Gulai Kepala Ikan

Tergoda Oleh Gulai Kepala Ikannya Pak Oeban Semarang

Kota Semarang semakin banyak sekali menu-menu dari luar kota yang membuka cabangnya di kota lunpia ini. Tentunya tidak sekedar membuka warung tenda atau rumahan, akan tetapi lebih ke penyesuaian bumbu yang diusung dengan menyesuaikan lidah orang-orang di kota Semarang.

Diantaranya ada menu berkuah seperti Gulai kepala ikan yang berada di kota ini, saking nikmatnya, menu ini menjadi menu pilihan yang diburu oleh para wisata kuliner di Kota Semarang. Lezat dan gurih, menjadikan kesan orang yang mencicipi menu yang berasal dari masakan luar jawa ini. Nama warungnya adalah Gulai Kepala Ikan Pak Oeban, yang terletak di Jalan Pamularsih Semarang, berdekatan dengan SPBU satu-satunya di jalan tersebut.

Gulai Kepala Ikan

Sesuai nama dari menu andalannya, meskipun hanya tinggal duri dan kepalanya saja, rasa kuah yang dihasilkan dari menu tersebut sangat menggoda mulut para pemburu kuliner, rasa tersebut ditimbulkan oleh menu rempah-rempah dengan resep khusus warisan dari keluarga Pak Oeban.

Pada jaman dulu, di awal-awal jualannya masih menggunakan warung tenda, dan sekarang sudah mempunyai tempat yang lumayan luas, meskipun masih sederhana dan terkesan memanjang ke belakang, dengan tatanan 2 baris memanjang dengan meja dan kursi panjang didalamnya.

Ketika kita memasuki warung Gulai Kepala Ikan ini, kita akan mendapati sebuah wajan besar yang sekilas akan membuat kita penasaran akan isinya dan bau harum khas gulai yang hangat. Wajan besar tersebut berisikan kuah bersantan dan diatasnya ditaburi cabai rawit yang sangat banyak sekali, semakin menggoda untuk segera memesan menu dan kemudian melahapnya seketika.

Gulai Kepala Ikan

Gulai kepala ikan milik Pak Oeban ini memiliki kelezatan rasa yang sangat khas dan segar, dengan membawa ciri khas citarasa dari daerah Bukit Tinggi Sumatera Barat.

Meskipun tampilannya tidak begitu menarik, tapi pada suapan pertama kita akan menemukan sensasi rasa yang segar, gurih dan lezat, sesuai dengan racikan bumbu rempah dan resep khusus tadi. Semua daging yang disajikan sudah di fillet, sehingga memudahkan kita ketika akan menikmati sajian menu ini, dan tentunya dengan kuah yang lumayan banyak dalam satu porsinya, belum lagi dengan sambal hijau dan daun singkongnya sebagai pelengkap.

Ketika kita memesan gulai dengan kepala ikannya, kenikmatan dari menu ini adalah ketika kita memakan sisa-sisa daging yang masih menempel di dalam kepala ikan tersebut, tulangnya pun masih kerasa kental dari bumbu-bumbu rempahnya tersebut, belum lagi dengan membongkar kepala ikannya, semakin membuat penasaran dan ada kenikmatan tersendiri.

Selain menu tersebut, ada juga pindang kepala, tauco kepala ikan, sup ikan, ayam pop dan lain sebagainya. Sepertinya akan menggoda para wisatawan kuliner yang ada di kota Semarang, dan tak perlu kita jauh-jauh ke Bukittinggi hanya untuk mencicipi menu yang rasanya sudah cukup mewakili dari asal masakan tersebut.

 

Tergoda Oleh Gulai Kepala Ikannya Pak Oeban Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 856 times, 1 visits today)


About

cowok tampan yang punya nickname @hyudee yang suka nulis dan kuliner serta hobi foto.

salam manis, :)


'Tergoda Oleh Gulai Kepala Ikannya Pak Oeban Semarang' have 2 comments

  1. June 17, 2015 @ 1:54 pm Ani

    Gulai kepala ikan di warung Pak Oeban mantap, pionernya gulai kepala ikan, sesuai judulnya… bikin tergodaaa 😀

    Reply

  2. July 22, 2016 @ 11:27 am Latif

    Kami sudah menjadi pelanggan setia warung pak Oeban semenjak masih menempati kaki lima, dan belum marak warung-warung lain jual kepala ikan semacam di warung Pak Oeban. Yang pasti rasanya lebih mantap dan benar-benar citarasa masakan ala sumatera meski kuahnya dibuat agak encer disesuaikan lidah orang Jawa. Overall Gulai Kepala Ikan “Pak Oeban” UENAAAKK

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool