Wisata Alam Dengan Bermain Air di Rahtawu

Wisata Alam Dengan Bermain Air di Rahtawu
3.67 (73.33%) 3 votes

Halo Ezytravelers, setiap kali berkunjung ke kota Kudus, saya jarang banget mengunjungi wisata alam. Seringnya silaturahmi aja di rumah kerabat. Atau kulineran dan wisata belanja di Pasar Kliwon atau Pasar Bitingan. Namun kali ini saya pengen banget jalan-jalan ke tempat wisata alam yang sedang ngehits di wilayah Kudus dan sekitarnya. Wisata alam dengan bermain air di Rahtawu yang terletak di lereng Gunung Muria.

Rahtawu adalah nama salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Desa ini memiliki potensi wisata alam dengan pemandangan mempesona dan berudara sejuk. Pepohonan rindang bakal menyambut setiap wisatawan yang kebanyakan naik kendaraan motor roda dua. Meski jalan menuju Rahtawu sudah beraspal mulus, namun begitu memasuki gerbang desa jalan menyempit dan berkelok-kelok serta menanjak. Kalo lihat medan yang begini, jadi kangen jalan mulus dan datar di kota Semarang.

Dari pusat kota Kudus, Desa Rahtawu bisa dijangkau dengan jarak perjalanan sepanjang 20 km. Terletak di dataran tertinggi dari Kecamatan Gebog. Jalan naik turun memacu adrenalin yang berani mengendarai motor sendiri. Bagaimana dengan mobil, apakah bisa melintasi jalan menuju lokasi wisata alam Rahtawu? Bisa sih, tapi mesti yang punya nyali karena salah satu sisinya berupa jurang. Meleset sedikit dari jalur, nyawa menjadi taruhannya.

http://hellosemarang.com/penasaran-bermain-air-di-air-terjun-sekar-langit-grabag-magelang/

Seperti bila kita akan menjumpai tempat nan menakjubkan pemandangan alamnya, pasti mesti berpayah lebih dulu mencapainya. Desa Rahtawu pun demikian juga. Setelah memasuki gerbang desa dengan ucapan selamat datang, kita akan disambut dengan pemandangan indah. Jalan sisi kiri merupakan tebing tinggi menjulang. Sementara jalan sisi kanan adalah jurang yang dalam dan curam. Jadi, tetap berhati-hati saat wisata alam melintasi jalur menuju lokasinya ya.

Jalan yang menanjak bikin sport jantung saya. Ngeri sih, tapi juga penasaran dengan keindahan alam Rahtawu. Karena udah tanggung sekalian aja melintasi jalan berkelok khas pegunungan.

Wisata Air di Rahtawu

Dan benar juga cerita dari keponakan dan kakak sepupu yang tinggal di kota Kudus, alam Rahtawu memang cantiiik. Yang bikin pengunjung rela melintas jalan berkelok dan melintas di sisi jurang adalah menjumpai air sungai yang jernih. Penduduk setempat sangat kreatif mengelola sungai yang berarus deras dengan batu-batu berukuran besar.

Untuk masuk ke tempat wisata alam ini nggak perlu bayar tiket mahal. Cukup membayar parkir Rp2000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil. Murah kaaan, dan siap-siap basah-basahan yuuuks.

Wisata Alam di Rahtawu

Bagi yang mengajak anak kecil, jangan cemas. Ada fasilitas ban bekas untuk pelampung bagi anak-anak. Oh iya, ban yang untuk pelampung itu gratis, hihiii. Baik banget ya penduduk setempat yang mengelola tempat wisata ini. Kabarnya mereka juga bertanggung jawab menjadi penjaga yang akan melarang setiap pengunjung bila diperkirakan akan terjadi banjir karena curah hujan yang deras.

Banyak pengunjung yang bermain air sungai dengan mengajak anak-anak. Air yang mengalir di sela bebatuan sangat jernih dan dangkal. Mereka bebas bermain air sambil berenang dengan aman.

Bermain Air di Rahtawu

Pengunjung yang enggan basah-basahan pun bisa sekedar foto bareng dengan di atas bebatuan besar. Sambil mencelupkan kaki di dinginnya air sungai, dan berbincang bareng teman seperjalanan. Aliran air yang tidak deras memang bikin gemas siapapun yang mengunjungi tempat ini. Niatnya nggak pengen basah, tapi akhirnya nyemplung juga ke dalam air.

Bila musim hujan tiba dan sungai berarus deras, penduduk setempat bakal melarang pengunjung masuk ke lokasi wisata. Namun meski arusnya deras, sungai ini tidak bisa digunakan untuk rafting. Kondisi alam dengan batu-batu berukuran besar dan berserakan tak memungkinkan arung jeram di sini. Sayang banget ya, padahal airnya jernih gitu.

Air terjun yang ada di lokasi sepertinya bukan asli, namun buatan manusia. Terlihat karena tampak beberapa batu diatur hingga membentuk aliran baru. Atau bisa jadi air sungai itu luas dan dialirkan di jalur yang lebih rendah. Hingga terbentuk lah air terjun dengan ketinggian yang sedang. Bagi kalian yang ingin menikmati guyuran air dingin, bisa loh duduk di bawah air terjun.

Wisata Alam di Rahtawu

Meski masih alami, jangan takut kelaparan di lokasi karena tidak membawa bekal makanan. Ada penyedia kuliner lokal untuk menu makan bagi pengunjung. Ada entog goreng, bakwan sayur, dengan nasi dan lalapan serta sambel yang bakal tandas begitu disajikan.

Entog goreng di Rahtawu

Udara dingin, lelah karena adrenalin yang memuncak, bakal lenyap dihalau makanan yang mengenyangkan perut. Perut kenyang pun bikin mata jadi ngantuk. Saatnya istirahat sebentar sebelum meninggalkan lokasi yang mulai sepi. Sampai jumpa destinasi wisata berikutnya, Ezytravelers.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel Semarang, tour murah, dan tiket pesawat Semarang
(Visited 201 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Wisata Alam Dengan Bermain Air di Rahtawu' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool