Wisata Pantai Dengan Menjelajahi Pulau Panjang

Wisata Pantai Dengan Menjelajahi Pulau Panjang
4.5 (90%) 2 votes

Libur lebaran selalu identik dengan berwisata ke tempat-tempat yang menawan. Usai silaturahmi dengan kerabat, kegiatan wisata menjadi pilihan berikutnya. Kali ini saya akan mengajak sobat travelers menuju satu destinasi cantik yang berlokasi di timur laut kota Semarang, yaitu Pulau Panjang. Pulau yang terletak di Kelurahan Ujung Batu kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara Jawa Tengah ini berjarak sekitar 2,5 km sebelah barat Pantai Kartini.

Penampakan Pulau Panjang dari atas perahu

Penampakan Pulau Panjang dari atas perahu

Pasir putih di pesisir pantai Pulau Panjang terhampar sejauh mata memandang. Selain memiliki pemandangan alam yang menawan, pulau ini tampak asri dengan hutan tropis yang memiliki beragam tumbuhan. Beberapa pepohonan tinggi menjulang, diselingi perdu dan tanaman semak di sekelilingnya. Namun flora yang mendominasi pulau ini adalah pohon Kapuk Randu, Asam Jawa, Dadap serta pohon Pinus. Saat ini kebetulan saja pohon Kapuk Randu tengah berbuah lebat. Ditandai dengan rontoknya daun serta dominasi puluhan buah randu yang bergelantungan di dahan pohonnya.

Di tengah pulau, terdapat kompleks pemakaman yang bersebelahan dengan fasilitas mushola dan tempat wudlu, toilet, serta warung penjaja makanan yang dikelola penduduk setempat. Salah satu makam tersebut terdapat makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy, salah seorang penyebar agama Islam di Jepara. Banyak para peziarah yang khusus menyeberang ke Pulau Panjang untuk berdoa di makam beliau.

Untuk mencapai pulau Panjang, ada dua pilihan tempat penyebarangan. Yaitu menggunakan perahu Sapta Pesona di Dermaga Pantai Kartini dengan tarif sebesar Rp. 12.000 perorang dan menempuk waktu penyebarangan selama 15 menit. Sementara bila sobat menyeberang dari Dermaga Pantai Bandengan dengan tarif Rp. 10.000 – Rp. 15.000 perorang selama 25 menit dengan perahu bernama Wisata Bahari. Namun sesampainya di dermaga Pulau Panjang, ada petugas yang masih menarik retribusi sebesar Rp. 5.000 perorang.

Pengunjung yang tengah menjelajah pantai

Pengunjung yang tengah menjelajah pantai

Setibanya di Pulau Panjang, pengunjung bisa trekking di seputar pulau. Menikmati pantai dengan pasir putihnya yang bersih, atau sekedar bercengkaram sambil mengambil foto dengan setting pemandangan pulau yang menawan.

Dermaga di Pulau Panjang

Dermaga di Pulau Panjang

Ada fasilitas tempat duduk bagi pengunjung

Ada fasilitas tempat duduk bagi pengunjung

Setiap pengunjung bahkan bisa berenang dengan aman karena pantai Pulau Panjang ini memiliki perairan yang dangkal serta gelombang yang berukuran kecil. Namun ada papan peringatan yang dipasang di bibir pantai agar berhati-hati saat berenang karena ada hewan beracun di bawah pasir pantai yaitu Bulu Babi.

Pesisir pantai dengan laut   perairan dangkal

Pesisir pantai dengan laut perairan dangkal

Sayangnya pihak pemerintah setempat belum menyediakan fasilitan penginapan di pulau ini. Jadi bila sobat travelers ingin menikmati keindahan pantai di Pulau Panjang, bisa memilih hotel murah yang ada di Semarang. Kemudian sobat bisa melakukan perjalanan darat dari kota Semarang menuju arah timur, melintasi jalan propinsi yang menghubungkan Demak ke Jepara, lewat Welahan. Untuk mencapai pantai Kartini atau Pantai Bandengan, banyak petunjuk jalan yang membantu sobat travelers. Jadi, jangan ragu berkunjung ke destinasi menawan di Pulau Panjang ini.

(Visited 3,625 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Wisata Pantai Dengan Menjelajahi Pulau Panjang' have 6 comments

  1. July 23, 2015 @ 2:45 pm Inung Djuwari

    pingin kesini belum kesampain teruss ๐Ÿ™

    Reply

  2. July 23, 2015 @ 5:04 pm prananingrum

    aku dah pernah kesana mbak rame2 ma mertua….kebetulan mertuaku asli jepara.memang asyik ke pantai rame2

    Reply

  3. July 27, 2015 @ 8:04 am adi pradana

    Semoga kesampaian bisa piknik ke pantai ini…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2017ย HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool