Wingko Babad Semarang

Wingko Babad Semarang Yang Manis dan Legit

Wingko Babad Semarang Yang Manis dan Legit
4 (80%) 1 vote

Gaya vintage atau retro kini sedang digemari, ya. Mulai dari kafe vintage seperti Noeris Cafe dan Retro Cafe di Semarang, hingga penampilan vintage selebriti seperti Dita Von Teese artis Hollywood dan Claudia Adinda, desainer fashion Indonesia.

Saat berkunjung ke Semarang, ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa dibeli untuk dibawa pulang. Salah satu kuliner / oleh oleh khas Semarang yang termasuk kategori cukup legendaris dan vintage adalah wingko. Wingko Babad cap Kereta Api yang dijajakan di jalan Cendrawasih, dekat Stasiun Tawang ini merupakan satu wingko yang paling populer.

“Mari Mas, silakan, mau  cari oleh-oleh apa?” mbak penjualnya menyapa. Karena meskipun tempat ini jualan utamanya wingko, juga ditawarkan oleh-oleh lain, baik yang diproduksi sendiri maupun yang diproduksi pihak lain.
“Wingko berapa harganya?”
“Wingko rasa orisinal Rp 4.000,- yang rasa nangka Rp 4.300,- yang rasa coklat Rp 4.200,- …” jawab mbaknya sambil menunjukkan papan tanda harga wingkonya yang terdapat 5 varian rasa, dengan rasa durian yang paling mahal, Rp 5.200,- per biji.
“Yang orisinal 10 biji dan yang rasa coklat 10 biji ya Mbak,”
Jika dibandingkan dengan merek yang lain, wingko yang dijual di sini, relatif paling mahal. Mungkin karena rasanya memang beda, dan tentu saja karena mereknya sudah lebih terkenal.

Wingko Babad Semarang

Wingko Rasa Orisinal

Wingko Babad Semarang

Wingko Rasa Cokelat

Jajanan ini dengan bentuk bulat pipih, rasa legit karena dibuat dari adonan campuran ketan, kelapa dan juga gula pasir yang dipanggang dengan api yang berasal dari tungku.

Mungkin ada yang berpikir, “Katanya khas Semarang, kok dari Babad?” (Babad merupakan satu kota kecil di Jawa Timur). Jadi begini ceritanya. Di awal era kemerdekaan Indonesia, tepatnya tahun 1946, Mulyono, pindah ke Kota Semarang dan mulai menjajakan wingko, makanan kecil dengan resep dari keluarga istrinya, yang berasal dari Babad, sebuah kota kecil di Jawa Timur. Makanan ini dijual sebagai oleh-oleh untuk para penumpang kereta api dari Stasiun Tawang. Dan supaya lebih mudah diingat, maka wingkonya diberi nama tempat ia bekerja, Wingko Babad cap Kereta Api. Nah, karena sudah sedemikian lamanya oleh-oleh ini dijajakan di Kota Semarang, maka makanan ini dianggap salah satu oleh oleh khas Semarang.

Wingko ini sejak zaman dahulu di buat di tempat yang sama, meski nama jalannya sempat beberapa kali berganti nama. Awalnya bernama Osterwal Straat 14, lalu berganti nama jalan Purwadinatan Timur 14, dan kini menjadi Jalan Cendrawasih 14, Semarang. Selain di tempat ini, wingko babad ini juga bisa di dapat di kebanyakan tempat penjual oleh-oleh.

Seperti kebanyakan wingko, wingko ini tidak menggunakan bahan pengawet, jadi rata-rata hanya bertahan 3 hingga 4 hari sejak pembuatan. Kebanyakan wingko dijual dalam kemasan kecil untuk sekali santap. Untuk ukuran tersebut umumnya dengan berat 1 kg untuk isi 20 biji.

Jadi, tak ada salahnya mencoba membeli oleh-oleh ini saat tiba di Kota Semarang untuk teman berkeliling tempat tempat wisata yang ada atau dibeli saat pulang untuk diberikan kepada teman-teman atau sanak saudara di rumah.

(Visited 385 times, 1 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'Wingko Babad Semarang Yang Manis dan Legit' have 6 comments

  1. June 9, 2016 @ 6:30 am Lina

    wah, wingko babat ini salah satu cemilan kesukaan saya. seneng bgt kalau ada temen atau saudara yg pulang trus bawain wingko

    Reply

    • June 9, 2016 @ 6:42 am Slamsr

      Beli yang banyak mba. Saya suka yang rasa durian

      Reply

  2. June 9, 2016 @ 11:51 am Rahayu Pawitri

    Bikin pengen pulang kampung, dan tentu, bikin lapeeerrrr ….

    Reply

  3. June 9, 2016 @ 2:43 pm Pungky

    Ih ini asli enak bangeeeet. Dan aku baru tau kenapa namanya wingko babad 😀

    Reply

  4. June 11, 2016 @ 11:05 pm cumilebay

    Aku lumpia aja yaaa, kalo wingko ngak begitu suka

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool