Pasar Klewer

Tempat Seru untuk Wisata Belanja di Solo (1)

Tempat Seru untuk Wisata Belanja di Solo (1)
5 (100%) 2 votes

Setelah dua tulisan sebelumnya saya menulis tentang wisata kuliner di Solo, kali ini saya menulis tentang wisata belanja di kota yang dikenal dengan sebutan “Spirit of Java” ini. Tidak kalah seru dengan wisata kuliner, wisata belanja di Solo juga banyak tempat yang seru untuk dikunjungi, dengan harga barang yang lebih terjangkau. Jika anda mencari berbagai kerajinan dan belum menemukannya saat Wisata ke Semarang, Anda bisa melanjutkan untuk berburu di Kota Solo atau pun sebaliknya. Lokasi kedua kota yang hanya 2-3 jam perjalanan, memungkinan hal tersebut.

Berikut beberapa tempat wisata belanja di Solo yang bisa Anda kunjungi saat berwisata.

Pasar Klewer

Nama Pasar Klewer sudah begitu lekat dengan citra sebagai tempat belanja batik dengan harga terjangkau. Sebagai pasar batik terbesar di Solo, bahkan di Indonesia, Pasar Klewer tentu merupakan salah satu tujuan utama jika kita berkunjung ke kota ini. Terutama bagi kita yang suka wisata belanja. Di sini kita bisa mendapatkan batik cap kain katun dengan harga belasan ribu, dan bisa juga berburu batik tulis sutra yang harganya ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Pasar Klewer

Letak Pasar Klewer berada di dekat kompleks Keraton Surakarta. Menurut cerita, lokasi yang kini jadi Pasar Klewer dahulu merupakan tempat pemberhentian kereta. Keramaian di tempat pemberhentian itu kemudian dimanfaatkan sebagai tempat untuk menjual berbagai produk. Seiring berjalannya waktu tempat tersebut kemudian menjadi pusat busana batik dengan nama Pasar Klewer.

WISATA RELIGI 3 MASJID TERTUA DI SEMARANG
Read Artikel

Bangunan Pasar Klewer mulai dibuat permanen pada tahun 1970an. Dengan bangunan yang besar dan memiliki dua lantai, tidak heran jika ribuan kios ada di pasar ini. Kini setiap hari Pasar Klewer tidak pernah sepi pengunjung yang ingin mencari batik, baik eceran maupun grosir.

Memasuki Pasar Klewer mata pengunjung akan berlari-lari dari sudut satu ke sudut lainnya, mencari motif ataupun corak batik yang diinginkan. Di pasar ini ada kain batik, kebaya, baju resmi, daster hingga kaus batik, baik untuk dewasa maupun untuk anak-anak, laki-laki dan perempuan.

Motif batik yang ditawarkan tidak hanya batik Solo, di sini juga banyak tersedia batik Pekalongan, Yogyakarta, Madura, Banyumas, dan lainnya. Meski sudah terkenal murah, kita tetap bisa menawar harga batik hingga mendapatkan harga harga terbaik. Jadi, selamat berburu batik di pasar yang buka dari pagi hingga sore hari ini.

Pusat Grosir Solo

Kota Solo memang terus tumbuh dengan berbagai kerajinannya. Tidak heran jika sektor perdagangan terus mengalami peningkatan dan menjadi salah satu penyumbang terbesar bagi roda perekonomian kota yang memiliki nama resmi Kota Surakarta ini. Karena itu, lahirlah PGS (Pusat Grosir Solo) sebagai wadah bagi para pengusaha di bidang perdagangan yang bergerak di penjualan produk fashion terutama batik.

Pusat Grosir Solo

PGS menyediakan kebutuhan fashion bagi pembeli dalam jumlah grosir maupun eceran. Selain pusat perdagangan, juga menjadi tujuan utama bagi para wisatawan ketika mereka mencari oleh-oleh batik, saat berkunjung ke Kota Solo.

Sejak didirikan pada tahun 2005, PGS telah menjadi pusat perbelanjaan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang kenyamanan dan keamanan. Baik kepada pedagang maupun kepada para pengunjung yang datang. Tidak heran kini PGS selalu ramai dengan pengunjung, baik dari dalam maupun luar Kota Solo.

Pusat Grosir Solo

Gedung PGS memiliki lima lantai, di dalamnya berbagai pedagang menawarkan produknya. Mulai dari busana seperti batik, kebaya, aksesoris, sepatu, sandal, tas, dan berbagai kerajinan lainnya. Selain itu di lantai paling atas juga ada foodcourt untuk pengunjung bersantai sambil menyantap menu yang disediakan.

Lokasi PGS sangat strategi, yaitu di kawasan Gladag yang merupakan pusat pariwisata Kota Solo. Dekat dengan obyek wisata seperti Keraton Kasunanan Surakarta maupun Keraton Mangkunegaran. Selain itu, Pusat Grosir Solo juga menjadi perhentian bagi sarana transportasi wisata khas kota Solo seperti Kereta Api Uap Jaladara, Bus Tingkat Werkudara dan Kereta Kencana.

Jika Anda ingin mengunjungi pusat belanja dengan Tag Line-nya “Paling Laris… Paling Lengkap… Paling Nyaman…” ini bisa datang mulai dari pukul 09.00-17.00. Berikut sedikit tempat wisata belanja di Solo yang dapat kami share, tidak perlu ragu untuk berkunjung ke kota Solo karena selain wisata kebudayaannya yang banyak ternyata ada juga wisata belanja di Solo.

Yuk Pesan Tiket Pesawat ke Semarang dan Hotel Murah di Semarang, Hanya di Ezytravel.co.id
(Visited 213 times, 1 visits today)


About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'Tempat Seru untuk Wisata Belanja di Solo (1)' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool