Wisata Candi Sukuh di lereng Gunung Lawu Yang Menawan Hati

Wisata Candi Sukuh di lereng Gunung Lawu Yang Menawan Hati
5 (100%) 1 vote

Setelah mengunjungi Pasar Klithikan Notoharjo di kota Solo, saya ingin meneruskan jalan-jalan di daerah yang sejuk. Si bungsu yang menyusul dari kota Semarang bersama sepupu, langsung bergabung dengan kami setelah makan siang. Perjalanan kami menuju wilayah Kabupaten Karanganyar. Perjalanan menempuh jarak 36 Km dari kota Solo, melintasi jalur yang sama bila menuju kawasan wisata Tawangmangu. Nanti akan ada petunjuk arah menuju situs Candi Sukuh.

Saya dan keluarga sangat menikmati perjalanan menuju Candi Sukuh. Melintasi jalan yang berkelok-kelok dan kadang menyempit. Pengendara mobil mesti berhati-hati karena sering bersimpangan dengan pengguna jalan lainnya.

Dari jendela mobil yang kami biarkan terbuka, saya menatap pucuk pohon cemara yang meliuk karena tiupan angin. Beragam jenis pohon berbatang keras rapat berjajar layaknya sang penjaga hutan kawasan wisata yang merupakan lereng gunung Lawu. Udara sejuk sudah menerpa kulit dan membelai wajah kami. Mata saya pun terpejam. Menikmati udara sejuk dan bersih di tengah kabut yang mulai turun.

Hari mulai beranjak siang. Namun mentari seakan bersembunyi di balik kabut dan pepohonan yang menghijau. Lereng dengan kebun sayur yang siap panen di beberapa lokasi, menambah pemandangan kian syahdu. Saya bisa kerasan tingal di desa ini. Seharian nggak perlu keluar rumah, asal ada internet yang kencang, hahaha.

Begitu mobil memasuki lokasi parkir, saya menatap ke seputar tempat wisata. Karena bukan hari libur, tempat ini cukup sunyi. Hanya ada beberapa mobil dan motor di lokasi parkir. Pengunjung dari manca negara ada beberapa orang. Tiket masuk ke tempat wisata situs candi Sukuh cukup murah dibanding Candi Prambanan, Borobudur, dan Situs Ratu Boko.

Pengunjung hanya membayar tiket sejumlah Rp10.000,00. Harga tiket ini sudah naik dari sebelumnya yang hanya tiga ribu rupiah. Sementara bagi wisatawan mancanegara yang semula Rp10.000 berubah menjadi Rp25.000,00.

Candi Sukuh memang tak semegah candi Borobudur. Namun keindahan bangunannya begitu mengundang tatapan mata enggan berpaling. Dari teras pertama hingga teras ketiga, bentuk bangunannya yang unik langsung memikat mata.

Candi Sukuh

Bangunan berbentuk trapesium menyambut langkah kami. Namun gerbang itu tak lagi menjadi pintu masuk bagi pengunjung. Ada jalan di sisi kanan gerbang yang dibuka untuk memasuki kawasan situs candi Sukuh.

Pada sisi gapura di sebelah utara terdapat relief raksasa yang menelan manusia. Gapura ini disusun tegak lurus namun agak miring. Batu-batuan candi berwarna agak kemerahan. Batu-batu di candi ini terbuat dari batu andesit.

Candi Sukuh

Di teras berikutnya, banyak batu yang dipajang berjajar di satu deretan sebelah kiri dari pintu masuk. Terdapat pula patung-patung yang berupa Candrasangkala. Ada patung kura-kura yang unik berukuran besar dan sering dijadikan obyek foto oleh pengunjung.

Candi Sukuh

Ada juga patung menyerupai Gajah dan Babi hutan. Sungguh menarik mengamati pahatan dari berbagai batu di situs ini. Menggambarkan pemahat patung adalah orang yang mengenal dan sering melihat bentuk fisik binatang tersebut.

Candi Sukuh

Candi Sukuh terletak di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian mencapai 1.186 mdpl. Terletak di desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Candi Sukuh merupakan peninggalan agama Hindu. Banyak benda berupa lingga dan yoni. Candi Sukuh ini bentuk bangunannya mirip dengan bangunan yang dimiliki oleh suku Maya di Meksiko. Atau mirip juga dengan piramida di Mesir.

Candi Utama terletak di bagian belakang, dengan bentuk trapesium juga. Candi ini juga memiliki bentuk mirip piramida di Mesir. Namun ukurannya lebih besar dan bagian atasnya terdapat atap yang luas. Beberapa pengunjung menaiki anak tangga yang menuju ke bagian atap candi. Dari atap candi, pemandangan sekeliling situs terlihat sangat menakjubkan. Lembah dengan kebun dan rumah terlihat cantik dan menawan. Nggak sia-sia melintasi jalan berkelok-kelok untuk menjumpai pemandangan yang menawan hati ini, teman.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel semarang, tour murah, dan paket wisata

Candi Sukuh

Saat menuruni anak tangga, tatapan saya turun ke bagian muka candi utama, terdapat bangunan kecil yang mirip candi. Pada bagian tengah yang berlubang, terdapat patung kecil tanpa kepala. Saya melihat ada sesajen yang diletakkan di depan patung tanpa kepala tersebut.

Untuk mencapai lokasi situs candi ini, memang paling nyaman dengan membawa kendaraan pribadi. Namun bila memakai transportasi umum, anda bisa memilih naik bus dari terminal Tirtonadi – Solo, dengan mengambil rute menuju Tawangmangu dan turun di terminal Karang Pandan. Cukup dengan membayar lima ribu rupiah. Dari terminal Karang Pandan ini, kita harus meneruskan perjalanan dengan naik angkot.

Nah bagi teman-teman yang ingin menikmati udara sejuk pegunungan sambil berpetualang bak penjelajah, silahkan berkunjung bersama teman-teman. Apalagi kalo mau trekking ke gunung Lawu dan memulai perjalanan dari lereng sisi situs ini, pasti bikin adrenalin makin terpacu. Karena perjalanan ke puncak Lawu dari situs candi ini lebih lama 1,5 jam dari pada dari Cemoro Kandang di Tawangmangu. Bebas sih mau ke puncak gunung Lawu dari Candi Sukuh atau Tawangmangu. Kalo saya sih memilih pulang ke Semarang aja, pengen istirahat dulu. Sampai jumpa dalam perjalanan berikutnya yaaa.

(Visited 423 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Wisata Candi Sukuh di lereng Gunung Lawu Yang Menawan Hati' have 2 comments

  1. September 17, 2016 @ 9:09 am Vita Pusvitasari

    Ntar kapan2 kesini ah

    Reply

    • September 23, 2016 @ 7:46 am Hidayah Sulistyowati

      Ayo, Vita, udaranya adem jadi nggak sadar kalo jalan kemana-mana tapi nggak keringatan. Ada sate kelinci atau sate ayam juga di sana. Atau makan mi rebus, cocok tuh buat udara dingin. aku lupa nulisnya

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool