tengkleng solo

Warung Tengkleng Yu Tentrem, Kreasi Kuliner dari Tulang Kambing Muda

Warung Tengkleng Yu Tentrem –  Hello Ezytravelers, sudah kulineran apa hari ini?

Bagi kita yang terbiasa sibuk sepanjang hari, padat aktivitas baik di kantor maupun tempat menuntut ilmu, perlu juga lho menyeimbangkan fisik dan jiwa dari sisi lain. Jadi nggak cuma sibuk kejar setoran melulu, jalan-jalan juga perlu diperhatikan. Tak usah bepergian terlalu jauh, asalkan sudah keluar dari rutinitas sehari-hari biasanya sudah mampu recharge semangat yang mungkin saja sudah mulai ngedrop.

Dalam rangkaian jalan-jalan tersebut, tak bisa tidak… kita bakalan menikmati juga kuliner yang ada di seputaran lokasi jalan-jalan. Manalah asyik piknik tanpa makan-makan. Iya kan, dear Ezytravelers?

Sudah pernah bepergian ke daerah Solo? Tau kan ya dimana letak Kota Solo itu? Solo masih termasuk di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Ada kulineran unik dan asyik lho di sini.

Ingin menikmati tengkleng Semarang? Yuuk ke Tengkleng Nyamleng dulu

Warung Tengkleng Yu Tentrem – Kuliner Unik dan Asyik di Kadipiro

Tulang belulang kambing dengan sedikit sisa daging bagi masyarakat negara-negara maju kerap dianggap sampah dan berakhir di tempat pembuangan. Namun, tidak begitu saat ‘sisa-sisa’ bahan makanan tersebut jatuh ke tangan orang Indonesia, orang-orang yang tersohor akan kreativitasnya ‘memaksimalkan’ sumber daya yang ada di tangan.

Di negara kita, di Jawa khususnya, bahan sisa macam ini bisa diolah sedemikian rupa menjadi sebuah karya kuliner yang punya rasa luar biasa. Tengkleng Solo boleh disebut sebagai salah satunya.

Membahas soal tengkleng, satu yang saat ini layak disebut melegenda dapat Ezytravelers temui di warung Tengkleng Yu Tentrem. Warung sederhana ini berdiri di kawasan Jalan Letjen Sutoyo Ngadisono RT 04/XIV Kadipiro Banjarsari, Solo. Di warung ini, kita akan diberi kesempatan untuk mengagumi kreasi kuliner nusantara. Ezytravelers yang kebetulan mampir di sini akan dibuat terpesona oleh keahlian tangan Yu Tentrem dalam mengolah tulang belulang kambing muda.

warung tengkleng yu tentrem solo

Tengkleng, bagi Ezytravelers yang belum pernah nyicip, adalah olahan daging sejenis gulai tanpa santan. Kuahnya encer namun kaldunya pekat dan berminyak. Gurih, asam, manis, dan asinnya muncul dari kombinasi belasan bumbu dan rempah. Mulai dari lengkuas, serai, kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, daun salam, ketumbar, lengkuas, dan sebagainya. Kombinasi kekayaan rempah nusantara tersebut lalu direbus berjam-jam, bersama dengan tulang belulang kambing dari kaki sampai kepala.

Lamanya proses perebusan ini membuat tengkleng makin nikmat. Sisa-sisa daging yang menempel di tulang belulang menjadi sangat empuk. Bumbunya yang matang pun meresap hingga ke dalam sela-sela tulang. Pelanggan atau penikmat kuliner pun tak perlu keluar banyak energi saat hendak menyantap olahan ini. Tak harus menggigit keras-keras, daging tengkleng Yu Tentrem dengan mudah bisa terlepas dari tulang.

Oh ya, meski dibuat dari bahan dasar kambing, tengkleng di warung Yu Tentrem bebas dari aroma prengus. Bau mengganggu tersebut dihilangkan dengan cara membakar kepala kambing sebelum dimasak.

Bak makan di rumah saudara

Selain menyediakan tengkleng nikmat, Warung Tengkleng Yu Tentrem juga menyuguhkan sensasi lain. Jika makan di warung tersebut, Ezytravelers bakal merasa seperti di rumah keluarga atau saudara.

Kenapa bisa begitu? Selain lokasinya berada tepat di tengah perkampungan, warung ini juga tidak punya tempat makan khusus. Jadi para pelanggan menyantap tengkleng Yu Tentrem di ruang tamu pribadinya yang cukup lapang. Kalau ruang tamu tak lagi mampu menampung pelanggan, Yu Tentrem pun dengan sigap membuka akses ke ruang keluarga.

Sama seperti Sate Buntel, tengkleng juga kerap dianggap sebagai makanan jelata, makanan bagi mereka yang tak mampu menikmati lezatnya gulai kambing. Namun, sekarang makanan jelata ini naik kasta. Tengkleng saat ini setara dengan bermacam olahan lainnya.

Meski naik kasta, bukan berarti harganya ikut melangit. Tengkleng Yu Tentrem tetap dibanderol dengan harga terjangkau. Untuk menikmati seporsi tengkleng di warung ini, kita hanya perlu mengeluarkan Rp 20 ribu saja.

warung tengkleng yu tentrem

Susah nggak sih cari warung yang satu ini?

Karena sudah melegenda, alamat Tengkleng Yu Tentrem dapat dengan mudah Ezytravelers dapatkan. Silakan menuju Jalan Letjen Sutoyo, di sana nanti bisa bertanya ke hampir semua orang di mana letak warung Yu Tentrem. Nggak bakalan tersesat deh.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: tiket pesawat Jakarta Semarang, hotel di Semarang, dan wisata di Semarang
Warung Tengkleng Yu Tentrem, Kreasi Kuliner dari Tulang Kambing Muda
5 (100%) 2 votes
(Visited 401 times, 1 visits today)


About

Ibu dua orang anak yang gemar ngomong gak penting, senang kumpul-kumpul plus ngumpulin buku


'Warung Tengkleng Yu Tentrem, Kreasi Kuliner dari Tulang Kambing Muda' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool