Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron, Hutan di Selatan Kota Semarang

Wana Wisata Penggaron“Jalan jalan ke hutan atau ngecamp yuk?” ajakan istri saya ketika menjelang akhir pekan. Ini tumben sekali. Ini pasti ada maunya bhahaha… Saya mulai memelintir jenggot dan memeras otak mencari hutan di Semarang. Di mana hutan yang dekat rumah, murah, bisa dibuat untuk piknik dan tentunya ramah bagi perempuan. Oh iya, ternyata di Ungaran ada Wana Wisata Penggaron.

Tiket masuknya cuma 5000 per orang. Info yang saya dapat dari pengunjung, penjaga loket dan penjual jajanan di depan gerbang masuk, Hutan wisata Penggaron ini biasa dipakai bermacam aktivitas seperti olahraga, latihan Air Soft Gun,tracking, outbond, camping, kepramukaan, latihan SAR, golf, rekreasi dan banyak lagi. Saya sering juga melihat teman-teman pecinta lari di semarang lelarian di sini. Asyik dan sejuk komentar mereka.

Wana Wisata PenggaronKawasan hutan ini sangat luas sekitar 1500 hektar, jalur dan jalannya sudah diaspal, khusus untuk ke padang golf jalannya diplester. Saya sarankan naiklah sepeda, motor atau mobil bila tidak mau terlalu capek dan mengingat hutan ini begitu luas. Tapi bila ingin lebih greget dan menikmati setiap jengkalnya, boleh kok jalan kaki supaya Kamu bisa lebih leluasa untuk mengeksplore seluruh keunikan di hutan ini. Seperti di puncak pemandangan, bakalan lebih asyik bila dikunjungi dengan jalan kaki.

Ketika masuk Hutan Penggaron ini rasanya adem, sejuk, banyak suara burung yang menyambut kedatangan saya. Berbagai jenis pepohonan yang besar dan unik ada di sini seperti pinus, mahoni dan puspa yang tingi menjulang seperti di jaman Jurrasic. Selain itu ada juga arena bermain untuk anak-anak seperti ayunan, jungkat-jungkit namun kurang terawat. Ya maklum lah… namanya juga hutan.

Wana Wisata Penggaron

Padang Golf (Drive Range) Penggaron

Di bagian tengah kawasan terdapat padang golf (driving range), bumi perkemahan dan pendopo pertemuan. Kawasan ini berupa padang rumput terbuka, dengan bagian utara yang kurang terpelihara ditumbuhi semak-semak. Waktu saya kesana ada juga yang sedang mengambil foto Prewedding, nampak begitu syahdu, jadi pengen prewed lagi di sini #eh.

Menurut kabar berita, ada wacana bahwa Wana Wisata Penggaron ini bakal dijadikan Jateng Park pada tahun 2016. Kalau benar terealisasi, Jateng Park nantinya akan dijadikan one stop destination for recreation. Karena selain wisata alam serta taman satwa dan safari yang akan menjadi sajian utama wisatawan, juga akan dilengkapi dengan wisata kuliner, lapangan golf, hotel, icater park, jogging track, playground, outbond dan camping ground, penangkaran satwa, downkill track bahkan akan dilengkapi dengan sirkuit offroad. wow…

Wana Wisata Penggaron

Salah satu sudut jalan dengan payung berupa pepohonan mahoni yang unik

Bagaimana Cara Ke sini?

Untuk menuju daerah Penggaron dapat ditempuh dengan berbagai alat transportasi. Dari arah Semarang setelah Tarubudaya batas kota Kab.Ungaran belok kiri, belok kanan (ada patung macan) dan belok kiri lagi mentok sampai gerbang Hutan Penggaron. Jaraknya tidak sampai 2 kilometer dari jalan raya kok.

Sayang saat saya kesini, cuaca mendadak gelap dan hujan, jadi fotonya belum begitu banyak. Oh iya ada lagi, di sebelah pendopo kawasan padang golf, ada bukit dengan jalan setapak yang pasti membuat penasaran “berani gak mas? ada peri di sana” kata gerombolan anak-anak dari kampung menantang nyali saya.

Wana Wisata Penggaron, Hutan di Selatan Kota Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 4,777 times, 1 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'Wana Wisata Penggaron, Hutan di Selatan Kota Semarang' have 4 comments

  1. May 30, 2015 @ 9:08 pm Inung Djuwari

    Saya pernah kesini tapi sudah lama bangettt, waktu itu bareng temen-temen. Pengalaman yg nggak aku lupakan adalah kehilangan anting2…jatuh disekitaran hutan 😀

    Reply

    • June 4, 2015 @ 12:01 am Slamet Riyadi

      wah.. gimana antingya mba? sudah ketemu kah?
      untuk hutannya memang asyik dan begitu lebat, kayanya susah kalau mencari anting yang jatuh. seperti mencari jarum di tumpukan gudang jerami. #eh

      Reply

  2. October 7, 2015 @ 7:23 pm munawarhyunus

    23 tahun yang lauu tempat ini jadi kenangan yang ingin aku lupakan

    Reply

  3. August 9, 2016 @ 11:51 am nurul

    ada yng punya kontak nya?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool