Tugu Muda

Tugu Muda, Tempat Nongkrong Murah Meriah di Semarang

Tugu Muda, Tempat Nongkrong Murah Meriah di Semarang
5 (100%) 1 vote

Berbincang tentang Semarang memang tak pernah ada habisnya. Kota yang bagi penghuninya sering disebut Semarang “atas” dan “bawah” menawarkan aneka kulineran dan wisata sejarah tersendiri. Saat mengagendakan liburan di Semarang jangan sampai melewatkan tempat yang satu ini. Kawasan Tugu Muda. Bagi sebagian orang memang sudah tak asing lagi keberadaannya. Kawasan ini dikelilingi oleh bangunan bersejarah seperti Lawang Sewu, Wisma Perdamaian, Gereja Katedral, Museum Mandala Bhakti dan Pasar Bulu yang kini telah direhap.

Tugu Muda Semarang

Kokoh dan anggunnya Tugu Muda

Uniknya lagi ada lima jalan yang juga mengelilingi kawasan ini. Dari arah timur ada Jalan Pandanaran, jika kita ingin berkunjung ke kawasan Simpang Lima. Dari sisi selatan atau kawasan Semarang atas ada Jalan Dr. Sutomo. Sebelah utara membentang Jalan Pe    muda yang menghubungkan dengan pasar Johar. Di sisi barat laut ada Jalan Imam Bonjol jika kita ingin menuju stasiun. Dan yang terakhir sisi barat ada Jalan Sugiyopranoto, akses vital menuju bandara.

Pertempuran Lima Hari di Semarang menjadi tonggak sejarah dibangunnya Tugu Muda. Bangunan berbentuk lilin ini diresmikan pada tanggal 20 Mei 1953 oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Bentuk tersebut menyiratkan bahwa semangat pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan tak pernah padam. Di kaki Tugu Muda terdapat kolam dan air mancur. Sedangkan sekelilingnya terdapat taman yang sangat asri.

Seiring berjalannya waktu, fungsi dan keberadaan Tugu Muda tak hanya untuk mengenang sejarah. Kala sore hingga malam hari tiba kawasan ini beralih fungsi menjadi tempat nongkrong. Enggak hanya anak muda lho, orang tua dan anak-anak juga banyak mendatangi kawasan ini. Biasanya mereka sekalian berkunjung ke Lawang Sewu. Memang tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan sore dan bercengkerama. Hamparan rumput yang bersih membuat kita nggak sungkan untuk lesehan. Air mancur warna-warni, gemerlap lampu, rindang pepohonan, dan berbagai macam bunga menambah cantik kawasan ini.

Air Mancur di Semarang

Air mancurnya cakep 😀

Lawang Sewu Semarang

Numpang eksis dolo yaaa 😀

Berbeda lagi jika kita datang usai subuh. Kawasan ini sungguh sepi dan hening. Kita bebas menghirup oksigen yang masih bersih sampai puas. Bisa kita temui juga para pedagang, tukang becak, penyapu jalanan yang sudah mulai mengais rejeki. Kali ini seputaran Tugu Muda berubah menjadi tempat jogging dadakan. Terkadang ada juga komunitas fotografi yang berburu sunrise dan foto refleksi.

TIKET KE SEMARANG

Tugu Muda Semarang

Beginilah heningnya kala pagi hari tiba 🙂

Lawang Sewu Semarang

Jepretan sunrise dari Tugu Muda 🙂

Kawasan Tugu Muda ini cukup bersih. Jika membawa makanan enggak perlu bingung buang sampahnya di mana. Di sini disediakan tempat sampah yang cukup. Hanya saja jika berkunjung jangan lupa siapkan uang receh. Beberapa pengemis dan pengamen bisa dengan mudah kita temui. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak.

Saat berkunjung ke tempat ini kita bisa memarkir kendaraan di samping Lawang Sewu. Dari sana kita tinggal menyebrang. Harap hati-hati jika menyebrang, jalanan di kawasan ini cukup ramai. Perhatikan betul traffic light dan letak zebra cross. Walau banyak pengujung yang lebih suka memutus jalan.

Dari seputaran Tugu Muda kita bisa melihat bagaimana kokoh dan anggunnya lima bangunan bersejarah yang mengelilingi kawasan ini. Terasa betul geliat para pejuang dalam peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang. Tempat ini pula yang menjadi incaran para fotografer untuk berburu foto yang ciamik. Mau nongkrong asik sambil menikmati bangunan bersejarah? Cukup datang dan nikmati kawasan Tugu Muda.

(Visited 1,276 times, 1 visits today)


About

Penggemar makanan dan minuman tradisional (KW 5), tukang numpuk buku lupa baca, suka mlipir jalan-jalan tapi pusing liat keramaian :D


'Tugu Muda, Tempat Nongkrong Murah Meriah di Semarang' have 7 comments

  1. March 11, 2015 @ 11:55 am Inung Djuwari

    pagi2 mau jogging disini enak lhoh….udara masih segerrr….

    Reply

  2. March 11, 2015 @ 12:49 pm rahmiaziza

    bisa foto dengan bekgron lawang sewu yaaa

    Reply

  3. March 11, 2015 @ 6:08 pm Hidayah Sulistyowati

    Suka banget suasana pagi menjelang matahari terbit. Masih sepiiiii 😀

    Reply

  4. March 11, 2015 @ 10:05 pm slamet riyadi

    aku pre weeding juga di tugu muda hehehehe..

    Reply

  5. March 11, 2015 @ 10:45 pm Flo

    Lokasi wisata budaya yang kece di semarang dimana aja mb, selain lawang sewu n kota tua. Saya warga baru semarang nih.. pengen muter2 semarang sampe ke seluk beluknya. Mhn rekomendasinya. Trmkasih:)

    Reply

  6. March 15, 2015 @ 9:43 am Marita Ningtyas

    Jaman kuliah sering banget latian teater di Tugu Muda… sore hari pernah, pagi hari pernah, tengah malam sampe dini hari pernah… yang jarang kalo siang malah — panas euyy.. seneng juga kalo pas latian jadi tontonan, berasa arteeeees 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool