu wilayah dataran tinggi yang masuk di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dieng terkenal dengan tempat wisata dan udaranya yang dingin. Selain itu, Dieng juga memiliki kuliner andalan yaitu Mie Ongklok. Mie Ongklok ini sejenis Mie Ayam, namun dengan kuah dari Minyak Kanji dan dengan taburan sambal kacang. Lebih nikmat lagi ditambah lauk sate ayam. Di Tembalang, Mie Ongklok bisa ditemukan di Jalan Sirajudin

4. Mie Aceh

Mie Aceh
Di Tembalang ada 2 warung mie aceh yang terkenal, yaitu di seberang kantor pos Jalan Banjarsari dan di dekat Jembatan Tol. Mie Aceh terkenal dengan rempahnya yang kuat dan bumbunya yang pedas. Selain Mie, ada juga jenis makanan melayu lainnya seperti roti canai dan kopi terbalik.

5. Warung Sunda Rere

Warung Sunda Rere
Sering kita jumpai siomay atau batagor khas Bandung, namun warung yang satu ini berbeda. Selain siomay dan batagor, Warung Rere juga menjual aneka makanan khas Sunda seperti karedok, otak-otak, dan asinan buah. Warung Rere ini berlokasi di Jalan Ngesrep Timur.

6. Pecel Madiun

Pecel Madiun
Pecel adalah salah satu makanan khas dari Indonesia, khususnya berasal dari Jawa. Di Jawa sendiri setiap kota memiliki Pecel Khasnya masing-masing, seperti Pecel Magetan, Pecel Madiun, Pecel khas Blitar. DI Tembalang ada satu warung Pecel khas Madiun. Yang membedakan dengan pecel yang lain adalah, pecel madiun menggunakan nasi dan lauk rempeyek kacang. Pecel Madiun ada di Jalan Adipati Unus di seberang kampus Polines Tembalang.

7. Mie Surabaya Cak Dul

Mie Surabaya Cak Dul
Bakmie Surabaya Cak Dul ada di Jalan Ngesrep Timur, Tembalang. Porsinya memang sedikit lebih banyak. Rasanya tidak terlalu manis seperti Mie Jawa pada umunya.

8. Es Pisang Ijo Makassar

Es Pisang Ijo Makassar

Es Pisang Ijo Makassar
Untuk makanan satu ini mungkin sangat mudah ditemukan di pinggir jalan. Namun ada satu yang berkonsep cafe di tembalang, yaitu Chaos Cafe yang menawarkan konsep nongkrong sambil makan makanan khas Makassar. Chaos cafe menyediakan menu es pisang ijo dengan berbagai topping seperti coklat, straberry, atau keju.

(Visited 21,858 times, 21 visits today)


About

blogger, social media strategist, dan fanboy DC.


'Tembalang, Tempatnya Aneka Kuliner Nusantara di Semarang' have 1 comment

  1. October 19, 2015 @ 8:32 am Mirza

    Rental Motor Tembalang
    Unit Baru
    Sewa hanya 60 ribu saja
    Hub Mirza
    Hp 08122745493 simpati
    0819 01828052 xl
    0888 02594796 fren
    Pemesanan H-1 lebih baik

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool