Sebelum Liburan, Wajib Tahu Lokasi Rawan Banjir di Semarang

Bahaya banjir adalah bahaya yang selalu diwaspadai pada saat musim hujan datang, curah hujan yang tinggi ditambah dengan keadaan lingkungan yang buruk membuat ada beberapa lokasi titik rawan banjir yang muncul. Banjir memang tidak hanya dipengaruhi oleh cuaca saja namun juga dipengaruhi oleh keadaan lingkungan di sekitar yang mengganggu dan memperparah keadaan, misalkan di daerah Ezytravelers memiliki wilayah sungai yang dipenuhi dengan sampah sehingga tentunya setiap datangnya musim hujan sungai itu akan meluap dikarenakan areal sungai yang terpenuhi dengan sampah tersebut tentunya membuat bagian sungai menjadi meluap sehingga dengan demikian pada saat curah hujan tinggi akhirnya sungai menjadi meluap dan menyebabkan banjir. Jakarta adalah salah satu daerah yang dikenal memiliki titik rawan banjir dalam jumlah banyak, Jakarta setiap tahunnya tak pernah absen mengalami bencana banjir yang membuat warga yang berada pada titik rawan banjir harus mengungsi ke daerah lain yang tidak mengalami bencana banjir.

Namun selain Jakarta, daerah lain di Indonesia yang terkenal langganan bencana banjir adalah kota Semarang yang berada di Jawa Tengah. Kota Semarang merupakan kota pelabuhan dimana permukaan tanahnya memiliki permukaan yang lebih rendah dari permukaan lautnya sehingga dengan demikian kota Semarang menjadi sangat rawan banjir. Terutama di kota Semarang bagian bawah yang tentunya memiliki permukaan tanah yang jauh lebih rendah daripada yang lainnya maka tentunya titik rawan banjir di Semarang bagian bawah justru semakin luas.

 

 

Semarang memang berdasarkan struktur tanahnya bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu Semarang bagian bawah dan Semarang bagian atas yang lokasinya berada di perbukitan. Untuk daerah yang berada di bagian atas perbukitan sama sekali tidak memiliki satu pun titik rawan banjir karena ketinggian permukaan tanahnya tersebut. Bisa dikatakan juga bahwa semua Lokasi banjir Semarang berada di Semarang bagian bawah. Untuk lebih jelasnya lagi maka berikut ini informasi tentang beberapa titik rawan banjir Semarang :

 

Jalan Kaligawe

 

titik rawan banjir di semarang

(Photo credit : blogger[.]com)

Jika membicarakan mengenai titik rawan banjir di Semarang selama ini daerah yang memiliki ketinggian banjir yang tinggi adalah Jalan Kaligawe. Daerah ini selama beberapa tahun terakhir ini setiap banjir memiliki ketinggian air yang termasuk tingi yaitu sekitar 20 sampai 50 cm. Padahal Jalan kaligawe adalah salah satu jalan raya di Semarang yang banyak dilalui oleh kendaraan sehingga dengan demikian pada saat banjir maka keadaan Jalan Kaligawe akan menjadi sangat macet begitu juga dengan daerah yang melalui atau pun dilalui dari Jalan Kaligawe tentunya mengalami kemacetan dan kemudian tidak bisa diakses akibat ketinggian air yang parah tersebut. Di salah satu titik Jalan Kaligawe terdapat satu area yang berada di bawah jembatan dan pada area tersebut adalah bagian Jalan Kaligawe yang paling parah ketinggian airnya saat banjir.

 

 

Bundaran Bubakan

 

titik rawan banjir di semarang

(Photo credit : berita.suaramerdeka[.]com)

Kawasan yang berada di Semarang bagian bawah ini adalah salah satu dari titik rawan banjir di Semarang, ialah Bundaran Bubakan yang setiap terjadi bencana banjir selalu langganan mengalami ketinggian air yang tinggi yang mengakibatkannya menjadi daerah yang sulit untuk dilalui pada saat banjir. Jika banjirnya sedang parah dan curah hujan terus menurus meninggi maka dalam keadaan yang demikian itu ketinggian air banjir yang ada di Bundaran Bubakan bisa mencapai lutut pada orang dewasa. Untuk melalui Bundaran Bubakan jika Ezytravelers menggunakan kendaraan tentunya akan sangat terhambat karena ketinggian airnya tersebut.

 

Kawasan Kota Lama

 

titik rawan banjir di semarang

(Photo credit : berita.suaramerdeka[.]com)

Kawasan kota Lama yang juga merupakan kawasan dimana Lawang Sewu berada juga memiliki keadaan yang parah pada saat terjadi banjir. Jika Ezytravelers berada di kawasan Kota Lama maka ketinggian air yang akan Ezytravelers temui pada saat banjir tersebut biasanya mencapai 10 cm. Kawasan Kota Lama termasuk bagian Semarang yang kawasan daerahnya rendah sehingga dengan demikian wajar saja jika pada saat curah hujan tinggi maka Kawasan Kota Lama adalah salah satu kawasan yang langganan terendam banjir. Meski berada di pusat kota namun hal ini belum bisa dicari solusinya mengingat kawasan Kota Lama dan sebagian besar kota Semarang memiliki permukaan tanah yang rendah.

 

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murah Explore Budaya Semarangpromo keliling nusantara dan booking hotel murah. Yuk berangkat!

 

Semarang Timur

 

titik rawan banjir di semarang

(Photo credit : radioidola[.]com)

Kawasan lainnya yang merupakan Lokasi banjir Semarang adalah kawasan Semarang Timur, atau lebih tepatnya di daerah Kanalsari Barat. Jika Ezytravelers datang ke Semarang Timur pada saat musim hujan dan sedang banjir maka Ezytravelers akan menemui ketinggian air yang setinggi lutut orang dewasa atau bahkan bisa lebih tinggi lagi ketika curah hujannya sedang sangat tinggi. Ada beberapa wilayah di Semarang Timur yang menjadi titik rawan banjir di Semarang namun disebutkan bahwa daerah Kanalsari ini adalah daerah yang paling parah ketinggian airnya. Sekali lagi hal itu dikarenakan oleh bagian permukaan tanah yang rendah

Sebelum Liburan, Wajib Tahu Lokasi Rawan Banjir di Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 128 times, 1 visits today)



'Sebelum Liburan, Wajib Tahu Lokasi Rawan Banjir di Semarang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool