Top Selfie Hutan Pinus Kragilan

Ada wisata ngehits di Top Selfie Hutan Pinus Kragilan. Akhir tahun lalu saya bareng keluarga suami lagi-lagi dolan menikmati suasana alam. Sayang nggak semua anak-anak ibu bisa gabung dengan alasan yang berbeda. Kalau tahun lalu kami menghabiskan akhir tahun di kota Jogja, kali ini kami berkunjung ke kawasan wisata yang lebih dekat. Tepatnya di hutan pinus Kragilan yang terletak di perbatasan Boyolali dan Magelang. Tempat wisata yang asyik buat selfie sepuasnya namun tetap aman dan nyaman.

Nah Ezytravelers, pasti sering dong wisata terus selfie di lokasi. Bahkan ada yang sampai membahayakan diri dengan selfie di tempat yang membahayakan diri. Seperti selfie di tebing terjal di tepi pantai. Atau selfie dekat jurang yang membahayakan nyawa. Eh tapi kalian nggak sampai melakukan hal ini kan? Duhhhh, jangan ya, ingat dengan keselamatan diri deh.

Namun tak demikian kalo Ezytravelers selfie di Kragilan. Tempat wisata yang baru dibuka setelah lebaran kemarin, menawarkan selfie dengan aman dan nyaman. Yuk saya ajak ke Top Selfie Hutan Pinus Kragilan yang sedang ngehits akhir-akhir ini.

Hutan Pinus untuk Selfie

Perjalanan kami menuju hutan wisata dari kota Semarang terbilang lancar. Meski semula saya sempat cemas bila macet di jalan. Maklum ya akhir tahun kan banyak orang pergi berlibur.

Keluar dari tol Bawen, kami mengambil arah menuju kota Salatiga. Melewati jalur menuju wisata Kopeng hingga mengikuti jalan beraspal yang menuju arah Ketep. Cukup jauh juga sih tapi Ezytravelers nggak bakal bosan selama perjalanan. Pemandangan hijau menawan dari perbukitan bakal memanjakan penglihatan.

Penunjuk jalan yang mengarahkan kalian hanya berupa tulisan TOP SELFIE Kragilan yang ada di sisi kiri jalan. Sayangnya jalan yang menuju ke Top Selfie Hutan Pinus Kragilan ini ada beberapa titik kerusakan. Kurang nyaman sedikit sih meski bagi yang suka tantangan bakal menikmatinya. Yah, berasa off-road aja di beberapa ruas jalan. Atau mesti berhenti dulu di sisi kiri jalan untuk memberikan kesempatan bagi penguna jalan lain. Yup, bagi wisatawan yang menggunakan mobil, mesti piawai dengan kondisi jalan yang terbatas.

Jalan pun sering kali berkelok dan naik turun yang bikin jantung berpacu kencang. Tapi asyik sih sepanjang jalan kami malah tertawa ngakak tiap kali melewati tantangan yang memacu adrenalin. Kalau ragu dengan jalan yang dilewati, bisa tanya juga dengan penduduk lokal. Mereka sudah hapal dengan wisatawan yang datang dari luar kota untuk mencari lokasi Top Selfie Kragilan.

Jalan menuju Kragilan

Top Selfie Kragilan merupakan hutan pinus yang diberdayakan sebagai tempat wisata bagi penyuka narsis. Di sini Ezytravelers bakal puas selfie  di beberapa spot menarik yang kece dan natural. Warga Desa Kragilan memahami keinginan wisatawan yang berkunjung dengan menawarkan potensi alam huta pinusnya yang komplit.

Ada ayunan yang sering jadi favorit pengunjung untuk selfie di sana. Dengan latar pohon pinus di belakang punggung, bagaikan di Swiss. Atau selfie sambil tiduran di hammock yang ditambatkan di dua pohon pinus. Berayun-ayun di hammock bakal bikin kalian menikmati buaian di suasana alam yang asri. Andai aja nggak ada wisatawan lain yang antri untuk selfie, pasti kalian bakal tertidur manja. Bisa juga selfie di Rumah Pohon yang terbuat dari bambu. Jadi ingat masa kecil yang pernah tinggal di pedesaan.

Rumah Pohon di Kragilan

Top Selfie merupakan hutan pinus yang masih asri dengan udara sejuk khas pegunungan. Oleh penduduk setempat, hutan pinus Kragilan ini dijadikan tempat wisata bagi pecinta selfie . Mereka sepertinya memahami kecintaan masyarakat yang doyan wisata dan selfie . Maka dibuatkan lah tempat untuk selfie yang aman dan nyaman dengan sebutan Top Selfie Kragilan.

Permainan flying fox di Kragilan

Dari awal memasuki desa Kragilan, terlihat sekali bahwa masyarakat yang menjadi pengelola cukup profesional. Mereka mengatur lalu lintas agar wisatawan yang berkunjung merasa aman dan nyaman. Karena jalan yang sempit, bagi pengguna mobil mesti berhenti di beberapa titik jalan untuk antri memasuki kawasan wisata hutan pinus. Mereka menggunakan alat komunikasi khusus yang menghubungan tiap petugas di jalan dan tempat wisata.

Retribusi yang dikenakan juga murah, hanya parkir dan tiket masuk sebesar sepuluh ribu rupiah. Semua pemasukan akan dibagi untuk kas desa dan warga yang ikut mengelola hutan pinus Kragilan. Keren ya ide warga lokal ini, jempol deh buat mereka.

Meski warga setempat yang mengelola, namun fasilitas lumayan komplit juga. Ada toilet dengan fasilitas untuk buang air kecil aja. Airnya bening dan dingin banget, hihiii. Bahkan jangan cemas kalo kelaparan gara-gara keasyikan piknik. Ada deretan warung yang menyediakan mi instan cup rebus atau goreng, jajanan ringan, teh panas, kopi, dan bahkan kupat tahu ala Kragilan. Lumayan lah buat mengisi perut dengan harga yang bersahabat bagi kantong wisatawan lokal.

Ada warung tenda di Hutan Pinus Kragilan

Untuk tempat parkir motor cukup dekat dengan lokasi Top Selfie. Sementara mobil hanya tersedia sedikit ruang saja di lokasi. Kami yang sudah sampai di sana agak siang, mendapat tempat parkir di sekitar rumah penduduk. Mereka ramah dan bahkan menawarkan pada kami untuk mampir ke rumah. Suasana alam dan keramahan penduduk menjadikan wisata ini makin ngehits dan digemari anak muda.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel Semarang, tour murah, dan tiket pesawat Semarang

Kapan kalian mampir selfie di hutan pinus Kragilan? Ajak-ajak saya yuk, kita pose bareng di sana hihi. Rute selain dari Salatiga, bisa juga diakses melalui Magelang. Ezytravelers bisa menuju kawasan wisata Ketep. Setelah Ketep Pass ambil arah lurus menuju Kopeng. Nanti disisi kanan jalan ada petunjuk arah Top Selfie, ikuti saja jalan seperti yang sudah saya tulis di atas. Happy traveling at a long weekend, Eztravelers.

Top Selfie Hutan Pinus Kragilan
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,231 times, 6 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Top Selfie Hutan Pinus Kragilan' have 3 comments

  1. January 16, 2017 @ 11:08 am Dewi 'Dedew' Rieka

    Hutan pinus ini hits banget yaa suka artikel ini mba, lengkap dan mengalir 🙂

    Reply

    • January 16, 2017 @ 1:06 pm Hidayah Sulistyowati

      Iya mba Dew, lagi ngehits sekarang. Masih pengen kesana lagi nih mba. Kemarin belum puas selfie, hahaa

      Reply

  2. April 25, 2017 @ 9:50 pm wahyu

    tempatnya asik kayaknya ya, mantep ini buat liburan

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool