Widya Wisata di Akpol Semarang

Sobat Ezytravelers,

Salah satu kebanggaan Kota Semarang adalah adanya Akademi Kepolisian di Kawasan Gajahmungkur Semarang. Taruna dan Taruni calon perwira polisi dari segenap penjuru Nusantara digembleng di kampus seluas 125 hektar ini. Meskipun berada di tengah kota keasrian kawasan ini tetap terjaga dan topografinya sebagai daerah perbukitan tetap dipertahankan. Kesatrian atau asrama taruna berada di perbukitan di ujung barat, sementara beberapa tempat latihan dan kampus berada di lembah atau bukit di sisi lain. Pada tahun 2003 beberapa lokasi yang semula kosong dan tandus mulai dihijaukan dan dimanfaatkan sebagai kawasan agrowisata, terkait rencana (waktu itu) untuk menjadikan Akpol sebagai kawasan wisata.

Akademi Kepolisian Semarang

Memang sebagai kampus khusus pendidikan kepolisian, tentu ada beberapa lokasi yang tertutup untuk umum. Namun sejak dicanangkannya Polmas (perpolisian masyarakat), kawasan kampus Akpol semakin mudah diakses oleh masyarakat luas. Rumah Sakit Bhayangkara Akpol bisa menerima pasien dari segala kalangan, Gedung Serbaguna dan beberapa gedung pertemuan di Akpol banyak disewa untuk acara pernikahan dll, atau Stadion Taruna Akpol setiap pagi atau akhir pekan ramai dimanfaatkan warga sekitar untuk berolahraga, juga kolam pancing yang aktif mengadakan galatama (lomba memancing tapi ikannya bukan untuk dikonsumsi).

Akademi Kepolisian Semarang

Sebagai warga yang kebetulan tinggal di dekat kawasan Akpol, kami sudah terbiasa mendengarkan suara peluru atau (simulasi) bom saat para taruna melakukan latihan menembak atau latihan anti teror. Begitu pula saat mendekati event tertentu seperti peringatan hari besar nasional, kami sebagai “tetangga” saja senang menyaksikan latihan drum corps Taruna yang gagah dan cantik. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal jauh dari kawasan Akpol atau wisatawan, latihan atau aktivitas semacam itu tentu bisa menjadi atraksi yang menarik. Pada bulan Mei-Juni biasanya diselenggarakan Porsimaptar (Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa, Pelajar dan Taruna) yang diikuti pelajar dan mahasiswa Semarang dan sekitarnya dan tentu saja para Taruna/Taruni. Pada event ini bisa dikatakan kawasan Akpol terbuka baik bagi peserta Porsimaptar maupun masyarakat yang ingin menonton.

Salah satu lokasi yang menarik dikunjungi adalah Stadion Taruna Akpol. Di area stadion ini, selain terdapat fasilitas olahraga umum dan kebhayangkaraan, terdapat pula pesawat dan kereta api sungguhan. Juga didirikan bangunan 4 lantai yang dibuat menyerupai sebuah kantor atau hotel, yang semuanya itu dimanfaatkan untuk latihan-latihan anti terorisme. Di sudut timur juga terdapat miniatur kapal yang sayang saat ini sudah tidak bisa dipergunakan untuk latihan. Bagi para taruna atau polisi wahana tersebut merupakan sarana latihan, namun saat tidak digunakan latihan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melihat lebih dekat atau sekedar untuk berfoto-foto. Di sisi timur stadion sedang dibangun jogging track yang letaknya di sebelah kandang rusa totol yang luas.

Akademi Kepolisian Semarang

Wacana untuk membuka Akpol sebagai kawasan wisata sebenarnya sudah dicanangkan sejak tahun 2003, namun hingga saat ini belum diresmikan mungkin karena beda kebijakan pejabatnya. Meskipun demikian, beberapa lokasi yang disebutkan di atas bisa dikunjungi masyarakat umum. Kalau rencana menjadikan Akpol  sebagai tempat wisata terlaksana, tentunya harus ditentukan lokasi mana saja yang bisa dikunjungi wisatawan dan mana yang area terlarang, karena bagaimana pun juga sebagai lembaga pendidikan calon perwira polisi tentu banyak hal yang “bukan untuk umum”. Jenis wisatanya juga bukan yang memungkinkan pengunjung bebas kesana kemari, melainkan wisata terpandu dan terjadwal. Mengundang siswa-siswi SMA untuk berkunjung (selain saat event Porsimaptar) tentu akan meningkatkan minat para siswa unggulan untuk mendaftar jadi taruna saat mereka lulus kelak. Sayang, sejauh ini saya belum mendengar tindaklanjut dari rencana “Akpol Wisata” tersebut. Mudah-mudahan bisa terlaksana, karena tentu akan bisa mengangkat potensi wisata Kota Semarang.

Kawasan Akpol berdekatan dengan Hotel Grand Candi, Hotel Oak Tree dan juga hotel baru Grand Edge Lifestyle Hotel. Jadi bila anda berkunjung ke Semarang dan menginap di salah satu hotel tersebut, bisa mengajak saya sebagai pemandu mungkin untuk sekedar jogging atau piknik di Akpol. (y)

Widya Wisata di Akpol Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,828 times, 1 visits today)



'Widya Wisata di Akpol Semarang' have 4 comments

  1. July 10, 2015 @ 7:14 am Hidayah Sulistyowati

    Iya ya menarik tuh kalo untuk wisata pendidikan, kemarin ada yang nyolek aku untuk datang acara gathering 😀

    Reply

    • July 10, 2015 @ 11:03 am Dwi Pramono

      Khususnya bagi siswa SMA, harapannya setelah wisata muncul keinginan untuk mendaftar Akpol sehingga semakin banyak siswa pintar yang jadi polisi.

      Reply

  2. July 10, 2015 @ 8:53 am Uniek Kaswarganti

    Dulu saya pernah masuk ke lokasi utk ikutan Porsiptar, Pak DP… jaman masih SMA dulu. Halah wis tuwir bingit yak masih ada Porsiptar. Nggak tau nih sekarang masih ada apa enggak program itu. Lumayan jaman SMA bisa ngeliat taruna yg sterek2 🙂

    Reply

    • July 10, 2015 @ 11:10 am Dwi Pramono

      Padahal Porsitar atau Porsimaptar bisa jadi ajang cari jodoh juga lho, mbak Uniek. Siapa tahu yang naksir mbak Uniek dulu sekarang udah Kombes, lho.. 😀

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool