Rumah Makan Iwak Kali Laras

Wisata Kuliner Unik di Iwak Kali Laras Soropadan, Magelang

Wisata Kuliner Unik di Iwak Kali Laras Soropadan, Magelang
5 (100%) 1 vote

Kalo Ezytravelers senang jalan-jalan ke Jogja, dan pengen lanjut ke Semarang, pastikan fisik sehat dan bugar. Karena perjalanan darat sepanjang kurang lebih tiga jam bisa saja melelahkan. Namanya juga traveling, pasti kalian eksplorasi tempat wisata yang tengah ngehits selama di Jogja. Di tengah perjalanan darat kalo lapar mampir di mana? Santai aja! Karena kalian bisa menyicipi aneka menu di Iwak Kali Laras, Soropadan Magelang. Wisata kuliner Magelang memang unik dan beragam banget. Ezytravelers pasti puas menikmati wisata kuliner unik yang ada di Rumah Makan Iwak Kali Laras Magelang.

Tahu nggak sih, kalo kuliner Iwak Kali sudah lama menjadi andalan kota Magelang?!

Ada banyak rumah makan yang menyajikan menu kuliner khas Magelang Iwak Kali. Saya sering nyoba kulineran di Magelang kota. Kali ini saya wisata kuliner Iwak Kali yang ada di Soropadan, Secang, Magelang. Dari jalan raya Magelang – Semarang, tinggal masuk di belakang lahan yang sering dijadikan pameran hasil pertanian dan perkebunan Soropadan.

Rumah Makan Iwak Kali

Rumah makan yang lokasinya ada di pojokan lahan itu cukup luas. Dengan penataan yang sederhana, rumah makan Iwak Kali Laras ini terlihat asri. Suasana lingkungan yang masih sejuk mendukung pengunjung nyaman menikmati sajian menu yang dihidangkan. Apalagi ada beragam menu yang bisa dipesan untuk makan siang.

Ada juga kuliner khas Boyolali yang pantas kalian cicipi :

http://hellosemarang.com/mampir-makan-sambel-tumpang-kalo-jalan-jalan-ke-boyolali/

Iwak kali di sini adalah Iwak Wader yang dimasak goreng tepung. Ada juga Ikan Beong yang bisa minta dimasak rica-rica, mangut, atau pun lombok ijo. Ikan tawar memang jadi andalan di sini, seperti ikan Nila, atau Bawal. Cara masaknya pun beragam. Pengunjung yang datang ada yang pesan dibakar, ataupun masak rica.

Saya dan suami kebetulan pengen pesan Ikan Beong masak lombok ijo. Semula saya mengira seperti yang selama ini saya nikmati kalo jajan di Semarang. Ternyata masak lombok ijo kalo di rumah makan Laras ini ditambah santan. Jadinya kayak masak mangut, karena kuahnya super pedas. Jadi waktu awal pesan mesti bilang pedasnya cukupan aja. Hehehe. Tapi kata pak suami sih ikan Beongnya lezat. Bumbunya meresap ke dalam daging ikan bercampur dengan pedas cabe dan kuahnya yang mantap sedapnya. Meski kepedasan, ternyata seporsi masih kurang. Haduh nih orang, katanya pengen langsing tapi pesan lagi seporsi, hahaha.

Ikan Beong Masak Lombok ijo

Menu lain yang saya pesan adalah Mentog masak tongseng. Untungnya saya udah pesan pedasnya cukupan. Jadi begitu disajikan, meski agak waswas namun ternyata enggak pedes seperti Ikan Beong masak lombok ijo. Semula saya takut kalo daging Mentog nantinya alot. Ternyata enggak tuh. Setelah dimasak tongseng, dengan bahan campuran tomat, kobis, dan cabe serta bumbu rempah yang khas, rasanya luar biasa. Kecapnya cukup, nggak terlalu manis. Sayangnya seporsi jadi kurang karena rebutan sama paksuami.

Masak tongseng ala Iwak Kali

Untungnya suami juga memesan Buntil. Tahu kan menu khas yang banyak ditemukan di kawasan Jawa Tengah ini? Oke deh yang enggak tahu dengan Buntil, saya jelaskan ya. Buntil biasanya dibuat dari daun talas yang lebar dan khusus ditanam di dekat sawah. Karena kelenturan daunnya berpengaruh dengan keberhasilan hasil masakannya. Daun talas diisi dengan parutan kelapa yang udah dicampur bumbu dan ikan teri. Kemudian dibungkus dan diikat dengan tali dari potongan bambu yang tipis. Biasanya untuk mengikat makanan tradisional lepet. Nah, baru deh dikukus hingga matang.

Buntil di Iwak Kali Laras

Buntil di Iwak Kali Laras ini paling cocok dinikmati dengan nasi merah. Rasa bumbunya pas dengan cabe yang cukup pedasnya. Rasa gurih dan lembutnya isian Buntil dari parutan kelapa, bikin mata merem melek saat menikmatinya.

Kalo Ezytravelers masih pengen menikmati menu lain, jangan khawatir. Ada beragam sayuran, seperti Trancam, Cah Kangkung, Sayur Asem, dan Tumisan lainnya. Atau nggak doyan iwak kali? Bisa juga pesan menu Ayam goreng/bakar, Menthok goreng/bakar, atau Bebek goreng. Nah menu ini paling cocok dicocol dengan sambal kosek yang pedasnya super gila. Siap-siap aja keringat mengalir deras usai makan lauk goreng dengan pelengkap sambal kosek.

Menthok dan bebek goreng

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel Semarang, tour murah, dan tiket pesawat Semarang

Rumah makan Iwak Kali Laras ini semua harganya sangat bersahabat. Mungkin karena porsinya juga nggak banyak, jadi harga pun menyesuaikan. Tempat ini juga menjadi rujukan bagi para pengguna jalan yang melintasi jalan provinsi Semarang – Jogja. Harga murah, suasana nyaman, dan cukup jauh dari hiruk pikuk kota besar menjadi pilihan yang sempurna. Ada tempat salat dan toilet yang bersih bagi yang ingin menggunakannya. Untuk dekorasinya pun cukup unik. Ada beberapa patung yang dipajang sebagai penyemarak dinding di dekat toilet. Sementara berbagai testimoni dari pengunjung yang juga selebritis, dipajang di dinding.

Kalo Ezytravelers pengen menikmati sajian iwak kali, bisa deh mampir. Bilang saja sama pengemudi yang mengantar, lokasinya berada di jalan alternatif yang menghubungkan Semarang dan Temanggung. Atau belakang gedung yang sering dijadikan pameran hasil pertanian Soropadan. Ada tulisan yang cukup besar dan jelas dair jalan raya. Menikmati kuliner lokal dengan suasana asri memang sekarang menjadi pilihan banyak penikmat kuliner.

(Visited 217 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Wisata Kuliner Unik di Iwak Kali Laras Soropadan, Magelang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool