Museum Ronggowarsito Semarang

Wisata Kota Dengan Menjelajahi Museum Ronggowarsito di Semarang

Wisata Kota Dengan Menjelajahi Museum Ronggowarsito di Semarang
5 (100%) 1 vote

Halo, sobat traveler, apa kabarnya nih? Semoga sehat semuanya dan tetap semangat. Apalagi bulan puasa dengan cuaca yang kadang tak bersahabat, pengennya ngadem aja di rumah. Meski sebenarnya kalo sedang puasa tuh paling asyik hangout di seputaran kota. Biar waktu cepat berlalu, tahu-tahu sudah azan Magrib. Ish, apa sih, masih menunggu azan saja.

Yuk, ikut saya jalan-jalan ke Museum Ronggowarsito. Sekarang banyak pilihan tempat wisata di kota Semarang. Enggak hanya wisata alam yang ada di bagian atas kota dan dekat dengan Gunung Ungaran. Namun bisa juga mengunjungi museum. Apalagi sekarang Museum Ronggowarsito sering banget mengadakan kegiatan pameran bersama beberapa museum dari seluruh Indonesia.

Sepengetahuan saya sih udah dua kali ini dalam setahun, Museum Ronggowarsito mengadakan pameran bersama seperti ini. Suasana jadi berbeda, karena ada penambahan ragam benda yang makin mempercantik ruangan museum.

Dari pintu depan, pengunjung langsung menambatkan pandangan pada replika Kapal Pinisi. Seolah-olah hall utama Museum Ronggowarsito menjadi samudera pelayaran Kapal Pinisi. Beberapa anak-anak yang menjadi pengunjung museum, terlihat mengerumuni replika kapal tersebut. Pandangan kagum terpancar kuat dari muka polos mereka.

Museum Ronggowarsito Semarang

Di sebelah replika kapal, terdapat berbagai macam rempah-rempah yang telah lama menjadi komoditas perdagangan Nusantara. Jaringan perdagangan dan pelayaran di Nusantara memang telah dimulai sejak awal abad Masehi. Posisi Nusantara yang strategis dan hasil sumber daya yang melimpah, mampu membuat Nusantara menjadi salah satu pusat perdagangan yang penting di jalur dagang Asia Timur – Asia Barat. Hubungan ini tidak hanya terjadi dengan Eropa yang berlanjut dengan kolonialisme. Namun juga dengan para pedagang dari Arab, musafir dari Cina dan India.

Museum Ronggowarsito Semarang

Beberapa museum dari Pulau Kalimantan dan Sulawesi pun tak ketinggalan berperan dalam pameran bersama ini. Beberapa perhiasan yang memiliki fungsi berbeda tiap jenisnya, menjadi daya tarik pengunjung. Begitu pula peralatan perang, berbagai jenis kain, dan benda khas yang memiliki ciri tersendiri. Beberapa pengunjung betah berlama-lama mengamati benda bersejarah dan memiliki nilai seni yang dipamerkan di masing-masing stand.

Museum Ronggowarsito Semarang

Museum Ronggowarsito Semarang

Museum Batik Pekalongan pun turut menyediakan peralatan untuk membatik yang menarik minat pengunjung. Beberapa anak muda terlihat tengah belajar membatik dengan peralatan berupa canting dan malam yang dicairkan di atas wajan kecil.

Museum Ronggowarsito Semarang

Beberapa Mahasiswi yang tertarik belajar batik

Jangan sampai tercetus ucapan, malas ke museum. Siapa yang bakal menghormati keberadaan sejarah dan budaya Nusantara kalau bukan kita semua? Tak ada salahnya sesekali berkunjung ke Museum Ronggowarsito yang kerap mengadakan pameran bersama. Banyak tempat untuk menginap di beberapa hotel murah yang lokasinya dekat dengan museum. Apalagi Museum Ronggowarsito ini terletak dekat dengan Bandara Ahmad Yani. Bagi teman-teman yang terbang menuju Semarang, bisa mampir ke museum dan mempelajari peninggalan sejarah yang memiliki nilai seni tinggi. Yuk ke museum, ajak teman-teman dan kerabat juga ya..

(Visited 404 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Wisata Kota Dengan Menjelajahi Museum Ronggowarsito di Semarang' have 3 comments

  1. June 15, 2016 @ 11:35 pm Levina Mandalagiri

    Saya paling suka tuh Mbak kalau udah jelajah museum. Banyak hal menarik dan pengetahuan baru seputar budaya dan sejarah Indonesia.

    Reply

  2. June 16, 2016 @ 11:17 am Ceritaeka

    Oke, masuk list kalo ke Semarang mau ke siniiii ^_^

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool