Museum Ranggawarsita

Wisata Pendidikan di Semarang, Kunjungi 4 Tempat Ini

Wisata Pendidikan di Semarang, Kunjungi 4 Tempat Ini
5 (100%) 1 vote

Saat akan jalan-jalan bersama keluarga, terutama jika bersama anak, orang tua tentu ingin mengenalkan berbagai hal baru yang bermanfaat. Sambil menikmati suasana anak bisa belajar untuk menambah pengetahuan. Jika Liburan ke Semarang, ada berbagai pilihan tempat wisata pendidikan yang bisa dikunjungi, berikut 4 di antaranya.

1. Taman Marga Satwa Semarang
Taman Marga Satwa atau lebih sering disebut Bonbin Semarang merupakan tempat wisata pendidikan untuk mengenalkan anak-anak pada berbagai flora dan fauna. Sesuai konsepnya, bonbin Semarang adalah tempat konservasi satwa yang memadukan unsur edukasi dan rekreasi. Mengunjungi Bonbin Semarang anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan, sekaligus rekreasi menimati fasilitas yang disediakan.

Bonbin Semarang

Di Bonbin Semarang ini setidaknya ada sekitar 40 jenis satwa, dengan setiap jenis satwa jumlahnya berkisar 2 ekor hingga 6 ekor. Berbagai jenis satwa tersebut ditempatkan di lokasi-lokasi yang didesain mirip dengan habitat asli satwa tersebut. Pihak pengelola, setiap periodenya juga akan selalu menambah jenis satwa untuk melengkapi koleksi kebun binatang, sehingga bisa selalu menarik pengunjung untuk datang.

Untuk menuju Taman Marga Satwa Semarang tidak lah sulit, karena berada di pinggir jalan utama. Tepatnya di perbatasan Semarang dan Kendal, di depan terminal Mangkang. Para wisatawan bisa berkunjung ke sini setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00.

2. Puri Maerakaca
Pada masa kejayaannya, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sempat sepi pengunjung, kini Taman Mininya Jawa Tengah ini kembali berbenah, pengunjung pun mulai ramai lagi. Puri Maerakaca dibangun pada tahun 1993, dengan seluas 23,84 ha. Di dalamnya pengunjung bisa melihat berbagai anjungan dari 35 daerah kabupaten/kotamadya dati II se-Jawa Tengah, dengan desain bercirikan arsitektur khas daerah masing-masing.

Puri Maerakaca

Setiap anjungan dikonsep agar para wisatawan bisa melihat langsung berbagai kerajinan tangan, foto objek wisata, pakaian tradisional, makanan dan minuman khas daerah tersebut. Anak-anak bisa semakin mengenal setiap daerah di Jawa Tengah di Puri Maerakaca, tanpa harus berkeliling langsung ke daerah-daerah tersebut.

Lokasi Puri Maerakaca sangat mudah dijangkau, dan tidak jauh dari pusat Kota Semarang. Tepatnya di sebelah barat PRPP, sekitar 3 KM dari bandara Ahmad Yani. Tempat ini buka setiap hari buka mulai pukul 07.00-18.00 WIB.

3. Museum Ranggawarsita
Museum yang memiliki luas mencapai 8.438 meter persegi ini merupakan museum provinsi dan terbesar di Jawa Tengah. Museum ini dibagi menjadi beberapa bagian, di antaranya: pendopo, gedung pertemuan, gedung pameran tetap, perpustakaan, laboratorium, perkantoran, gedung deposit koleksi, maupun beberapa gerai yang menyediakan cenderamata khas untuk oleh-oleh.

Museum Ranggawarsita

Anak-anak bisa melihat dan mempelajari sekitar 50 ribu koleksi peninggalan sejarah di Museum Ranggawarsita ini. Untuk mempermudah berbagai koleksi tersebut dibagi dalam berbagai galeri. Di antaranya Galeri Geologi, Galeri Paleontologi, Peninggalan dari peradaban Hindu-Buddha, Peninggalan dari berbagai zaman peradaban, Galeri bersejarah perjuangan bersenjata, Galeri koleksi teknologi dan kerajinan tradisional, Galeri Pembangunan, Galeri Kesenian dan Galeri Koleksi Emas.

Museum Ranggawarsita terletak di Jalan Abdulrahman Saleh No 1, dekat jalan layang Kalibanteng. Setiap hari buka dari pukul 08.00 – 16.00.

4. MURI
MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) didirikan pada 27 Januari 1990 di Semarang, dengan tujuan untuk menghimpun data-data rekor yang hadir di Indonesia atau dibuat oleh putera-puteri bangsa Indonesia. Anak-anak yang berkunjung ke MURI bisa mendapatkan inspirasi dari berbagai rekor yang telah tercipta. Mengajari untuk selalu berjuang mempersembahkan yang terbaik di bidang keahlian masing-masing.

MURI Semarang

Luas gedung MURI sekitar 600 meter persegi terdiri dari ruang ekshibisi data dan foto MURI, balai pertemuan dan ruang eskhibisi Museum Jamu Jago yang menampilkan foto-foto dan benda-benda bersejarah perusahaan Jamu Jago. Lokasi MURI berada dalam satu kawasan di industri Jamu Jago, Srondol Semarang.

Selain empat tempat tersebut tentu masih banyak tempat lainnya, seperti di Klub Merby, Museum Jamu, Museum Islam di Masjid Agung Jawa Tengah, serta di berbagai gedung peninggalan yang kaya akan sejarah.

(Visited 132 times, 1 visits today)


About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'Wisata Pendidikan di Semarang, Kunjungi 4 Tempat Ini' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool