Telaga Menjer Wonosobo

Wisata Air Naik Gethek Mengelilingi Telaga Menjer di Wonosobo

Wonosobo merupakan kota kabupaten dengan kekayaan alam yang sangat berlimpah. Tempat wisata di Kabupaten Wonosobo tersebar di berbagai penjuru. Wisata alam menjadi andalan Kabupaten Wonosobo. Wisata yang saat ini menjadi destinasi utama banyak warga perkotaan. Ada banyak telaga di Wonosobo. Salah satunya adalah Telaga Menjer yang sangat dikenal oleh wisatawan. Paling asyik wisata air dengan naik gethek di Telaga Menjer Wonosobo yang airnya tenang. Telaga ini juga menjadi tenaga pembangkit listrik bagi kebutuhan setempat.

Wonosobo juga merupakan wilayah pegunungan dengan dua gunung berapi, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Tentunya pemandangan alam yang cantik menjadi keistimewaan kota Wonosobo. Dengan keistimewaan dan keunikan yang dimiliki, menjadikan Wonosobo sebagai tempat wisata alam yang banyak dikenal wisatawan. Terlebih kuliner Wonosobo pun sudah lekat di lidah wisatawan Indonesia yang pernah mampir ke kota ini. Saya pernah menuliskan keunikan cita rasa Mi Ongklok di sini, mampir baca dulu yuk :

Wonosobo juga merupakan daerah penghasil berbagai sayuran. Tanah yang subur dengan udara sejuk, menjadikan daerah ini sangat cocok menjadi kebun sayuran. Ada berbagai macam sayuran yang tumbuh subur, seperti kubis, kentang, seledri, kucai, bayam, terong, cabe, dan kangkung. Masih ada lagi berbagai macam tumbuhan yang tumbuh subur.

Kota berudara sejuk ini juga memiliki banyak tempat wisata. Sayangnya pemerintah setempat kurang cerdas mengelola tempat-tempat wisata yang aslinya bisa tampil lebih cantik ini.

Nah, saya ingin mengajak Ezytravelers mengunjungi satu tempat wisata yaitu Telaga Menjer. Telaga Menjer adalah telaga alam yang berluas di Kabupaten Wonosobo. Luasnya mencapai 70 Ha dengan kedalaman mencapai 50 meter. Telaga Menjer terletak di Desa Maron Kecamatan Garung. Lokasinya di sisi utara sekitar 12 km dari Kabupaten Wonosobo. Telaga Menjer berada di atas ketinggian 1.300 m di atas permukaan air laut.

Gethek di Telaga Menjer

Hmmm, pantas saja jalan menuju Telaga Menjer berliku dan menanjak. Waktu saya dan keluarga mengunjungi telaga ini, jantung sempat berpacu gara-gara tikungan tajam serta menanjak di beberapa titik.

tiket mudik murah

Namun semua terbayar lunas saat mobil mencapai lokasi parkir telaga. Parkirnya ada di beberapa lokasi. Saya memilih tempat parkir yang paling dekat dengan gardu penjualan tiket. Tiket masuknya murah juga nih, cuma tiga ribu rupiah per orang. Masih ditambah bayar retribusi parkir dua ribu rupiah.

Dari tempat parkir, saya bareng keluarga berjalan masuk melewati sebuah taman yang sayangnya tak terurus. Saat itu ada kegiatan di pendopo, kayaknya sih mahasiswa yang sedang KKN bertemu dengan perangkat desa. Tamannya nggak begitu luas, cukup berdiri aja bisa menatap keseluruhan luas taman yang gersang. Untung saja udara Wonosobo cukup sejuk. Dulunya Telaga Menjer ini memiliki fasilitas taman di dua lokasi. Yang satunya lagi mesti dilintasi melalui anak tangga dengan jalan masuk di samping gazebo. Namun taman yang ada di atas bukit ini lebih tak terurus lagi. Jadi saya enggan juga menuju taman yang di atas. Saya lebih tertarik menuruni anak tangga menuju lokasi telaga.

Anak Tangga di Telaga Menjer

Anak tangga yang mengantarkan pengunjung ke lokasi Telaga Menjer nggak banyak kok. Dari taman pun kita bisa melihat permukaan air telaga yang tenang dan kayaknya penuh misteri. Hahahaaa, saya memang agak paranoid dengan air tenang gini. Apalagi saya sudah tahu kedalaman telaga yang mencapai 50 meter. Tapi karena rasa penasaran, saya pun tetap menuruni anak tangga.

Ada beberapa getek dengan rumah untuk peneduh bagi wisatawan yang ingin berkeliling telaga. Cukup dengan membayar 15.000, wisatawan bisa mengeksplor sekeliling Telaga Menjer. Menyaksikan berbagai jenis pepohonan yang tumbuh mengelilingi telaga. Untuk mengelilingi telaga dengan perahu jenis gethek ini, dibutuhkan waktu 30 menit. Tapi kalo ingin berlama-lama menikmati suasana tenang Telaga Menjer, bisa kok laju gethek diperlambat jadi lebih lama.

selfie di Telaga Menjer

Ada tempat wisata selfie juga di Telaga Menjer. Uniknya tempat selfie ini berupa perahu apung yang berada agak ke tengah Telaga Menjer. Untuk mencapai ke tempat selfie , pengunjung ditarik biaya yang murah. Ihhh, saya sih cukup selfie dari gethek yang mangkal di pinggir telaga. Bener deh saya mending naik perahu karet dengan berarung jeram di sungai yang memiliki arus deras dari pada di air yang tenang.

Saatnya jalan-jalan hemat! Ambil promo menarik: Tiket pesawat Jakarta SemarangHotel di Semarang dan Tour murah Indonesia. Mau?

Tapi banyak juga wisatawan yang mengunjungi Telaga Menjer tertarik naik gethek berkeliling. Satu gethek diisi delapan orang dan itu udah termasuk petugasnya. Berkeliling telaga sambil selfie nampaknya asyik juga tuh. Ada beberapa gethek yang masih terlihat di sisi lain telaga. Nampaknya penumpangnya minta berhenti dan foto selfie di sana.

Naik Gethek di Telaga Menjer

Kalo Ezytravelers tertarik mengelilingi Telaga Menjer, lebih baik datang saat hari masih pagi. Kemarin saya berangkat dari Semarang sekitar pukul 5 pagi dan tiba di lokasi masih sekitar pukul 8. Lokasi telaga masih sepi, dan kami bisa foto-foto sepuasnya. Kami juga mengandalkan google map untuk mencapai lokasi telaga dan nggak nyasar. Yuk wisata air di Telaga Menjer bareng teman-teman, Ezytravelers.

Wisata Air Naik Gethek Mengelilingi Telaga Menjer di Wonosobo
5 (100%) 1 vote
(Visited 81 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Wisata Air Naik Gethek Mengelilingi Telaga Menjer di Wonosobo' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool